Grab Mengharapkan Konsumen Mengerti Hak dan Kewajibannya

Oleh : Wiyanto | Selasa, 12 November 2019 - 21:25 WIB

Manjakan pengemudinya Grab meresmikan Grabbike Lounge di Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu 7 Maret 2018 (Fadli: INDUSTRY.o.co.id)
Manjakan pengemudinya Grab meresmikan Grabbike Lounge di Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu 7 Maret 2018 (Fadli: INDUSTRY.o.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Proses gugatan konsumen Grab bernama Zico Leonardo Djagardo Simanjuntak kepada perusahaan aplikasi transportasi online tersebut memasuki babak baru. Dalam persidangan kemarin (11/11), kuasa hukum PT Grab Teknologi Indonesia (Grab), Raja Mada Silalahi, menggugat balik (rekonvensi) terhadap Zico terkait tantangan “Jugglenaut Challenge” pada aplikasi Grab.

Zico digugat balik atas perbuatan melawan hukum dengan mengajukan gugatan terhadap Grab. Menurut Raja Silalahi, dari total 13 ribu lebih peserta “Jugglenaut Challenge”, sebanyak 259 peserta telah berhasil lolos verifikasi sebagai pemenang dan berhak mendapatkan hadiah saldo OVO. Hanya ada satu peserta yaitu Zico yang mengaku bermasalah. Padahal, Grab telah menyelesaikan kewajibannya dengan memberikan hadiah kepada semua peserta termasuk Zico. Zico juga telah menggunakan dan menikmati hadiah saldo OVO tersebut.

“Kami berpegang pada prinsip fairness. Klien kami telah berusaha agar konsumen mendapatkan haknya. Klien kami juga berharap konsumen mengerti hak dan kewajibannya. Dengan demikian akan terjadi hubungan timbal-balik yang positif,” ujar Raja Mada di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Zico dinilai melakukan perbuatan melawan hukum karena tidak menjalankan cara penyelesaian sengketa sebagaimana disepakati dalam perjanjian ketika mengikuti permainan tantangan ini. Zico seharusnya mengirimkan surat teguran dan jika teguran itu tidak dipenuhi maka ia wajib mengajukan perkara tersebut ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia, bukan mengajukan gugatan perdata.

Dalam berita sebelumnya, gugatan yang dilayangkan Zico bukan sekadar meminta kompensasi atas kerugian material dan nonmaterial, tetapi juga berupa pembayaran sejumlah uang dan permintaan maaf. Zico yang didampingi pengacara David Tobing juga meminta Menteri Komunikasi dan Informatika RI mencabut izin yang berhubungan dengan status Grab sebagai penyedia platform melalui sistem elektronik. Menkominfo juga turut menjadi tergugat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…