Bagus Sudibya: Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 November 2019 - 05:00 WIB

Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana
Pariwisata Harus Pegang Filosofi Tri Hita Karana

INDUSTRY.co.id - Denpasar-Bali sangat tergantung dari pariwisata untuk itu perlu dikembangkan dengan menggunakan filosofi hidup orang Bali, yaitu Tri Hita Karana. Dan pariwisata yang harus dikembangkan di Bali adalah pariwisata kerakyatan.

Hal itu disampaikan pemilik usaha Agrowisata, Bagus Sudibya ketika menerima kunjungan delegasi Journalist Association of Korea Korea, (JAK) ke Bagus Agro Pelaga, Sabtu, (2/11/2019).

"Pariwisata juga harus memegang filosofi Tri Hita Karana, demi terwujudnya pelestarian alam dan lingkungan," ujar Bagus Sudibya.

Dijelaskan Bagus, Tri Hita Karana berasal dari kata Tri yang berarti tiga. Hita yang berarti kebahagiaan dan Karana yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan.

"Konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan falsafah hidup tangguh. Dimana falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keanekaragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi," imbuh Bagus yang tampak awet muda.

Hakikat ajaran tri hita karana, menurut Bagus, menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia ini. Dimana ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan ke Tuhan yang saling terkait satu sama lain.

Setiap hubungan memiliki pedoman hidup menghargai sesama aspek sekelilingnya. Prinsip pelaksanaannya harus seimbang, selaras antara satu dan lainnya. Apabila keseimbangan tercapai, manusia akan hidup dengan menghindari daripada segala tindakan buruk. Hidupnya akan seimbang, tenteram, dan damai.

Kedatangan delegasi wartawan Korea pimpinan Jung Kyu Sung ke kawasan Agro Bagus Pelaga merupakan tamu dari PWI Pusat dan PWI Bali yang berkunjung ke Bali hingga tanggal 3 November 2019.

Hadir menyertai delegasi wartawan Korea, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra beserta jajarannya, Direktur Konfederasi Wartawan ASEAN PWI Pusat Bob Iskandar dan Dar Edi Yoga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Pertanian di Kampus Binus Alam Sutera Tanggerang Selatan

Selasa, 25 Februari 2020 - 19:37 WIB

Bisnis Agro Peluang Besar Lewat E Commerce

Generasi milenial dari kalangan mahasiswa didorong berbisnis agro, tidak hanya sebagai petani, tetapi bisa dijadikan agro wisata atau memasarkan hasil pertanian.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Farmasi (IKFT) Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam

Selasa, 25 Februari 2020 - 19:30 WIB

Banyak Serap Tenega Kerja, Kemenperin Pacu Pertumbuhan Industri Konverting Ampelas

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan industri unggulan di Tanah Air, salah satunya industri konverting ampelas.

Pelabuhan , ilustrasi bongkar muat barang

Selasa, 25 Februari 2020 - 19:05 WIB

Dubai Port Tertarik Kembangkan Pelabuhan Baru Ambon

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang mengatakan Dubai Port tertarik melakukan kerja sama dengan pihaknya untuk mengembangkan Ambon New Port yang didesain dengan konsep…

Kerjasama antara BGR Logistics dengan PT Garam

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:37 WIB

Jalin Kemitraan, BGR Logistics Akan Distribusikan Produk Garam Milik PT Garam

Pada kerjasama ini BGR Logistics akan melakukan kegiatan supporting, seperti distribusi ke berbagai wilayah di Indonesia dan pergudangan akan kami kerjasamakan dengan BGR Logistics.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:27 WIB

Menteri Basuki: Tanpa Pengendalian ODOL Indonesia Kesulitan Jaga Kemantapan Jalan

Praktik ODOL dinilai sangat merugikan operator jalan tol dan meningkatkan risiko kecelakaan, serta inefisiensi akibat kondisi jalan rusak yang ditimbulkan. Kerusakan jalan akibat ODOL juga memicu…