Coworking Space di Indonesia: Menciptakan Ruang Kerja yang Sehat dan Produktif

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 November 2019 - 10:00 WIB

Margot Van Der Poel
Margot Van Der Poel

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saat ini, banyak pekerja lepas, atau biasa kita sebut freelancer, perusahaan start-up, hingga korporasi besar beralih menggunakan coworking space dibandingkan kantor konvensional untuk berinovasi dan mendorong produktivitas, membuat ruang kerja bersama ini menjadi tren yang paling cepat berkembang selama satu dekade terakhir. Namun apakah coworking space benar-benar terbukti mampu membantu meningkatkan produktivitas? Sebuah survei global telah dilakukan untuk mengetahuinya.

 Di Indonesia sendiri, terjadi perubahan yang signifikan bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau perusahaan yang menggunakan coworking space, salah satunya adalah meningkatnya produktivitas karyawan hingga 98% serta daya saing positif mencapai 97%.

 Hal itulah yang dikembangkan Spaces, sebuah coworking space yang terbentuk pada tahun 2006 oleh Martijn Roordink, di Amsterdam. Margot Van Der Poel, selaku brand manager Spaces untuk kawasan Asia Pasifik menjelaskan bahwa Spaces berdiri didasari atas rasa keingintahuan tentang bagaimana menciptakan tingkat produktivitas pekerja yang lebih baik dengan setting-an seperti rumah, di mana para penggunanya bisa berdiskusi layaknya teman bahkan keluarga.

 Spaces yang masuk ke Indonesia awal tahun ini, didesain dalam satu ruang terbuka besar dengan tampilan yang menarik, serta terdapat meja depan yang sangat luas untuk menyambut tamu. Spaces juga muncul dengan ide konsep coffee bar di mana orang akan bertemu satu sama lain. “Jika kita sedang memesan secangkir kopi dan menunggu kopi disajikan, saat itulah kita mulai berbincang dengan orang lain di kantor bahkan berbicara dengan barista karena kita bertemu setiap hari,” kata Margot. “Jadi kami benar-benar melihat Spaces dari perspektif hospitality dan perspektif desain yang akan sangat mendorong interaksi sosial dan lingkungan kerja yang menyenangkan.”

 SPACES Indonesia sendiri memiliki 330 workstations yang bisa menampung hingga 100 orang di membership lounge. Beberapa waktu yang lalu, Spaces baru saja mengadakan sebuah event bersama TEDxJakarta di mana setidaknya hadir kurang lebih seratus orang di dalam satu ruangan kolaborasi. Mengenai bentuk ruang kantor, hal ini menarik karena Spaces ingin menjaga kantor pribadi tetap sederhana, sehingga para perusahaan atau orang-orang yabg menggunakan Spaces sebagai ruang kantor mereka dapat mengubah tampilan kantor mereka sendiri yang bertujuan untuk memberikan identitas mereka sendiri.

 

Untuk menjadi lebih produktif, tentu dibutuhkan lingkungan di mana semua orang bekerja, yang menciptakan lingkungan kerja, secara otomatis kita juga akan terpacu untuk melakukan kegiatan yang sama. Jadi energi produktivitas akan tercipta dengan dikelilingi oleh orang-orang yang mulai bekerja, tetapi berada di kantor seperti ini memungkinkan kita untuk bekerja kapan saja, bahkan di mana saja. 

Spaces memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk tetap produktif. “Jika kita sedang mengunjungi negara lain, kita dapat bekerja baik di kantor Spaces di negara tersebut ataupun penyedia coworking space lainnya yang berada di bawah naungan IWG,” tambah Margot. “Jadi, menjadi produktif juga memberikan kita manfaat untuk bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Pada akhirnya, produktivitas adalah sesuatu yang dapat diukur dalam berbagai bentuk. Apa yang saya lihat bersama Spaces adalah bahwa melakukan hal ini selama lebih dari 10 tahun telah benar-benar membangun pengalaman dalam cara menyeimbangkan tempat kerja.”

 Terkait inovasi, Spaces memiliki cara inovasi tersendiri yaitu bagaimana membuat orang lain dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan cara tersendiri. Spaces melakukan event-event bulanan yang dilakukan di setiap kantor Spaces, di mana para member dapat bertukar pikiran, networking, dan sebagainya. Untuk hal teknologi, tentunya, dengan adanya jaringan Spaces yang tersebar di berbagai negara, member tidak perlu lagi pusing mengurus wifi mereka, karena Spaces telah memberikan kemudahan bagi mereka untuk langsung dapat connect dengan jaringan yang terjaga keamanannya di seluruh dunia. “Kami sangat menjaga kepercayaan yang pengguna Spaces telah berikan dengan memberikan jaringan keamanan terbaik sehingga mereka dapat menggunakan jaringan internet tanpa ada rasa takut di manapun mereka berada, yang kami harapkan adalah mereka dapat bekerja dengan produktif dan fokus terhadap apa yang ingin mereka capai,” ucap Margot.

 Tentang Spaces

Spaces menawarkan lingkungan kerja yang menginspirasi bagi para profesional dan bisnis yang sedang berkembang. Di samping ruang kantor, ada keanggotaan dan ruang pertemuan untuk membantu Anda berpikir, berkreasi, dan berinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang sama. Spaces memiliki tujuan untuk menawarkan lingkungan yang inspiratif dengan jiwa kewirausahaan di mana ide-ide dilahirkan, perusahaan dikembangkan dan hubungan yang berharga dibangun bersama.

Spaces telah memiliki lokasi di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin, Australia, dan Asia. Pengembangan lebih lanjut akan direncanakan di benua tersebut selama beberapa tahun mendatang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…