Masduit, Aplikasi Mobile Platform Pertama di Indonesia dengan Transaksi Fisik Mulai dari 0,1 Gram

Oleh : Nina Karlita | Senin, 04 November 2019 - 13:49 WIB

Masduit, Aplikasi Mobile Platform Pertama di Indonesia dengan Transaksi Fisik Mulai dari 0,1 Gram
Masduit, Aplikasi Mobile Platform Pertama di Indonesia dengan Transaksi Fisik Mulai dari 0,1 Gram

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 4 November 2019 –  Bony Hudi selaku CEO dari Masduit dalam keterangannya kepada pers hari ini menjelaskan bahwa Masduit merupakan suatu platform online untuk bertransaksi emas, bukan platform untuk investasi melainkan untuk transaksi emas. Platform transaksi sendiri tidak hanya terbatas melalui aplikasi, namun juga bisa melalui WhatsApp for Business, Instagram dan Agen, dimana keunggulan dari Masduit bahwa semua platform tersebut diintegrasikan dengan kecanggihan teknologi terkini baik dari flow inventory, flow pembayaran dan flow kurs, walaupun dari sisi pengiriman barangnya masih secara manual atau masih menggunakan keagenan. Pada saat launching Masduit bulan September lalu mengenalkan pecahan emas terkecil sebesar 0,1 gram dan channel delivery penjualannya masih melalui aplikasi. Dan mulai bulan Oktober ini, Masduit sudah melebarkan sayapnya dengan membuka keagenan yang berjualan melalui e-commerce yang ada saat ini. Keagenan Masduit sendiri saat ini sudah tersebar di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Medan, Jambi, Surabaya, dan Bandung.

“Strategi kedepan untuk pengembangan saluran pemasarannya melalui social media yaitu Instagram dengan cara edukasi produk, pengenalan produk, dan quiz atau giveaway yang diadakan seminggu sekali. Dalam bulan Oktober 2019 ini, Masduit mengeluarkan produk baru logam mulia dengan pecahan fisik sebesar 0,25 gram dan 0,5 gram, dengan tampilan tematik seperti Indonesia dan bentuknya seperti uang kertas. Pecahan 0,25 gram dengan tampilan tema Jakarta sedangkan yang pecahan 0,5 gram dengan tampilan tema Bali, yang sebelumnya yang sudah keluar pertama kali pada saat launching pecahan 0,1 gram dengan tampilan tema kepulauan Indonesia. Masduit menggunakan tema ini dengan filosofi mengembangkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia,” papar Bony.

Target pemasaran dari Masduit yaitu milenial, baik anak-anak muda jaman sekarang ataupun ibu-ibu muda (millennial mom) untuk memikirkan masa depannya dalam pengelolaan uang, dengan mengubah dari semula gaya hidup konsumtif menjadi gaya hidup menabung. Masduit juga berusaha mengintegrasikan sarana distribusi retail ke dalam digital, yang tujuannya selain meningkatkan penjualan induk perusahaan dari Masduit juga berhasil mengubah gaya hidup konsumtif menjadi menabung atau lindung nilai yang mudah melalui aplikasi. 

“Menjelang akhir tahun 2019 ini, Masduit mempunyai program baru keagenan yaitu Program 100 Agen. 100 Agen ini akan tersebar di seluruh Indonesia yang akan menampung pembelian logam mulia dari Masduit yang tidak melalui aplikasi. Agen itu sendiri syaratnya harus mempunyai toko, baik toko yang ada secara fisik maupun toko digital. Syarat keagenan saat ini masih terbatas untuk toko emas dan agen yang sudah mempunyai good relationship dengan Masduit,” jelas Bony.

Bony juga menjelaskan mengenai fitur layanan terbaru dari Masduit yaitu cara pembayarannya dapat dengan cara COD (Cash On Delivery) ke seluruh Indonesia bekerjasama dengan pihak kurir rekanan Masduit. Fitur layanan yang lain yang dikembangkan yaitu All in One Portal yang dapat diklik langsung melalui Instagram Masduit kemudian akan langsung menuju web yang dituju dengan dua pilihan transaksi pembelian melalui aplikasi (dengan cara download aplikasi Masduit) atau melalui Whatsapp for Business, dengan fitur ini diharapkan Masduit dapat merangkul semua tipe customer yang ada saat ini yang berminat membeli emas di Masduit dan sesuai dengan target sasarannya.

Lebih lanjut Mas Bony menegaskan lagi latar belakangnya munculnya Masduit didasari adanya kebutuhan manusia saat ini ada dua macam yaitu investasi dan menabung. Namun Masduit lebih dominan didasari akan keperluan menabung karena dianggap lebih sustainable dibandingkan dengan investasi dan menabung lebih memberikan rasa aman dikarenakan barang atau fisiknya langsung ada, oleh karena itu munculah ide Masduit dengan mengeluarkan pecahan fisik emas terkecil mulai 0,1 gram sepeti riset yang sudah pernah dilakukan sebelumnya dan ide tersebut berkembang dengan terintegrasinya pemasaran secara digital melalui aplikasi. Masduit merupakan satu-satunya platform mobile di Indonesia yang menyediakan emas fisik dengan pecahan terkecil 0,1 gram. Produk yang ditawarkan oleh Masduit saat ini dalam bentuk koin atau kepingan emas mulai 0,1 gram, 0,25 gram dan 0,5 gram dan kedepannya dalam bentuk bar logam mulia dari 1 gram sampai dengan 10 gram. Bony juga dengan tegas menjamin bahwa saat ini emas yang dijual oleh Masduit dengan pecahan terkecil 0,1 gram adalah satu-satunya emas yang dijual dengan harga termurah di Indonesia karena pembuatan logam mulia di Masduit langsung terintegrasi dengan pabriknya langsung yaitu PT Hartadinata Abadi Tbk, dengan kadar dan kualitasnya tetap emas 24 karat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…