Pergelaran Pecinan Batavia Sukses di Gelar Di Kota Tua Jakarta

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 November 2019 - 12:00 WIB

Pergelaran Pecinan Batavia Sukses di Gelar Di Kota Tua Jakarta
Pergelaran Pecinan Batavia Sukses di Gelar Di Kota Tua Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Dalam rangka menjaga budaya Betawi yang adiluhung banyak dipengaruhi masyarakat pendatang seperti Tionghoa, Arab, serta budaya yang ada di nusantara. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Pagelaran Pecinan Batavia yang diselenggarakan di Kota Tua Jakarta Sabtu-Minggu 16-17 November 2019.

Karenanya kota Batavia, atau yang kini disebut Jakarta tak bisa lepas dari budaya dan pengaruh Tionghoa. Ini terlihat dari banyaknya peninggalan budaya ini di Jakarta.

Salah satunya adalah kawasan Pecinan. Kawasan ini di Jakarta merupakan perpaduan yang menarik di tengah ibukota. Kawasan Pecinan ini merupakan salah satu tambang emas warisan dan budaya lewat museum, bangunan tua, ruko bersejarah, dan pasar tradisional serta toko-toko dan kedai-kedai khasnya.

"Sejarah-sejarah ini menjadi indikator penguat bangsa kita. Dengan sejarah ini menjadi pemersatu persatuan negeri ini," ujar Dadang Solihin, Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata di sela-sela 'Pergelaran Pecinan Batavia 2019' di kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).     

Saat ini, kawasan pecinan di Jakarta tersebar di beberapa wilayah, seperti Pinangsia, Roa Malaka, Glodok, Pekojan, dan Tambora. Ada juga beberapa lainnya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Budaya Tionghoa, termasuk Pecinan, telah memberikan sentuhan berbeda ke ibukota yang mempesona  

 “Keragaman budaya menjadikan Jakarta semakin kaya akan seni dan budaya, salah satu yang menarik adalah budaya Tionghoa. Acara ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya di ibukota, termasuk budaya Tionghoa ini,” imbuh Dadang.

Pada acara ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan komunitas Tionghoa dengan menampilkan unsur-unsur budaya Tionghoa melalui keberagaman budaya dan kreativitas para seniman. Para pemain drama kolosal 'Pergelaran Pecinan Batavia 2019' menampilkan cerita tentang etnis Tionghoa dalam kehidupan keseharian masyarakat etnis Tionghoa di Batavia.   

Di acara ini, pengunjung dapat menikmati arsitektur bergaya Tionghoa melalui pementasan drama serta keindahan bangunan tua, pasar, toko-toko atau kedai-kedai di Pecinan. 

Selain pargeleran drama kolosal, ada juga penampilan barongsai, gambang kromong, plate spinning, komunitas gangsing, dan gambus yang menampilkan kekayaan budaya.

Para pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas Jakarta dan masakan Tionghoa di berbagai stan yang ikut berpartisipasi di acara ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Jajaran Manajemen Baru PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:58 WIB

Perkuat Perusahaan, PT Adhi Commuter Properti Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Jajaran manajemen baru tersebut antara lain terdiri dari Direktur Utama Rizkan Firman, Direktur Pemasaran Indra Syahruzza N, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Mochamad Yusuf, Direktur…

PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:52 WIB

Raih Nilai Kontrak Hingga 90% Dari Target, PT Adhi Commuter Properti Kian Cemerlang di Usia yang ke-2

Di tahun ini, Adhi Commuter Properti senantiasa mengembangkan bisnis strategis LRT City di Jabodetabek dengan memperbanyak portofolio produk properti, baik hunian vertikal (high rise building)…