Ini Dia 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik di OPEXCON Award 2019

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 November 2019 - 15:01 WIB

Ini Dia 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik di OPEXCON Award 2019
Ini Dia 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik di OPEXCON Award 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - SHIFT Indonesia kembali menggelar Indonesia Operational Excellence Conference And Award atau lebih dikenal dengan OPEXCON 2019 pada Kamis (7/11/2019). Pada penyelenggaraan kali ini, SHIFT Indonesia mengambil tema “OPEX 4.0 : Process Excellence, People Transformation & Digital Innovation” dan dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Johnny G. Plate. 

Menkominfo Johnny yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo untuk membuka acara OPEXCON 2019 di Hotel Pullman, Jakarta Barat, menegaskan bahwa gambaran ekonomi Indonesia tidak sesuram seperti gambaran ekonomi global sehingga semua pelaku industri harus optimis menatap ke depan. 

“Selalu ada opportunity, dan hari ini melalui OPEXCON, kita ingin mengambil peran dan meningkatkan produktivitas baik sebagai bangsa, sebagai korporasi, sebagai kelompok, bahkan sebagai individu. Melalui efisiensi dan efektivitas kita pasti menjadi pemenang,” kata Menteri Johnny. 

Sementara itu, Chairman SHIFT Indonesia Ferdinan Hasiholan dalam sambutannya menyebut misi OPEXCON adalah membantu industri di Indonesia untuk terus memiliki dan meningkatkan daya saing bisnis sehingga mampu menghadapi segala bentuk ancaman dan persaingan yang sulit terprediksi seperti saat ini. 

“Melalui OPEXCON, SHIFT Indonesia ingin mengajak seluruh pelaku industri di Indonesia memiliki kesadaran bahwa lanskap industri saat ini sarat dengan perubahan. Perubahan ini terjadi seiring dengan perkembangan era konvensional menuju digital. Karena perubahan ini merupakan suatu keniscayaan, kita sebagai pelaku industri harus memiliki mindset yang terbuka sehingga dapat menangkap peluang yang ada. Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan pengalaman baru dan insight baru bagi pelaku industri sehingga industri di Indonesia menjadi lebih berdaya saing”, ungkap Ferdinan. 

Adapun tema OPEXCON tahun ini “OPEX 4.0 : Process Excellence, People Transformation& Digital Innovation” sebagai refleksi bersama bahwa untuk menjadi pemenang di era yang penuh kompetisi ini perusahaan harus memiliki kesadaraan yang tinggi dalam aspek keunggulan operasi. 

“Pelaku industri saat ini memiliki tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, yaitu bagaimana menciptakan proses bisnis yang handal, membangun SDM yang unggul, dan melakukan inovasi secara berkelanjutan. Ketiga aspek ini merupakan critical point bagi perusahaan untuk mencapai keunggulan operasi sehingga mampu sustain dan tentunya menghasilkan profitabilitas bisnis,” katanya.  

OPEXCON merupakan acara seminar yang menjadi puncak dari seluruh rangkaian OPEXCON Project Competition 2019, yakni sebuah kompetisi improvement terbesar yang digagas oleh SHIFT Indonesia dan sudah digelar sejak tahun 2012. 

Pada pelaksanaan OPEXCON kali ini, menghadirkan pembicara VP of People Tokopedia Nanang Chalid, COO Astra Motor Octavianus Dwi P.P, Direktur Produksi Waskita Beton Precast Yudhi Dharmawan, Factory Manager PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) Arif Sosiawan, dan Ekonom INDEF Bhima Yudhistira. 

Rangkaian acara OPEXCON dimulai dengan sesi Awarding yang diberikan langsung oleh Menteri untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan atas capaian efisiensi yang berhasil mereka dapat melalui program perbaikan proses, mulai dari sektor industri jasa, manufaktur, dan energi. 

Sesi ini juga menjadi puncak acara OPEXCON Project Competition 2019 yang mana para finalist sebelumnya telah melalui proses panjang untuk mendapatkan predikat pemenang dalam kompetisi ini. Kompetisi tahun ini terbagi menjadi dua kategori - pertama, kategori service dan kedua, kategori manufacture & energy. 

Siapa saja perusahaan yang menerima penghargaan Gold Achievement, OPEXCON Award 2019 sebagai pelaku “Best Improvement of The Year”. Berikut daftar lengkapnya : 

Kategori Service 

1. PT. Astra International Tbk - Honda (HSO Denpasar)
2. PT. Jalan Tol Seksi Empat
3. PT. Bank Central Asia Tbk
4. PT. Waskita Karya (Persero), Tbk

Kategori Manufacture & Energy 

1. PT. Sajang Heulang (Minamas Plantation)
2. PT. Dua Kelinci
3. PT. Surya Toto Indonesia
4. PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM)- Danone ELN Group
5. PT. Pembangkitan Jawa Bali UP Muara Tawar

SHIFT Indonesia merupakan perusahaan media yang menjadi referensi utama bagi para pelaku bisnis khususnya pegiat improvement di Indonesia. Dengan mengusung “Your Operational Excellence Guide” sebagai tagline, SHIFT Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan industri tanah air sehingga lebih berdaya saing. 

Salah satu bentuk komitmen tersebut hadir melalui OPEXCON, acara tahunan yang difokuskan untuk membangun awareness tentang pentingnya aspek perbaikan proses bagi bisnis sekaligus menjadi wadah bagi perusahaan untuk terus bersemangat menjalankan improvement secara berkelanjutan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…