Tambah Fasilitas Produksi di Cilegon, Cabot Indonesia Gelontorkan Dana USD 100 Juta

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 November 2019 - 16:48 WIB

Peletakan Batu Pertama dalam Proyek Perluasan Fasilitas Produksi PT Cabot Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Peletakan Batu Pertama dalam Proyek Perluasan Fasilitas Produksi PT Cabot Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan bahan kimia khusus untuk industri global, Cabot Corporation (Cabot) melalui anak usahanya Cabot Indonesia melakukan peletakan batu pertama untuk proyek peningkatan kapasitas produksi carbon black di Cilegon dengan jumlah investasi sekitar USD 100 Juta.

Lewat pengembangan ini, Cabot akan menambah sekitar 80.000 metrik ton kapasitas produksi tahunan yang diharapkan akan selesai pada 2021. Peningkatan kapasitas ini jiga memungkinkan Cabot untuk mendukung pertumbuhan industri ban dan karet, serta karbon khusus di seluruh dunia.

Bart Kalkstein, Senior Vice President dan President, Reinforcement Materials mengatakan, fasilitas produksi tersebut akan menghasilkan carbon black lokal berkualitas tinggi yang digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia dan di seluruh Asia Tenggara, yang terus meningkat hingga sebesar empat hingga lima persen per tahunnya.

"Sebagai produsen carbon black terbesar di dunia, kami memiliki posisi khusus untuk memperluas langkah kami secara global untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh wilayah di dunia," kata Bart Kalkstein di sela-sela seremoni peletakan batu perdana fasilitas produksi baru Cabot Indonesia di Cilegon, Banten, Kamis (21/11/2019).

Bart Kalkstein mengatakan, perluasan fasilitas produksi Cabot di Cilegon ini merupakan bagian dari proyek peningkatan kapasitas dan debottlenecking global yang telah diumumkan pada Mei 2018 lalu.

"Kami bangga atas kemajuan yang telah dibuat dalam proyek perluasan kapasitas hingga saat ini dan berharap untuk menyelesaikan investasi tambahan atas teknologi terkini Cabot, yang akan memungkinkan kami untuk terus menjadi penyedia carbon black berkualitas tinggi yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan di pasar Asia Tenggara yang terus meningkat," tambah Bart Kalkstein.

Cabot telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dalam mencapai tujuan peningkatan kapasitas produksi carbon black global sebesar 300.000 metrik ton dan akan mencapai target ini setelah proses commissioning dari fasilitas produksi baru ini.

"Cabot merasa terhormat atas dukungan dan kerja sama dari pemerintah selama 30 tahun kehadiran kami di Indonesia," kata Dixy Olyviardy, Managing Director, Cabot Asia Pacific South dan President Cabot Indonesia.

Dixy menambahkan, sebagai industri pelopor otomotif dan infrastruktur di Indonesia, Cabot telah memberikan kontribusi yang signifikan. Indonesia diproyeksikan akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian yang kuat dalam satu dekade mendatang.

"Dan investasi ini menunjukkan kepercayaan dan komitmen kami terhadap hal tersebut. Investasi kami tidak hanya memungkinkan para konsumen untuk memperluas pasar mereka dengan beragam produk inovatif dan berkualitas tinggi, namun yang terpenting adalah memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia." pungkas Dixy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.

Ketua MPR Bsmbang Soesatyo

Minggu, 15 Desember 2019 - 06:00 WIB

Generasi Milenial Merupakan Generator serta Kreator Kemajuan Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (bamsoet) menegaskan generasi milenial merupakan generator sekaligus kreator kemajuan bangsa. Karenanya harus menjadi subjek dan tujuan pembangunan dalam kerangka…

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Minggu, 15 Desember 2019 - 05:00 WIB

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad bersama Koramil, Polsek dan masyarakat kampung Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, melaksanakan penyiapan sarana ibadah dalam rangka menyambut…