Jababeka Eco Park Ruang Terbuka Hijau Kaya Manfaat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 November 2019 - 07:00 WIB

Jababeka Eco Park
Jababeka Eco Park

INDUSTRY.co.id - Cikarang-“Kota yang Stress menghasilkan warga yang stress” – Suatu pernyataan yang dikutip langsung dari Ridwan Kamil selaku Gubernur provinsi Jawa Barat. Pernyataan ini mungkin sangat cocok dengan kondisi perkotaan besar pada dewasa ini. Meski dapat menawarkan banyak fasilitas, tetapi warga di kota besar cenderung mudah mengalami stress karena hiruk pikuk dan absennya ruang terbuka hijau sebagai ruang terbuka hijau sebagai tempat olah raga dan rekreasi.

Tentunya penetrasi ini berdampak pada kualitas kehidupan. Jababeka Residence sangat sadar dan cermat akan fenomena dan kebutuhan publik akan keseimbangan kualitas hidup ini. Oleh karena itu, pada 10 November 2019, Jababeka Residence mengadakan Grand Opening Jababeka Eco Park sebagai ruang terbuka hijau yang dapat digunakan sebagai tempat olahraga dan segala kegiatan positif komunitas. Pada acara Grand Opening Jababeka Eco Park ini dihadiri oleh lebih dari 8000 pengunjung yang begitu antusias mengikuti serangkaian acara di Jababeka Eco Park.

“Jababeka Eco Park merupakan salah satu wujud kepedulian yang nyata dari kami selaku pengembang akan kebutuhan masyarakat atas ruang terbuka hijau yang saat ini sangat sulit ditemukan di kota besar,” ucap Handoyo Lim selaku General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence.

Jababeka Eco Park merupakan lahan terbuka hijau seluas 1000 m2 yang berada tepat di tengah kota Jababeka. Dengan bertema alam, Jababeka Eco Park menjadi suatu kawasan multiguna yang dapat digunakan masyarakat untuk melepas penat dari rutinitas keseharian pada saat akhir pekan.

Jababeka Eco Park mengusung konsep ruang hijau kota seperti layaknya halaman rumah yang nyaman dimana pengunjung di dalamnya dapat mengeksplorasi pikiran, jiwa dan raga untuk berbagai kegiatan positif dan kreatif serta dapat menenangkan jiwa raga. Sebelumnya Jababeka Eco Park telah dibuka untuk umum sejak bulan Agustus 2019 dan mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat dan komunitas sekitar Cikarang yang berkunjung ke Jababeka Eco Park setiap akhir pekannya.

“ Jababeka Eco Park dapat menjadi destinasi bagi keluarga dan komunitas di sekitar Cikarang untuk dapat berolahraga serta beraktifitas dengan nyaman dan eksklusif, dimana berlokasi di dalam kawasan Botanical Garden Jababeka,” ungkap Handoyo Lim.

Bertepatan dengan hari Pahlawan, tema keberagaman budaya dan agama sengaja dipilih dalam pagelaran grand opening Jababeka Eco Park. Pengunjung disuguhkan oleh beragam kesenian dan budaya dari Indonesia seperti tari nusantara, penampilan reog Ponorogo, Pencak Silat, dan musik angklung modern. Selain itu masih ada beragam acara menarik dan kegiatan olah raga bersama yang menarik perhatian pengunjung. Mulai dari kegiatan penanaman pohon, pertunjukkan marching band, zumba party, senam nusantara, yoga, kompetisi drone, Mini Soccer tournament, penampilan Barongsai dan Cosplay serta kegiatan kesenian dan olah raga menarik lainnya. 

Pengunjung juga dapat mencoba pengalaman mengendarai ATV, dan memanah di Jababeka Eco Park. Tidak ketinggalan terdapat area outbond lengkap dengan flying fox yang pastinya dapat memacu adrenalin pengunjung. Keamanan pengunjung didukung dengan peralatan dan pendamping professional selama di area outbond Jababeka Eco Park. Di salah satu sudut, terdapat area yang dikhusukan bagi komunitas pecinta binatang, para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan ragam binatang peliharaan mulai dari anjing, kucing, hingga reptile di area ini.

Kehadiran Jababeka Eco Park tidak hanya memberikan ruang untuk olah raga dan beraktifitas secara nyaman, namun tempat ini juga menjadi wadah edukasi dan sosialisasi bagi segala kegiatan positif di dalamnya. Melalui Jababeka Eco Park, Jababeka Residence hendak mengedukasi masyarakat akan kesadaran hidup sehat serta kepedulian akan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Jababeka Eco Park juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar Cikarang. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kehadiran Jababeka Eco Park Culinary Corner yang memberikan peluang bagi pelaku Usaha Kecil Menengah di sekitar Cikarang. Selain memberikan peluang usaha, kehadiran pojok kuliner ini dapat memenuhi kebutuhan pengunjung Jababeka Eco Park yang hendak sarapan ataupun melepas dahaga setelah berolahraga. Pengunjung dapat menemui beragam kuliner di Jababeka Eco Park, mulai dari santapan nusantara hingga aneka makanan dan minuman.

Jababeka Eco Park sendiri berada di dalam kawasan Jababeka Golf City yang merupakan suatu kawasan Superblock eksklusif dimana didalamnya terdapat hunian premium modern yakni Kawana Golf Residence, Ginza Business Loft sebagai  pusat bisnis mewah , Asian Village sebagai pusat kuliner terlengkap di Jababeka, Senior Living D’Khayangan dan tentunya lapangan golf internasional.

“ Jababeka Residence tidak hanya menyuguhkan produk hunian dan komersial yang ideal , namun kami juga peduli akan kebutuhan warga dan pentingnya membentuk suatu ekosistem kota yang seimbang,” imbuh Handoyo Lim. Dirinya juga menambahkan, kedepannya Jababeka Eco Park akan terus dikembangkan dengan ragam aktifitas yang berbeda setiap minggunya. Jababeka Eco Park terbuka untuk publik dan berbagai komunitas yang hendak bergabung didalamnya. Masyarakat dapat mengunjungi Jababeka Eco Park setiap hari Minggu dari pukul 06.00 – 11.00 WIB. Tunggu apalagi, pastikan weekend ini anda dan keluarga berkunjung ke Jababeka Eco Park.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).