Atraksi Terjun Payung Meriahkan HUT Ke 74 Korps Marinir

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 November 2019 - 04:00 WIB

Atraksi Terjun Payung Meriahkan HUT Ke 74 Korps Marinir
Atraksi Terjun Payung Meriahkan HUT Ke 74 Korps Marinir

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Atraksi terjun payung free fall memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Korps Marinir tahun 2019 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya. Jumat (15/11/2019).

Terjun free fall yang dilakukan 34 prajurit Intai Amfibi (Taifib) dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) tersebut dipimpin oleh Mayor Marinir Tantahara yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir.

Aksi terjun payung dari ketinggian 7000 feet dengan menggunakan dua pesawat Cassa CN 212 Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Surabaya tersebut ada hal yang unik dan tidak biasa dilakukan para peterjun yaitu 34 peterjun menggunakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam demontrasi terjun payung tersebut para peterjun ada yang mendarat di dua unit BTR 50 yang berada di lapangan upacara, kemudian ada empat peterjun yang melakukan penerjunan dengan formasi Canopy Relative Work (CRW) yaitu Serda Mar Eko Agus, Serda Mar Purwanto, Koptu Mar Arif Mulyono dan Koptu Mar Supiyono, kemudian juga ada peterjun yang membawa banner diantaranya Sertu Mar Romy Mashun Aini membawa banner HUT Korps Marinir, Serda Mar Ismunandar membawa banner Korps Marinir, Sertu Mar Suhadiono membawa bendera TNI AL dan Sertu Mar M. Antasari membawa bendera Merah Putih. Selain itu, dari 34 peterjun terdapat dua prajurit Korps Wanita TNI AL yaitu Sertu Jas/W Tina Purnama dan Serda Pom/W Tri Kartika.

Tepuk tangan meriah dari Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, s.e., M.M dan para tamu undangan saat para peterjun satu persatu mendarat dilapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara memimpin langsung upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019, di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya. Jumat (15/11/2019).

Didepan ribuan prajurit Korps Marinir dengan Komandan upacara Letkol Marinir Aang Andy Warta tersebut, Kasal mengucapkan selamat ulang tahun ke 74 Korps Marinir, selain itu Kasal juga menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan negara dan pimpinan TNI kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang telah menjadi Kotama Operasi TNI.

Hingga di usia pengabdiannya yang ke 74 tahun, lanjutnya, Korps Marinir selalu berperan aktif dan berhasil dalam berbagai penugasan, keberhasilan tersebut membuat Korps Marinir mendapatkan banyak apresiasi baik dari masyarakat maupun pemerintah, sehingga Korps Marinir dipercaya menjadi salah satu Kotama Operasi TNI, perubahan tersebut merupakan pendorong bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan, di sisi lain, kepercayaan itu merupakan tantangan dan amanah yang harus dapat dipertanggung jawabkan dan diwujudkan dalam medan tugas pengabdian kepada negara.

Kasal juga menyampaikan rasa bangganya karena bisa hadir di tengah-tengah prajurit Korps Marinir dalam upacara peringatan ulang tahun ke-74 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang pada hakekatnya merupakan refleksi dari jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan dan kehormatan prajurit baret ungu. Rentang waktu pengabdian selama 74 tahun bukanlah masa yang singkat, Korps Marinir lahir dalam era revolusi perjuangan bangsa, tumbuh dan besar dalam berbagai pertempuran di setiap palagan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut para peterjun yang diwakili Maryor Marinir Tantahara, Sertu Jas/W Tina Purnama dan Serda Pom/W Tri Kartika menyerahkan foto dan handbucket kepada Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Selain demontrasi terjun payung, peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019 juga dilaksanakan upacara parade dan defile, demontrasi beladiri militer dan tari nusantara yang dilakukan prajurit Korps Marinir.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Jumat, 06 Desember 2019 - 16:30 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan Pariwara Tidak Langsung OJK

Jakarta - BNI Syariah meraih penghargaan Pariwara Tidak Langsung Terbaik Sektor Jasa Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019. Penghargaan ini diberikan dalam acara Malam Penganugerahan…

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:40 WIB

Resmikan Pabrik Baru Polyethylene Chandra Asri, Jokowi Optimis Indonesia Bakal Stop Impor Petrokimia 4 Tahun Kedepan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene milik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) dengan kapasitas produksi mencapai 400 ribu ton per tahun. Dengan tambahan…

UC Browser dan Lazada Kolaborasi

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:34 WIB

UC dan Lazada Meriahkan Harbolnas Akhir Tahun

Jakarta - UC Browser bersama Lazada turut memeriahkan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 12.12 yang dirayakan setiap tanggal 12 bulan Desember. Dengan menghadirkan kampanye belanja “UC…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:17 WIB

Kementan Koneksikan Jaringan dan Informasi Pertanian Seluruh Indonesia

Bogor – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berulang kali menyebutkan komitmennya untuk membangun pertanian modern berbasis manajemen teknologi informasi yang kuat. Komitmen tersebut sudah…

Graduation Day MSA 2019

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:01 WIB

Michelin Indonesia Ajak 500 Siswa Jabodetabek Tandatangani Deklarasi 10 Golden Rules di Graduation Day MSA 2019

Tahun ini, tema MSA 2019 “Inspiring Mobility” dipilih untuk mendorong terciptanya agen perubahan dan pelopor keselamatan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan mobilitas…