Coworking Space di Indonesia: Menciptakan Ruang Kerja yang Sehat dan Produktif

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 November 2019 - 10:00 WIB

Margot Van Der Poel
Margot Van Der Poel

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Saat ini, banyak pekerja lepas, atau biasa kita sebut freelancer, perusahaan start-up, hingga korporasi besar beralih menggunakan coworking space dibandingkan kantor konvensional untuk berinovasi dan mendorong produktivitas, membuat ruang kerja bersama ini menjadi tren yang paling cepat berkembang selama satu dekade terakhir. Namun apakah coworking space benar-benar terbukti mampu membantu meningkatkan produktivitas? Sebuah survei global telah dilakukan untuk mengetahuinya.

 Di Indonesia sendiri, terjadi perubahan yang signifikan bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau perusahaan yang menggunakan coworking space, salah satunya adalah meningkatnya produktivitas karyawan hingga 98% serta daya saing positif mencapai 97%.

 Hal itulah yang dikembangkan Spaces, sebuah coworking space yang terbentuk pada tahun 2006 oleh Martijn Roordink, di Amsterdam. Margot Van Der Poel, selaku brand manager Spaces untuk kawasan Asia Pasifik menjelaskan bahwa Spaces berdiri didasari atas rasa keingintahuan tentang bagaimana menciptakan tingkat produktivitas pekerja yang lebih baik dengan setting-an seperti rumah, di mana para penggunanya bisa berdiskusi layaknya teman bahkan keluarga.

 Spaces yang masuk ke Indonesia awal tahun ini, didesain dalam satu ruang terbuka besar dengan tampilan yang menarik, serta terdapat meja depan yang sangat luas untuk menyambut tamu. Spaces juga muncul dengan ide konsep coffee bar di mana orang akan bertemu satu sama lain. “Jika kita sedang memesan secangkir kopi dan menunggu kopi disajikan, saat itulah kita mulai berbincang dengan orang lain di kantor bahkan berbicara dengan barista karena kita bertemu setiap hari,” kata Margot. “Jadi kami benar-benar melihat Spaces dari perspektif hospitality dan perspektif desain yang akan sangat mendorong interaksi sosial dan lingkungan kerja yang menyenangkan.”

 SPACES Indonesia sendiri memiliki 330 workstations yang bisa menampung hingga 100 orang di membership lounge. Beberapa waktu yang lalu, Spaces baru saja mengadakan sebuah event bersama TEDxJakarta di mana setidaknya hadir kurang lebih seratus orang di dalam satu ruangan kolaborasi. Mengenai bentuk ruang kantor, hal ini menarik karena Spaces ingin menjaga kantor pribadi tetap sederhana, sehingga para perusahaan atau orang-orang yabg menggunakan Spaces sebagai ruang kantor mereka dapat mengubah tampilan kantor mereka sendiri yang bertujuan untuk memberikan identitas mereka sendiri.

 

Untuk menjadi lebih produktif, tentu dibutuhkan lingkungan di mana semua orang bekerja, yang menciptakan lingkungan kerja, secara otomatis kita juga akan terpacu untuk melakukan kegiatan yang sama. Jadi energi produktivitas akan tercipta dengan dikelilingi oleh orang-orang yang mulai bekerja, tetapi berada di kantor seperti ini memungkinkan kita untuk bekerja kapan saja, bahkan di mana saja. 

Spaces memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk tetap produktif. “Jika kita sedang mengunjungi negara lain, kita dapat bekerja baik di kantor Spaces di negara tersebut ataupun penyedia coworking space lainnya yang berada di bawah naungan IWG,” tambah Margot. “Jadi, menjadi produktif juga memberikan kita manfaat untuk bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Pada akhirnya, produktivitas adalah sesuatu yang dapat diukur dalam berbagai bentuk. Apa yang saya lihat bersama Spaces adalah bahwa melakukan hal ini selama lebih dari 10 tahun telah benar-benar membangun pengalaman dalam cara menyeimbangkan tempat kerja.”

 Terkait inovasi, Spaces memiliki cara inovasi tersendiri yaitu bagaimana membuat orang lain dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan cara tersendiri. Spaces melakukan event-event bulanan yang dilakukan di setiap kantor Spaces, di mana para member dapat bertukar pikiran, networking, dan sebagainya. Untuk hal teknologi, tentunya, dengan adanya jaringan Spaces yang tersebar di berbagai negara, member tidak perlu lagi pusing mengurus wifi mereka, karena Spaces telah memberikan kemudahan bagi mereka untuk langsung dapat connect dengan jaringan yang terjaga keamanannya di seluruh dunia. “Kami sangat menjaga kepercayaan yang pengguna Spaces telah berikan dengan memberikan jaringan keamanan terbaik sehingga mereka dapat menggunakan jaringan internet tanpa ada rasa takut di manapun mereka berada, yang kami harapkan adalah mereka dapat bekerja dengan produktif dan fokus terhadap apa yang ingin mereka capai,” ucap Margot.

 Tentang Spaces

Spaces menawarkan lingkungan kerja yang menginspirasi bagi para profesional dan bisnis yang sedang berkembang. Di samping ruang kantor, ada keanggotaan dan ruang pertemuan untuk membantu Anda berpikir, berkreasi, dan berinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang sama. Spaces memiliki tujuan untuk menawarkan lingkungan yang inspiratif dengan jiwa kewirausahaan di mana ide-ide dilahirkan, perusahaan dikembangkan dan hubungan yang berharga dibangun bersama.

Spaces telah memiliki lokasi di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin, Australia, dan Asia. Pengembangan lebih lanjut akan direncanakan di benua tersebut selama beberapa tahun mendatang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.