Tingkatkan Kapabilitas Keamanan Siber, STSN Gelar WRECK-IT

Oleh : Hariyanto | Selasa, 05 November 2019 - 16:06 WIB

STSN Gelar WRECK-IT
STSN Gelar WRECK-IT

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) menggelar kegiatan Wreck Information Technology (WRECK-IT), rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa STSN dan masyarakat umum dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan kemampuan di bidang keamanan siber, diantarnya melalui perlombaan Capture The Flag (CTF), Cyber War Games (CTF), dan Seminar tentang Tren Keamanan Siber oleh para pakar keamanan siber. 

Kegiatan WRECK-IT yang merupakan bentuk kerjasama antara STSN dengan Bank Sinarmas ini, dibuka oleh Ketua STSN, Chrisyanto Noviantoro, S.H., M.H,. 

"WRECK-IT merupakan upaya peningkatan kesadaran keamanan informasi bagi masyarakat, sehingga kejadian yang berdampak negatif pada kenyamanan dan keamanan berinteraksi di dunia maya dapat diminimalisir," kata Ketua STSN, Chrisyanto Noviantoro di Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Peningkatan serangan siber setiap tahunnya menyebabkan negara rentan menjadi korban. Oleh karenanya, lanjut Chrisyanto, dibutuhkan tenaga-tenaga yang handal di bidang keamanan siber. Idealnya, Indonesia memiliki 1,5 juta tenaga ahli keamanan siber untuk mengawal ranah siber secara nasional. 

"Akan tetapi, sampai saat ini SDM di Indonesia masih sangat kurang. Lembaga pendidikan yang menyediakan jurusan keamanan siber juga masih terbatas di beberapa universitas," ungkapnya.

WRECK-IT terdiri dari serangkaian kegiatan, diantaranya Capture The Flag (CTF). CTF merupakan kompetisi di bidang keamanan siber yang diikuti oleh 169 tim yang terdiri dari berbagai komunitas siber, mahasiswa, dan aktifis keamanan siber dari seluruh Indonesia. Tahap awal, CTF dilakukan secara online melalui pemecahan soal-soal tentang keamanan siber. 

Selanjutnya, dipilih 10 tim terbaik untuk mengikuti babak final berupa Cyber War Games, yaitu kompetisi simulasi dalam melakukan serangan dan membobol sistem yang telah disediakan. Selain kegiatan CTF, peserta juga memperoleh edukasi dan literasi oleh berbagai pakar keamanan siber. 

Berbagai narasumber dan pakar di bidang keamanan siber dihadirkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya Anton Setiyawan (Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN), pakar keamanan siber Gildas Deograt Lumy, dan Onno Widodo Purbo.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat berkualitas tinggi di bidang keamanan siber dan sandi negara. 

"Kekhususan STSN sebagai sentra pendidikan keamanan siber dan sandi negara di Indonesia. STSN senantiasa berpartisipasi dalam mencetak generasi-generasi punggawa keamanan siber yang handal, tangguh, dan kompeten untuk mengisi sumber daya manusia yang ditempatkan di seluruh unit kerja di BSSN," kata Ketua STSN.

Kegiatan WRECK-IT merupakan salah satu bentuk pengabdian STSN kepada masyarakat melalui edukasi, literasi, dan kampanye security awareness, serta budaya keamanan siber di era keterbukaan informasi. Dengan adanya kompetisi-kompetisi dan seminar yang digelar, masyarakat akan mengetahui update dan tren dunia siber, serta memperoleh pengetahuan untuk berselancar di dunia siber dengan aman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…