Berkontribusi Pada Bidang Pendidikan, ESRI Indonesia Raih UI Award

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 November 2019 - 18:19 WIB

ESRI Indonesia Raih UI Award
ESRI Indonesia Raih UI Award

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada para pihak yang telah berkontribusi dan berperan dalam pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat, Universitas Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan lembaga dari berbagai bidang dalam acara “Universitas Indonesia Awarding Night: Dari UI untuk Indonesia” pada 1 November 2019 lalu, bertempat di Menara BNI, Jakarta Pusat.
 
“Acara ini merupakan wujud ungkapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pihak yang selama ini telah membantu UI dalam berkarya, yang meliputi Mitra UI, Alumni UI, Media, dan Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKK PPM) UI yang telah berkontribusi dan berpartisipasi meningkatkan prestasi dan mendukung program-program Tri Dharma Perguruan Tinggi UI,” kata Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. dalam sambutannya saat membuka UI Awarding Night, Menara BNI, Jakarta (1/11/2019) lalu.
 
Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (8/11/2019) menyebutkan, sebanyak 115 penghargaan diberikan untuk kategori Bidang Pendidikan, dan PT Esri Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang menerima penghargaan ini atas kontribusi dan peran serta di berbagai program yang meningkatkan reputasi akademik Universitas Indonesia di mata pendidikan tinggi global. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh CEO Esri Indonesia Dr. Achmad Istamar.
 
Tercatat sejak tahun 2017 Esri Indonesia telah aktif berkolaborasi dengan Universitas Indonesia. Di antaranya ialah dengan menyediakan hibah ArcGIS bagi seluruh sivitas akademika UI serta fasilitas berupa lisensi untuk ArcGIS platform guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan riset.

ArcGIS sendiri merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Esri yang bermanfaat bagi pengolahan data dalam bidang geospasial. Tak hanya itu, ArcGIS digunakan untuk riset dalam bidang manajemen tata kota, perencanaan wilayah dan perizinan, manajemen kebencanaan, perencanaan pengembangan infrastruktur, serta manajemen sumber daya dan potensi daerah.
 
Di tahun ini, Esri Indonesia menggelar kegiatan GIS Month 2019 dalam rangka memperingati perayaan GIS sedunia yang jatuh pada 13 November setiap tahunnya. Berbagai aktivitas eksplorasi terhadap teknologi GIS akan diadakan selama sebulan penuh, seperti kompetisi video di sosial media, serangkaian seminar dan webinar tentang GIS di berbagai kota di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas dengan tema Sustainable Development Weekserta berpartisipasi dalam acara G-Days ke-11 yang dihelat oleh Program Studi Geografi Universitas Indonesia dalam tema GeoAI Week.
 
Esri Indonesia merupakan perwakilan resmi dari Esri yang merupakan perusahaan pengembang Sistem Informasi Geografis (GIS) yang berkantor pusat di Redlands, California. Saat ini Esri Indonesia telah memberikan hibah ke 30 universitas di Indonesia termasuk ITB, UI, Unibraw dan juga universitas swasta seperti Universitas Bina Nusantara dan Prasetya Mulya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus SMSI Muaro Jambi Resmi Terbentuk

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:49 WIB

Pengurus SMSI Muaro Jambi Resmi Terbentuk

Sebagai salah satu pilar Pembangunan Bangsa, Jurnalis memiliki peran besar untuk mewujudkan Bangsa yang berdaulat dan berkeadilan, maka peran strategis ini diharapkan dapat diwujudkan diberbagai…

Infrastruktur Kawasan Wisata Morotai

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:43 WIB

Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Infrastruktur Kawasan Wisata Morotai

Pulau Morotai sebagai salah satu pulau terluar dan terdepan di wilayah perbatasan Indonesia menyimpan potensi kekayaan alam bahari dan budaya, dengan sejumlah obyek wisata yang ditawarkan seperti…

Presiden Direktur BCA Syariah Jhon Kosasih bersama direksi lainnya

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:38 WIB

BCA Syariah Siap Masuk ke QRIS

PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) bersiap genjot digitalisasi. Tidak mau ketinggalan dengan perbankan lainnya, model QRIS BCA Syariah siap memasuki pasar pembayaran di masyarakat.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:36 WIB

Tingkatkan Industri Sawit, Pemerintah Selenggarakan Seminar Sawit di Pakistan

Indonesia selenggarakan seminar “Health, Nutritional Benefits & Potential Profitability of Palm Oil" di Karachi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai keunggulan dan potensi-potensi…

Pameran Buah Indonesia di Jerman

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:35 WIB

Bukukan Transaksi USD 1,05 juta, Buah Asal Indonesia Laris Manis di Pameran Fruit Logistica Berlin

Produk buah Indonesia semakin diminati masyarakat dunia, termasuk Uni Eropa. Hal ini terlihat dengan transaksi potensial sebesar USD 1,05 juta yang dicapai saat mengikuti pameran internasional…