BNI Syariah Gelar Public Lecture di Aceh

Oleh : Wiyanto | Kamis, 21 November 2019 - 16:59 WIB

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo

INDUSTRY.co.id - Lhokseumawe - BNI Syariah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah dengan menyelenggarakan kuliah umum atau public lecture di Politeknik Negeri Lhokseumawe, Kamis (20/11) yang dihadiri Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo dan Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe, Rizal Syahyadi.

Abdullah Firman Wibowo mengatakan saat ini indeks inklusi keuangan syariah berdasarkan data Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 9,10% dan indeks literasi keuangan syariah 2019 sebesar 8,93%.

“Dengan kuliah umum ini diharapkan BNI Syariah bisa berkontribusi optimal terhadap indeks literasi dan inklusi keuangan di Daerah Istimewa Aceh,” kata Abdullah Firman. Meskipun demikian, Daerah Istimewa Aceh merupakan salah satu provinsi yang mempunyai indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang cukup tinggi. Berdasarkan data Bank Indonesia, angka literasi dan inklusi keuangan Provinsi Aceh masing-masing sebesar 21% dan 41%.

Dalam kuliah umum ini, Abdullah Firman juga menyampaikan pentingnya membangun ekonomi Halal di Provinsi Aceh. Industri halal menurut riset Global Islamic Finance Report 2017 mempunyai potensi besar untuk berkembang. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

BNI Syariah bersama BNI sebagai first mover dalam penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah, terus berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik melalui di 11 Outlet BNI Syariah di Provinsi Aceh, yang terdiri dari 4 outlet eksisting dan 7 outlet baru, yaitu KCP Teuku Umar, Meureudu, Takengon, Kuala Simpang, Panton Labu, Bener Meriah dan Keutapang. Selain itu, Layanan Syariah juga dapat dilayani di seluruh Outlet BNI (29 Outlet) dengan Syariah Channeling Outlet.

BNI Syariah juga menawarkan berbagai program promo menarik bagi nasabah yang bertransaksi dalam rangka mendukung Qanun Lembaga Keuangan Syariah, diantaranya Semarak Berkah Hasanah yaitu hadiah paket umroh; Diskon dan voucher di beberapa resto dan kedai kopi di Aceh; Reward Umroh Hasanah; Direct Gift / hadiah barang elektronik untuk nasabah pembiayaan BNI Griya, BNI Multiguna & BNI Fleksi iB Hasanah; Hadiah Optima Prima, yaitu pilihan hadiah/wakaf Alquran; assessment Al-Fatihah; Hadiah Tabungan Haji; dan promo menarik lainnya. 

BNI Syariah juga berkomitmen untuk memperkuat integrasi antara lembaga pendidikan dengan institusi keuangan syariah di Aceh. Dalam agenda di Lhokseumawe, Direktur Utama BNI Syariah melakukan silaturahmi ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bireuen. Dalam acara ini, BNI Syariah menyerahkan secara simbolis bantuan sarana pendidikan kepada Ketua Muhammadiyah Kabupaten Bireuen, Athaillah A. Latif di Masjid Taqwa Muhammadiyah Bireuen, Kab. Bireuen.

“Kami merasa bangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, karena telah memilih BNI Syariah sebagai mitra dalam bertransaksi keuangan yang Hasanah sesuai prinsip syariah,” kata Abdullah Firman Wibowo di Aceh. 

Sebagai institusi perbankan syariah yang berkomitmen sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah senantiasa berupaya menjadi one stop solution bagi seluruh masyarakat, sehingga keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way).

Sampai September 2019, Kantor Cabang BNI Syariah Lhokseumawe mencatat DPK sebesar Rp 262,09 miliar dan menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 72,82 miliar dengan total aset Rp 316,6 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…

Ilustrasi Rapid Test (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:31 WIB

Pakar Anggap Rapid Test Tak Akurat Cuma Jadi Ladang Bisnis, Netizen: Semoga di Laknat Dunia Akhirat

Program Rapid Test atau tes cepat untuk mengetahui dugaan awal virus Covid-19 yang digunakan oleh otoritas kesehatan dan Pemerintah dinilai berbagai pihak sudah tidak lagi layak untuk diteruskan.…