PTPP Sukses Gelar Kompetisi Digital Construction Hack

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 November 2019 - 05:00 WIB

TPP Sukses Gelar Kompetisi Digital Construction Hack
TPP Sukses Gelar Kompetisi Digital Construction Hack

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Usai sukses menyelenggarakan Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 pada 25 September lalu, PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) menggelar acara kompetisi Digital Construction Hack (DCH) 2019 selama 2 (dua) hari lalu, yaitu Sabtu-Minggu (16-17 November 2019) di Auditorium Wisma Subiyanto.

DCH 2019 merupakan ajang kompetisi pemrograman konstruksi digital pertama di Asia yang bertujuan untuk mendorong para developer berbakat untuk berkarya dan membantu PTPP dalam menjawab tantangan-tantangan di era Digital dengan solusi inovatif berbasis teknologi yang dapat dituangkan dalam bentuk aplikasi mobile, desktop maupun web.

Pada proses registrasi yang berlangsung sejak tanggal 26 September-31 Oktober 2019, PTPP telah menjaring peserta sebanyak 412 orang yang dibagi menjadi 166 grup.

Antusiasme para pendaftar sangat tinggi, hal tersebut terlihat dari berbagai macam kalangan yang mendaftar dalam acara DCH 2019 tersebut mulai dari Pelajar sebesar 36,75% (61 grup), Profesional sebesar 33,73% (56 grup), Developer sebesar 18,67% (31 grup), Analyst sebesar 3,61% (6 grup), Tanpa Profesi sebesar 3,61% (6 grup), Lecturer sebesar 2,41% (4 grup) dan Konsultan sebesar 1,20% (2 grup). Setelah melalui proses screening yang dilakukan mulai tanggal 1-8 November 2019, panitia berhasil menscreening peserta sebanyak 50 grup dengan total 138 orang, yang berhak untuk mengikuti kompetisi Hackaton pada tanggal 16-17 November 2019 di Kantor Pusat PTPP Jakarta.

Dalam ajang kompetisi DCH 2019 ini, para peserta terpilih akan diberikan materi tentang product design, product development, dan UI/UX design oleh mentor-mentor yang berpengalaman.

Adapun mentor-mentor yang ikut serta dalam acara tersebut, antara lain: Prasetyo Andy Wicaksono selaku Product Manager Bukalapak, Giri Kuncoro selaku Senior Software Engineer GoPay, Dendi Sunardi selaku Engineering Manager Tokopedia, Vina Zerlina selaku Head of Product Design Sorabel dan Kelvino Widagdo selaku Lead Product Designer OVO.

Setelah itu, para peserta ditantang untuk menciptakan solusi kreatif dan inovatif yang memanfaatkan teknologi digital terkini untuk menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi di dalam dunia konstruksi.

Isu dan tantangan ini, antara lain mencakup: Less to Zero Accident (menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dengan menghindari cedera serius dan mencapai Zero Fatalities), Total Quality Control (menciptakan sistem IT guna tercapainya No Defect dan product yang berkualitas dalam setiap proses kerja dengan implementasi IT dan teknologi digital lainnya), Equipment & Material Management (utilitas tools & material dalam konstruksi, termasuk di antaranya monitoring material losses, efisiensi alat dan pengelolaan bekisting/framework), Enterprises Services (penggunaan teknologi terbaru dalam operasional bisnis perusahaan agar tetap kompetitif, mengurangi biaya overhead, meningkatkan kinerja dan sinergi antar lini bisnis, menyuguhkan informasi kepada pelanggan, manajemen untuk mendapatkan gambaran singkat kondisi perusahaan), Forward Looking (pemanfaatan teknologi terkini seperti Artificial Intellegence, Big Data, IoT ecosystem, dll guna menunjang proses konstruksi) dan Bring Your Own Challenge (ide special untuk dunia konstruksi).

5 (lima) grup terbaik akan diundang dan diumumkan dalam acara puncak, Digital Construction Day (DCD) 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 November 2019 di Hotel Mulia Senayan Jakarta.

“DCH 2019 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan acara DCD 2019 yang bertemakan “Smart Construction in Digital Era”. Setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2017 lalu, DCD 2019 akan diadakan kembali pada bulan November ini yang bertujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada para pelaku industri konstruksi akan pentingnya digitalisasi dan smart construction di era Industri 4.0 dalam rangka mendukung proses bisnis korporasi.

Selain itu, rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen PTPP dalam rangka turut berkontribusi dan berperan aktif dalam pengembangan Konstruksi Digital di Indonesia,” ujar M. Aprindy selaku Direktur Strategi Korporasi & HCM kepada Media.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…