Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 November 2019 - 08:30 WIB

Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India
Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India

INDUSTRY.co.id - Lhokseumawe -PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe melakukan kegiatan ekspor perdana komoditas Crude Palm Oil (CPO) sebanyak 5.442 Metrik Ton yang akan dikirimkan ke Pelabuhan Kandla, India pada Selasa, 12 November 2019.

Kegiatan ekspor perdana ini secara seremonial dilangsungkan dengan pengalungan bunga kepada Kapten MT Regulus oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe Budi Azmi, Kepala Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Indonesia (KPLP) Lhokseumawe Kamaluddin, Kepala Kantor Bea Cukai Aceh yang diwakilkan oleh Supriyono, dan Direktur Utama PT Aceh Makmur Bersama Petrus Budianto.

General Manager Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe, Budi Azmi menjelaskan bahwa ekspor perdana yang diangkut menggunakan kapal MT Regulus dengan panjang 134 meter dan berkapasitas 8.270 GT ini diharapkan menjadi langkah awal untuk kegiatan ekspor yang dilakukan melalui Pelabuhan Lhokseumawe, karena PT Aceh Makmur Bersama sudah memiliki izin Pusat Logistik Berikat di Pelabuhan Lhokseumawe. Selain itu, di minggu depan akan ada kapal kedua yang juga melangsungkan ekspor dengan jumlah muatan sekitar 5.000 – 6.000 Metrik Ton.

“Terima kasih atas segala dukungan dari para stakeholder sehingga kegiatan ekspor perdana ini bisa berjalan dengan baik. Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe juga sudah melakukan kegiatan bongkar muat peti kemas sejak tahun ini, sehingga ditambah adanya ekspor CPO ini maka Pelabuhan Lhokseumawe telah melakukan pengembangan bisnis,” terang Budi Azmi.

Sebelumnya, Bulking Terminal Facility Pusat Logistik Berikat PT Aceh Makmur Bersama yang berada di dalam area Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe diresmikan oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan, dan Pembangunan Provinsi Aceh Mahyuzar yang hadir mewakili Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada Senin, 11 November 2019. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Ketua KADIN Aceh Muzakir Manaf, Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh Safuadi, Direktur Utama PT Aceh Makmur Bersama Petrus Budianto, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe Budi Azmi, serta unsur-unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh.

“Kehadiran Bulking Terminal Facility Pusat Logistik Berikat PT Aceh Makmur Bersama ini merupakan kesempatan besar bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Aceh, khususnya Lhokseumawe. Dengan kapasitas tangki timbun mencapai 9.500 Metrik Ton ini mendorong perusahaan-perusahaan lain dalam melakukan kegiatan ekspor terutama CPO untuk meningkatkan perekonomian daerah,” jelas Budi Azmi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 26 Januari 2020 - 13:45 WIB

Ekspor Kian Melaju, Investasi Industri Mamin Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang.

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…