Triwulan III/2019, Industri Tekstil dan Pakaian Jadi Tumbuh Paling Tinggi

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 November 2019 - 08:30 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri tekstil dan pakaian jadi  merupakan sektor manufaktur yang mencatatkan pertumbuhan paling tinggi pada triwulan III tahun 2019 sebesar 15,08 persen. Capaian tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di periode yang sama.

"Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri tekstil dan pakaian sebagai satu dari lima sektor manufaktur yang sedang diprioritaskan pengembangannya terutama dalam kesiapan memasuki era industri 4.0," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta (6/11).

Menperin Agus menegaskan, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional semakin kompetitif di kancah global karena telah memiliki daya saing tinggi. Hal ini didorong lantaran struktur industrinya sudah terintegrasi dari hulu sampai hilir.

"Kinerja gemilang dari industri tesktil karena sejalan dengan tingginya permintaan di pasar domestik, yang tercermin dari peningkatan produksi di sentra produksi tekstil dan pakaian jadi, khususnya wilayah Jawa Barat," ungkapnya.

Agus menuturkan, pihaknya juga proaktif memacu ekspor produk TPT nasional. Sebab, selain sebagai sektor padat karya, industri TPT memiliki orientasi ekspor. Oleh karena itu, beberapa langkah strategis dijalankan, antara lain mendorong perluasan akses pasar serta merestrukturisasi mesin dan peralatan. 

"Jadi, untuk menggenjot daya saing industri TPT, banyak hal yang kami pacu. Misalnya, memudahkan ketersediaan bahan baku dan pasokan energi," sebutnya. 

Selain itu, pemerintah tengah menyelesaikan aturan perlindungan (safeguard). Aturan tersebut, akan diterapkan dengan mengenakan bea masuk pada produk tekstil yang berasal dari luar negeri. Tujuannya untuk menjadi benteng pertahanan dari serbuan impor produk tekstil sehingga dinilai dapat melindungi industri nasional. 

Sebelumnya, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, produksi industri pakaian jadi mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 15,29 persen. Sementara itu, Kementerian Perindustrian menargetkan, ekspor dari industri TPT nasional akan menembus hingga USD15 miliar sepanjang tahun 2019.

Sektor manufaktur lainnya, yang juga mampu melampaui pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2019, di antaranya adalah industri makanan dan minuman tumbuh hingga 8,33 persen. Hal ini didukung oleh peningkatan produksi CPO yang sejalan dengan peningkatan konsumsi domestik CPO untuk memenuhi kebutuhan kebijakan B20.

Selanjutnya, industri kertas, barang dari kertas, percetakan dan reproduksi media rekaman yang tumbuh signifikan sebesar 6,94 persen, sejalan dengan permintaan luar negeri yang tercermin dari peningkatan ekspor. Berikutnya, industri furnitur tumbuh sebesar 6,93 persen karena didukung oleh permintaan luar negeri yang tercermin dari peningkatan ekspor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sabtu, 11 Juli 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI : Strategi Intervensi Berbasis Lokal Perangi Pandemi Covid-19

Sesuai dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo bahwa dalam rangka memerangi pandemi Covid-19, kita harus melaksanakan strategi intervensi berbasis lokal seperti yang telah dilaksanakan Provinsi…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Sabtu, 11 Juli 2020 - 05:30 WIB

Latihan Bersama Bakamla RI - Japan Coast Guard Resmi Ditutup

Latihan Bersama Bakamla RI dengan Japan Coast Guard (JCG) resmi ditutup oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Komandan JCG Admiral Okushima Takahiro, yang dilakukan…

Tingkatkan Perhatian Danyonmarhanlan XII Laksanakan Jam Komandan

Sabtu, 11 Juli 2020 - 05:00 WIB

Tingkatkan Perhatian Danyonmarhanlan XII Laksanakan Jam Komandan

Menyikapi perkembangan situasi dilapangan yang begitu cepat dan dinamis, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla…

Perwira dan Staf Batalyon Infanteri 10 Marinir Gowes Sepeda Tingkatkan Stamina Tubuh

Sabtu, 11 Juli 2020 - 04:30 WIB

Perwira dan Staf Batalyon Infanteri 10 Marinir Gowes Sepeda Tingkatkan Stamina Tubuh

Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY Letkol Mar Alim Firdaus S.H M.Tr.Hanla M.M melaksanakan Gowes bersama Perwira staf dan Anggota. Jumat, 10 Juli 2020

Danpuslatpurmar 3 Grati Pererat Silaturahmi dengan Kapolresta Pasuruan

Sabtu, 11 Juli 2020 - 04:00 WIB

Danpuslatpurmar 3 Grati Pererat Silaturahmi dengan Kapolresta Pasuruan

Kapolresta Pasuruan AKBP Arman, S.I.K, M.H beserta pejabat utama melakukan kunjungan kerja ke Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 3 Grati. Pasuruan, Kamis (10/07/2020).