KOBI Kirim Timnas MMA Indonesia Ke Kejuaraan Dunia Amatir IMMAF

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 November 2019 - 05:30 WIB

KOBI Kirim Timnas MMA Indonesia Ke Kejuaraan Dunia Amatir IMMAF
KOBI Kirim Timnas MMA Indonesia Ke Kejuaraan Dunia Amatir IMMAF

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sukses menaungi pertandingan MMA Nasional terbesar di Indonesia yaitu One Pride MMA sejak 2016, kini Komite Olahraga Beladiri Indonesia atau KOBI semakin melebarkan sayapnya. Bulan ini, KOBI akan mengirim timnas atlet amatir MMA Indonesia bertanding di kejuaraan MMA amatir dunia “2019 IMMAF – WMMAA Unified World Championships Amateur MMA”.

Kejuaraan tersebut akan berlangsung 11 – 16 November 2019 di Khalifa Sport City, Isa Town, Manama, Bahrain. Kejuaraan MMA amatir dunia ini diselenggarakan oleh International Mixed Martial Arts Federation (IMMAF). IMMAF merupakan federasi MMA amatir pertama dan satu-satunya di dunia yang didirikan di Stockholm, Swedia pada 29 Februari 2012. 

Selanjutnya, KOBI sebagai anggota aktif dan representative IMMAF di Indonesia, untuk diketahui pada setiap negara hanya ada satu federasi yang terdaftar di IMMAF.

Pada tanggal 23 Juni 2019 lalu KOBI telah melakukan proses seleksi nasional atlet MMA kategori atlet amatir di Elite Club Epicentrum Jakarta. Sebanyak 20 atlet MMA dari beberapa sasana besar di bawah naungan KOBI di seluruh Indonesia ikut serta dalam proses seleksi nasional ini. Dari proses seleksi

terpilih 10 atlet MMA terbaik yang telah diberi pembekalan dalam Pemusatan Latihan MMA Nasional di Bali MMA Academy selama tiga bulan sejak Agustus 2019 sampai Oktober 2019.

“Insya Allah KOBI mengirimkan lima atlet amatir terbaik Nasional untuk mengikuti kejuaraan MMA amatir dunia di Bahrain. Hal ini sejalan dengan salah satu misi KOBI yaitu bekerja sama dengan organisasi MMA Internasional untuk menunjukan kehebatan para petarung Indonesia” Ujar Ardiansyah Bakrie, Ketua umum KOBI.

Setelah melalui Pemusatan Latihan MMA Nasional, KOBI telah memilih lima atlet berkualitas yang akan diberangkatkan untuk mengikuti kejuaraan MMA amatir dunia di Bahrain. Lima atlet tersebut adalah Budi Setiawan (kelas Senior Fly weight), Rendi Anjar Kusuma (kelas Senior Bantam weight), Edi Erlangga (kelas Senior Bantam weight), Toby Prasetya (kelas Junior Light weight) dan Firman Muharram Syach (kelas Junior Bantam weight).

“Alhamdulillah KOBI berhasil mengukir sejarah lagi sebagai organiasi MMA pertama yang mengirimkan atlet MMA amatir nasional berlaga di kejuaraan MMA amatir dunia. Semoga kita dapat mengharumkan nama Bangsa di kejuaraan MMA amatir dunia “2019 IMMAF – WMMAA Unified World Championships Amateur MMA,” demikian Ardiansyah Bakrie, Ketua Umum KOBI menambahkan.

Sebanyak 29 kelas akan dipertandingan, yang terdiri dari enam kelas senior wanita, 10 kelas senior pria, tiga kelas junior wanita dan 9 kelas junior pria. Nantinya lima atlet MMA Indonesia yang terpilih akan bersaing dengan ratusan atlet yang berasal dari berbagai Negara. Berdasarkan informasi dari pihak IMMAF, sebanyak 339 orang atlet senior dan 125 atlet junior sudah mendaftar untuk mengikuti kejuaaran, ratusan atlet MMA tersebut berasal dari 49 negara.

Sementara itu Direktur Sport and Programing tvOne, Reva Deddy Utama mengatakan, tvOne akan selalu menginformasikan kegiatan para petarung selama di Bahrain.

"Tanpa terasa program-program KOBI yang ada di tvOne sudah berjalan selama tiga tahun dan One Pride salah satu program unggulan. Dan tentu juga pengiriman atlet ke kejuaraan dunia ini, menjadi program yang cukup mendapat perhatian pemirsa tvOne. Karena mulai dari bulan Januari mengabarkan di program tvOne, sehingga masyarakat Indonesia sangat tahu dan ini kami bangga sekali. Dan bagi tvOne ke Bahrain nanti, kami kirim tim khusus untuk meliput dan mengikuti kegiatan fighter disana sehingga masyarakat Indonesia bisa mengetahui informasi terbaru," ucap Reva yang pernah menjabat di Dewan Pers.

 

Melalui teleconference, Presiden IMMAF, Kerrith Brown mengucapkan selamat untuk Timnas Indonesia yang kali pertama mengikuti IMMAF. 

 

"Saya ingin menyampaikan selamat, karena telah berhasil untuk pertama kalinya mengirimkan tim ke Kejuaraan Dunia Amatir MMA yang akan diselenggarakan di Bahrain. Ini suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu kalian. Saya tidak sabar untuk bertemu di Bahrain. Dan saya akan mendoakan yang terbaik untuk kalian dan mengucapkan selamat sekali lagi atas keberhasilan menjadi perwakilan Indonesia yang pertama kali dalam kompetisi ini. Selamat dan kerja yang bagus untuk kalian. Saya tidak sabar untuk menyambut kalian di keluarga IMMAF dan semoga sukses dalam kompetisi ini" kata Kerrith Brown, Presiden IMMAF

Tahun lalu atlet di bawah naungan KOBI yaitu Linda Darrow menerima program Beasiswa UFC®, ia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk dilatih di UFC Performance Institute®, Las Vegas, Nevada. Lewat kegiatan-kegiatan tersebut Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) membuktikan keseriusannya dalam mengembangkan kualitas para atlet MMA di dalam negeri. KOBI berharap para atlet MMA Indonesia dapat menunjukan keterampilan, keindahan, dan sportivitas dalam bertarung ke panggung internasional sekaligus membanggakan bangsa sesuai dengan visi dan misi Komite Olahraga Beladiri Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…