Ferrari Roma: la Nuova Dolce Vita

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 November 2019 - 09:00 WIB

Ferrari Roma
Ferrari Roma

INDUSTRY.co.id - Maranello– Ferrari telah membuka selubung model terbaru Ferrari Roma di hadapan media massa seluruh dunia. Coupé terbaru dari pabrikan Maranello ini menampilkan desain sempurna yang tak lekang oleh waktu serta kekuatan dan kelincahan yang menjamin pengalaman berkendara yang mengesankan. Tampilan khas Italia yang ditonjolkan mobil ini adalah penafsiran ulang gaya hidup kontemporer dan bebas tahun 1950-an dan 60-an di kota Roma yang juga menjadi nama mobil tersebut.
 
Dari aspek desain, Ferrari Roma memperlihatkan karakternya yang bersih dan simbiotik. Proporsi indah nan harmonis dan bentuknya yang elegan, seimbang dan sejalan dengan tradisi grand touring mobil sports Ferrari bermesin tengah belakang yang menjadikan 250 GT Berlinetta lusso dan 250 GT 2+2 sebagai contoh model paling ikonik dan menginspirasi mobil ini. Tampilan ini mewujudkan bahasa desain yang sangat modern dan mempertegas gaya otentiknya, yang telah di sempurnakan. Pada saat yang sama, aplikasi garis-garis ramping mempertahankan ciri sporty yang dimiliki oleh semua mobil Ferrari.
 
Untuk menjamin kinerja terbaik di kelasnya dengan tetap mempertahankan kemurnian gaya garis keturunannya, insinyur Ferrari mengembangkan beberapa teknologi terdepan, terutama spoiler belakang yang terintegrasi dengan kaca belakang yang dirancang untuk mempertahankan keanggunan mobil dan menghasilkan downforce untuk kinerja luar biasa dari Ferrari Roma yang secara otomatis akan bekerja di kecepatan tinggi. 
Kuda Jingkrak 2+ coupe terbaru dilengkapi mesin turbo V8 yang menghasilkan tenaga 620 hp pada 7.500 rpm, menjadikannya yang paling bertenaga di kelasnya. Salah satu mesin V8 yang telah memenangkan penghargaan the International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut itu, dilengkapi dengan fitur Variable Boost Management untuk respon gas yang instan. Dengan adopsi Gasoline Particulate Filter, perhatian yang cermat juga difokuskan pada suara sistem pembuangan yang telah sepenuhnya didesain ulang, menghilangkan peredam suara dan memperkenalkan katup bypass yang baru.
 
Gearbox dual-clutch 8-speed baru pada mobil ini lebih padat dan 6 kg lebih ringan dibanding pendahulunya yang bertransmisi 7-speed. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi, pergantiannya lebih cepat dan lebih mulus sehingga membuat mobil lebih responsif di jalan terbuka juga sangat nyaman di kota dan dalam situasi macet.
 
Sasis Ferrari Roma memanfaatkan teknologi modular yang dikembangkan oleh Ferrari untuk model-model generasi barunya. Baik bodyshell maupun sasis telah dirancang ulang untuk menyesuaikan penurunan berat unit dan teknologi produksi tercanggih. Bahkan, 70% komponennya sepenuhnya baru. Ferrari Roma bermesin tengah belakang 2+ memiliki rasio bobot/kekuatan terbaik di segmennya (2,37 kg/cv) sehingga mampu meningkatkan dinamika kemudi dan daya tanggap.
 
Ferrari Roma dilengkapi dengan sistem dinamik yang terkini, contoh yang paling nyata yaitu Side Slip Control 6.0 (pertama untuk mobil Ferrari GT) dengan Ferrari Dynamic Enhancer dan tombol manettino 5 arah yang mengendalikan sudut yaw dengan menyesuaikan tekanan rem kaliper secara hidrolik.
 
Pendekatan yang diambil oleh Ferrari Styling Centre untuk menciptakan tampilan luar Ferrari Roma mementingkan desain yang bersih dan simbiosis yang mutlak antara berbagai elemen dengan proporsi yang harmonis dan volume yang elegan. Mobil ini dibalut garis-garis ramping yang membentang dari kap depan, yang menonjolkan siluet bagian samping dan volume kabin fastback yang padat. Untuk menonjolkan gaya minimalis yang formal, detail-detil yang tidak perlu dihilangkan, contohnya pendinginan radiator diganti dengan permukaan monolitik yang dilubangi di tempat yang dirasa perlu, sehingga melahirkan konsep baru radiator grille. Lampu LED depan dihiasi dengan garis horizontal yang menggambarkan struktur di balik tampilan luar mobil dan memunculkan aura dari keseluruhan bodi mobil. Kaca belakang dilengkapi dengan aero device untuk mempertahankan bentuk yang khas, sedangkan lampu belakang ditempatkan seperti layaknya perhiasan di bodi mobil.
 
