SUCOFINDO Raih Penghargaan Annual Report Award

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 November 2019 - 06:00 WIB

Budi Hartanto.Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO
Budi Hartanto.Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO

INDUSTRY.co.id -Jakarta – PT SUCOFINDO  (Persero), meraih penghargaan di ajang Annual Report Award 2018 untuk kategori BUMN Non Keuangan Non Listed  Peringkat ke-3 yang diserahkan oleh Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan KEMENKO Bidang Perekonomian, Gede Edy Prasetya diterima langsung Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis SUCOFINDO, Budi Hartanto. Malam penganugerahan Laporan Tahunan 2018 (Annual Report Award 2018 / ARA 2018) belangsung di Gedung Dhanapala, Jakarta.

Annual Report Award merupakan kompetisi laporan tahunan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance. Proses penjurian Annual Report Award 2018 pada tahun ini dengan menggunakan Sistem Pakar guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan untuk menilai laporan tahunan. Sistem ini dapat mempercepat proses penilaian dan memberikan umpan balik yang cepat dan konsisten atas dokumen yang diserahkan peserta.

Proses penjurian terdiri dari dua tahap yaitu tahap pertama penilaian secara kuantitatif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dipublikasi di website tujuh insititusi penyelenggara ARA 2018 dan tahap kedua adalah tahap wawancara yang dilakukan untuk mendapatkan high level view dari pimpinan perusahaan.

Selama proses penjurian, perusahaan dinilai terkait implementasi keterbukaan informasi yang mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) yang diterapkan di perusahaan, serta mengkonfirmasikan hasil penilaian kuantitatif atas isi laporan tahunan.

Annual Report 2018 SUCOFINDO merupakan wujud dari penyempurnaan yang diiringi dengan peningkatan daya saing baik dari kualitas Sumber Daya Manusia maupun faktor lainnya sehingga menjawab tantangan global yang semakin dinamis.

“Iklim dunia usaha yang semakin dinamis dan tingkat persaingan yang semakin ketat membuat SUCOFINDO harus terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan diimbangi dengan peningkatan daya saing. Karena itu, salah satu fokus utama SUCOFINDO di tahun 2018 adalah peningkatan daya saing melalui implementasi GCG,” ungkap Budi di sela-sela acara.

SUCOFINDO terus berinovasi untuk menyempurnakan layanan yang ada dan menciptakan layanan baru sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

“Sesuai dengan di dalam Annual Report 2018, SUCOFINDO terus memberikan inovasi juga dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan faktor-faktor pendukung lainnya.”

“Semua itu dilakukan untuk meraih pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan juga menjawab tantangan global yang semakin tinggi sehingga menjawab kebutuhan dari pelanggan maupun stakeholder,” lanjut Budi.

Annual Report Award 2018 merupakan kegiatan ARA yang ke-17 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002. Melalui tema Annual Report Award 2018 Keakuratan Informasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan dukungan Stakeholders” para penyelenggara berharap agar para peserta memiliki kualitas keterbukaan informasi yang baik untuk mendapatkan dukungan dari stakeholder dalam memenangkan persaingan global.

Ketua penyelenggara ARA 2018, Mas Achmad Daniri memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para pemenang dan juga perusahaan yang telah menerapkan keterbukaan informasi yang telah tercermin dalam Annual Report.

“Melalui ajang ini diharapkan para peserta dapat mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas laporan tahunan melalui implementasi GCG sehingga mencapai tujuan perusahaan yang berkelanjutan dan akhirnya dapat menunjang perekonomian nasional,” kata Mas Achmad.

Selaras yang diungkapkan oleh Budi, bahwa keterbukaan informasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam suatu perusahaan untuk memberikan rasa aman dan percaya bagi pelanggan, stakeholder maupun masyarakat luas.

 

“Keterbukaan informasi saat ini merupakan faktor penting bagi perusahaan yang tertuang di dalam Annual Report 2018. Salah satu wujud implementasi dalam memberikan keterbukaan informasi, SUCOFINDO mengedepankan nilai kejujuran yang merupakan implementasi salah satu tata nilai kami, yaitu integritas,” ujar Budi.                

Wujud nyata SUCOFINDO dalam melakukan implementasi GCG adalah SUCOFINDO turut menyediakan jasa layanan audit sistem manajemen anti penyuapan yang berdasarkan ISO 37001-2016.

Layanan ini dapat membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani serta kontrol terhadap sistem manajemen yang berbasis GCG serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan anti penyuapan dan komitmen sukarela sesuai dengan aktivitas dalam sistem manajemen.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Untuk menjawab tantangan global yang semakin dinamis, SUCOFINDO terus berupaya dalam melakukan inovasi untuk mendukung layanan jasa kepada pelanggan.

 

Salah satunya SUCOFINDO telah menerbitkan Green Port Guideline. Mengantisipasi sektor telekomunikasi dan industri 4.0 yang berkembang cepat, SUCOFINDO mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT).

Tak hanya itu, melihat kebutuhan masyarakat lndonesia untuk memudahkan pelanggan dalam  memperoleh Jasa Laboratorium Halal juga membantu pemerintah memenuhi regulasi Undang-Undang (UU) nomor 33 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2019 SUCOFINDO memiliki laboratorium Uji Produk Halal.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maria Pauline Lumowa Buronan Pembobol Bank BNI ditangkap Yasonna di Serbia

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:18 WIB

17 tahun Buron, Maria Pauline Lumowa Bos PT Gramarindo Group Pembobol Bank BNI Rp1,7 Triliun di Tangkap Yasonna Cs di Serbia

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan kepergiannya ke Serbia khusus untuk menyelesaikan ekstradisi buronan pelaku pembobolan Bank BNI senilai Rp1,7 triliun yakni Maria Pauline Lumowa.…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:10 WIB

Kiat Menperin Agus Dorong IKM Go Digital

Pemerintah berkomitmen untuk terus membantu sektor industri kecil menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital.

MUF Online Autoshow 2020

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:24 WIB

Pameran Mobil dan Motor MUF Online Autoshow 2020 Segera Digelar, Bisa Angsur Motor Rp19.000 Perhari

MUF Online Autoshow 2020, merupakan pameran mobil dan motor yang digelar secara online melalui website www.mufautoshow.id dan dibuka untuk konsumen yang berdomisili di wilayah Jabodetabekser.…

Kapten Borneo FC Diego Michiels (Foto Dok Indosport)

Kamis, 09 Juli 2020 - 18:00 WIB

Kapten Boreno FC Diego Michiels Tingkatkan Latihan Jelang Kompetisi Liga 1

Bek sekaligus kapten Borneo FC Diego Michiels antusias kompetisi Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan. Agar tak kedodoran saat berlatih bersama, pemain naturalisasi ini rela menambah porsi latihan…

Pelindo IV Kerjasama dengan Kejati Sulsel

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:57 WIB

Pelindo IV Jalin Kerjasama Dengan Kejati Sulsel Jaga Transparansi dan Aset Negara

Dirut Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak dalam penyelesaian masalah hukum perdata…