Menata Masa Depan Tari Indonesia JDMU SELECTION #2019

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 November 2019 - 09:00 WIB

JDMU SELECTION #2019
JDMU SELECTION #2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta-JDMU Selection merupakan kelanjutan dari JDMU Reguler .JDMU Reguler adalah  pertemuan antar komunitas tari di Jakarta tersebut diharapkan menghasilkan karya-karya baru lewat pertunjukan yang diselenggarakan. Gagasan penciptaan dan karya yang pertunjukkan itu akan diuji lewat berbagai pengamatan dan diskusi karya.

Dengan begitu, JDMU Selection adalah sepilihan karya-karya yang mempunyai potensi untuk dilanjutkan ke model produksi yang lebih kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tahap ini merupakan akumulasi dari pengalaman yang didapatkan setiap komunitas di JDMU Reguler.

Karena kelompok tari di tahap ini merupakan pilihan dari komunitas yang bergabung di tahap sebelumnya, maka untuk memperdalam apa sudah mereka dapatkan, program ini memberikan fasilitas ChoreoLab kepada setiap komunitas di JDMU Selection. Fasilitas ini memungkinkan komunitas-komunitas seni tersebut untuk mendapatkan pandangan-pandangan baru dalam menciptakan karya dari narasumber yang beragam, tak hanya dari dunia tari tetapi juga dari disiplin seni lainnya. Keberbagaian cara melihat yang terdapat dalam berbagai disiplin seni itulah yang diharapkan memunculkan gagasan penciptaan baru di ChoreoLab.

Dalam ChoreoLab, peserta JDMU mendapat masukan berupa kelas  dari sejumlah pihak dari berbagai keahlian, seperti Iskandar K Loedin(Artistik) Otto Siddharta (Musik) dan Anusirwan (tari)

Selain itu, seluruh aktivitas, evaluasi serta perkembangan JDMU juga dibukukan yang ditulis oleh pengamat tari Fariq Alfaruqi. Dengan demikian manfaat JDMU bukan saja dirasakan langsung peserta JDMU, tapi juga terdokumentasi dan tertulis dalam bentuk buku yang dapat dipelajari masyarakat luas. Untuk menjaga keberlangsungan  JDMU ini memiliki board executive yang bertugas merumuskan dan menyelenggaran yang terdiri dari Hartati, Rusdy Rukmarata, Yola Yulfianti dan Josh Marcy.   

Yola Yulfianti selaku komite tari Dewan Kesenian Jakarta menegaskan, “JDMU Selection ini pada prinsipnya tidak hanya memperkuat jejaring antar komunitas yang sudah terbentuk, tetapi juga menitik-beratkan pada penguatan kerja-kerja di belakang layar, proses kreatif, dan sebagainya.” Oleh karena itu, aspek-aspek yang berkaitan dengan pendalaman materi, penguatan konsep, pengujian gagasan, dan sebagainya, mendapat tempat yang lebih banyak dan lebih kompeten.

Untuk itu, peserta juga mengikuti sejumlah kegiatan yang diharapkan mampu merangsang gagasan karya serta wawasan serta jejaring untuk menjadi yang lebih baik. Acara-acara tersebut meliputi :

  1. September : FGD tentang gagasan dan konsep karya

Hanya dihadiri oleh koreografer dan membawa gagasan karya baru

  1. Oktober : FGD tentang struktur karya, skenografi, musik untuk tari, persentasi proses karya

Setiap koreografer presentasi progres karya (dengan penari) dan diskusi

  1. November: presentasi progres karya (dengan penari) dan diskui

Nama koreografer dan komunitas yang terpilih :

  1. Abu Hasan Lobubun (Daun Gatal)
  2. Alisa Soelaeman (Alisa Soelaeman Danceworks)
  3. Annisa Nurkhadijah  (KIG Dance Community UPI Bandung)
  4. Bathara Saverigadi Dewandro (Swargaloka Art)
  5. Ken Nala Amrytha ( EKI ON CALL)
  6. Nudiandra Sarasvati (MUDAMOVE)
  7. Marich Prakoso Kekasih (Kreativitat Dance Indonesia)
  8. Trianna Ambarwati ( Lentera Fannani)

Pentas JDMU Selecion akan diadakan pada tanggal 15 dan 16 November 2019 di Gedung Kesenian Jakarta.

Diharapkan Penonton terdiri dari :

  • Komunitas-komunitas tari di Jakarta dan Jaringan di Seluruh Indonesia;
  • Pendukung dan penggemar komunitas-komunitas tari di Jakarta;
  • Murid sekolah atau kursus tari di Jakarta;
  • Pecinta pertunjukan tari di Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…