Sementara itu untuk bagian kabin Ferrari Roma, perancang di Ferrari Styling Center telah mengembangkan sebuah pendekatan formal baru meliputi pembuatan dua ruang terpisah, satu untuk pengemudi dan satu untuk penumpang, dalam sebuah evolusi konsep kokpit ganda yang mencakup seluruh kabin dibandingkan hanya dashboard, seperti yang sudah ada sebelumnya. Pembuatan desain bagian dalam mobil dimulai dari mendesain ulang keseluruhan HMI. Proses ini menghasilkan lompatan besar, mulai dari roda kemudi baru yang dirancang menggunakan filosofi "Eyes on the road, hands on the wheel" dengan semua perintah utama mobil ditindaklanjuti oleh kontrol haptic, memastikan pengemudi tidak harus menggerakkan tangan mereka dari kemudi. Klaster instrumen digital 16” menyediakan semua informasi yang diperlukan, sementara layar pusat dengan layar vertikal 8,4” dan layar penumpang baru sangat intuitif dan ramah pengguna. Kunci Ferrari baru dengan fungsi "Comfort Access" memungkinkan pengemudi untuk membuka mobil dengan menyentuh tombol di sebelah flush handle baru di pintu. Terakhir, lampu utama Matrix LED dan advanced driver assistance systems (ADAS) opsional Ferrari, termasuk Cruise Control yang adaptif, membuat perjalanan sehari-hari dan perjalanan yang lebih panjang menjadi pengalaman yang sangat santai.

 
 

Ferrari Roma
Spesifikasi Teknis

 
MESIN
Tipe                                                     V8 - 90° turbo
Keseluruhan perpindahan                   3855 cc
Bore dan stroke                                   86.5 mm x 82 mm
Output daya maks.*                           456 kW (620 cv) pada 5750 - 7500 rpm
Torsi maks.                                          760 Nm pada 3000 -  5750 rpm
Kecepatan mesin maks.                                   7500 rpm
Rasio kompresi                                               9.45:1
 
DIMENSI DAN BERAT
Panjang                                                           4656 mm
Lebar                                                   1974 mm
Tinggi                                                  1301 mm
Jarak roda                                           2670 mm
Track depan                                        1652 mm
Track belakang                                                1679 mm
Berat kosong**                                               1570 kg
Berat kering**                                     1472 kg
Berat/daya kosong                              2.37 kg/cv
Kapasitas booting                               272 liter/ 345 liter
Kapasitas tangki bahan bakar 80 l
 
BAN DAN RODA
Depan                                                  245/35 ZR20; 8J x 20”
Belakang                                             285/35 ZR20; 10J x 20”
 
REM
Depan                                                  390 mm x 34 mm
Belakang                                             360 mm x 32 mm
 
TRANSMISI DAN GEARBOX
                                                            8-speed F1 dual-clutch gearbox
Kontrol elektronik                               EPS, VDC, ABS with EBD, F1-TCS, E-Diff3, SSC 6.0, FDE, SCM-E Frs
 
Kinerja
0-100 km/jam                                     3.4 s
0-200 km/jam                                     9.3 s
Kecepatan maks.                                 > 320 km/jam
 
KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI CO2
Di bawah homologasi
 
 
* Dengan bensin 98 oktan
** Dengan konten opsional
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut RRI, Sandiaga Uno dan Bram Suryo Putro Founder And CEO Theiconomics

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:55 WIB

Penetrasi Jasa Keuangan Dongkrak Kesadaran Milenial

Jakarta - Milenial di era kini didorong untuk melek keuangan sehingga bisa melirik penempatan dana atau transaksi keuangan di perusahaan jasa keuangan. Diperkirakan dari jumlah penduduk Indonesia,…

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:09 WIB

WanaArtha Life Luncurkan WanaArtha DPLK Sebagai Solusi Perencanaan Hari Tua Bagi Individu dan Perusahaan

Jakarta-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun…

Truck logistik Ritase

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:48 WIB

Perkembangan Mobilitas Barang Membutuhkan Solusi Multimoda Digital

Jakarta - Dinamika ekonomi yang makin cepat dan terintegrasi membutuhkan solusi logistik yang mampu mengikuti akselerasi itu. Pada saat yang sama, penyedia jasa logistik harus memutar otak agar…

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, “Indonesia Derivative Reach International Market” Summit 2019 Diselenggarakan

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:41 WIB

Jurus Mentari Mulia Berjangka, Gairahkan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia

Jakarta-Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), sebagai salah satu bentuk investasi di antara beragam pilihan, kian menarik perhatian para pengelola dana.

PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang derivatif dan perdagangan berjangka

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:27 WIB

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, Mentari Mulia Berjangka Teken Mou di Bidang Derivatif dan Perdagangan Berjangka

Jakarta--PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang…