Calon Ketua Umum Dekopin Minta Restu Menkop dan UKM Teten Masduki

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Calon Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Fadel Muhammad meminta restu dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Rabu (29/10/2019)

Tujuannya, agar mendapatkan dukungan untuk mengikuti Munas Dekopin yang bakal digelar pada 11-14 November 2019 di Makassar. Fadel Muhammad yang juga menjabat sebagi Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 memastikan keikutsertaannya di Munas Dekopin dan bursa pencalonan Ketua Umum bertujuan untuk meningkatkan kinerja Dekopin yang lebih baik sebagai mitra kerja dengan Kemenkop dan UKM.

“Kemarin teman-teman dari Dekopinda menginginkan saya menjadi Ketua Umum Dekopin. Tapi saya katakan tunggu dulu. Saya belum mengatakan iya sebelum mendapat restu dari pak Menteri. Tadi dari pertemuan pak Menteri juga butuh mitra kerja yang bisa bersinergi dengan Kementerian,” kata Fadel Muhammad saat ditemui di Kemenkop dan UKM.

Lanjutnya, dari hasil pertemuan tadi dikatakan Kemenkop dan UKM butuh mitra kerja, Menkeu juga sudah bicara, Mentan juga sudah minta bagaimana supaya Dekopin kedepan bisa lebih baik.

Koperasi ujarnya harus mampu beradaptasi dengan bisnis kekinian dengan membangun bisnis menggunakan kaidah ekonomi perusahaan, berbasis teknologi dan ilmu pengetahuan, market orientation, serta menggunakan prinsip manajemen modern berbasis pada transparansi, efektif, efesien dan akuntabilistas.

 

“Kita bisa memanfaatkan induk-induk koperasi primer seperti koperasi Astra, perusahaan Telkom mereka itu kan orang-orangnya bagus, maka kita minta mereka membantu koperasi,” pintanya. Kedepannya, untuk bersaing dengan bisnis startup koperasi mahasiswa perlu didorong dan digalakkan kembali. 

 

“Saya ini pendiri Kopma di beberapa perguruan tinggi, termasuk di ITB. Banyak sekali Kopma-kopma yang bagus, terlebih yang bergabung saat ini alumni dan mahasiswa. Mereka orang-orang pintar yang mampu menciptakan inovasi baru,” sebutnya.

Fadel sendiri sebenarnya bukan wajah baru di dunia koperasi karena sebelumnya pria yang mengenyam pendidikan di Teknik Fisika ITB ini pernah mendirikan koperasi Bukaka. Koperasi DKI dan Ketua Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar) untuk peridoe 2018-2022.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.