Bagus Sudibya: Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 November 2019 - 05:00 WIB

Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana
Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana

INDUSTRY.co.id - Denpasar-Bali sangat tergantung dari pariwisata untuk itu perlu dikembangkan dengan menggunakan filosofi hidup orang Bali, yaitu Tri Hita Karana. Dan pariwisata yang harus dikembangkan di Bali adalah pariwisata kerakyatan.

Hal itu disampaikan pemilik usaha Agrowisata, Bagus Sudibya ketika menerima kunjungan delegasi Journalist Association of Korea Korea, (JAK) ke Bagus Agro Pelaga, Sabtu, (2/11/2019).

"Pariwisata juga harus memegang filosofi Tri Hita Karana, demi terwujudnya pelestarian alam dan lingkungan," ujar Bagus Sudibya.

Dijelaskan Bagus, Tri Hita Karana berasal dari kata Tri yang berarti tiga. Hita yang berarti kebahagiaan dan Karana yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan.

"Konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan falsafah hidup tangguh. Dimana falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keanekaragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi," imbuh Bagus yang tampak awet muda.

Hakikat ajaran tri hita karana, menurut Bagus, menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia ini. Dimana ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan ke Tuhan yang saling terkait satu sama lain.

Setiap hubungan memiliki pedoman hidup menghargai sesama aspek sekelilingnya. Prinsip pelaksanaannya harus seimbang, selaras antara satu dan lainnya. Apabila keseimbangan tercapai, manusia akan hidup dengan menghindari daripada segala tindakan buruk. Hidupnya akan seimbang, tenteram, dan damai.

Kedatangan delegasi wartawan Korea pimpinan Jung Kyu Sung ke kawasan Agro Bagus Pelaga merupakan tamu dari PWI Pusat dan PWI Bali yang berkunjung ke Bali hingga tanggal 3 November 2019.

Hadir menyertai delegasi wartawan Korea, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra beserta jajarannya, Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN PWI Pusat Bob Iskandar dan Dar Edi Yoga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIG by Indosat Ooredoo dan Audra menghadirkan Internet Sehat

Rabu, 20 November 2019 - 06:00 WIB

GIG by Indosat Ooredoo dan Audra menghadirkan Internet Sehat

Meskipun internet telah memberikan kenyamanan dan kemudahan terhadap hidup kita, namun juga telah menyebabkan ketergantungan dan meningkatnya kecanduan terhadap internet ini di seluruh dunia,…

TPP Sukses Gelar Kompetisi Digital Construction Hack

Rabu, 20 November 2019 - 05:00 WIB

PTPP Sukses Gelar Kompetisi Digital Construction Hack

Usai sukses menyelenggarakan Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 pada 25 September lalu, PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) menggelar acara kompetisi Digital Construction Hack (DCH)…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Rabu, 20 November 2019 - 04:00 WIB

Bamsoet Dorong Perdagangan Produk Indonesia ke Negara Eropa Tenggara dan Timur Balkan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong perlunya Indonesia meningkatkan pasar perdagangan produk Indonesia hingga ke negara-negara di Eropa Tenggara dan Timur Balkan. Hal tersebut…

realme X2 Pro

Selasa, 19 November 2019 - 20:57 WIB

Rasakan Tampilan Terhalus Smartphone Flagship realme X2 Pro dengan Layar 90Hz dan Snapdragon 855+

Smartphone ini membawa standar baru ke dunia perponselan antara lain melalui kamera 64MP, In-display fingerprint, VOOC Flash Charge 3.0, dan desain trendi.

Samsung Memenangkan 46 CES 2020 Innovation Award

Selasa, 19 November 2019 - 20:45 WIB

Sebanyak 46 Inovasi Terbaru Samsung Menangkan CES 2020 Innovation Award

Samsung Electronics, pemimpin teknologi global, baru-baru ini mengumumkan bahwa 46 inovasi produk terbarunya telah mendapat pengakuan sebagai pemenang CES 2020 Innovation Awards, termasuk tiga…