Mahasiswa Akuntansi Seluruh Indonesia Peringati Hari Akuntan Muda Indonesia di ICAEW FCAE

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Oktober 2019 - 17:49 WIB

Mahasiswa Akuntansi Seluruh Indonesia Peringati Hari Akuntan Muda Indonesia
Mahasiswa Akuntansi Seluruh Indonesia Peringati Hari Akuntan Muda Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ICAEW (Institute of Chartered Accountants in England and Wales) mengadakan acara Future Chartered Accountants Event (FCAE) kedua pada hari Sabtu, 26 Oktober di Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Jakarta, yang bertujuan untuk mempertemukan para pemimpin masa depan dari profesi akuntansi dan membangun komunitas akuntansi yang lebih besar di Indonesia.

Sebanyak 350 mahasiswa akuntansi dari 40 universitas di Indonesia menghadiri FCAE dan memperingati Hari Akuntan Muda Indonesia, yang pertama kali diumumkan tahun lalu, di majelis FCAE perdana.
 
Acara ini diselenggarakan oleh ICAEW Indonesia Student Community, sebuah organisasi yang dibimbing oleh ICAEW untuk membantu meningkatkan keterampilan akuntansi dan pengembangan karir.

Sorotan utama dari acara ini adalah pertemuan para mahasiswa serta anggota dari profesional akuntansi yang mengucapkan “Ikrar Mahasiswa Akuntansi Indonesia” untuk menyatakan komitmen mereka dalam menjalankan peran dan tugas secara profesional dan etis sebagai peringatan Hari Akuntan Muda Indonesia.

Andi Putra, Senior Business Development Executive, ICAEW Indonesia mengatakan, mahasiswa harus mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia profesional. Memiliki ICAEW Certificates in Finance, Accounting, and Business (ICAEW CFAB) akan membuka pintu dan menunjukkan arah menuju masa depan yang cerah dalam profesi akuntansi dan keuangan bagi mahasiswa.

"ICAEW berkomitmen untuk melatih dan membina mahasiswa Indonesia guna membantu mereka meningkatkan kompetensi, serta membekali mereka dengan keterampilan untuk berkarir yang akan mendukung pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi yang cepat di Indonesia," kata Andi di Jakarta, Senin (28/10/2019).
                                                        
Dr. Melitina Tecoalu, S.E., M.M., CFP, Dekan FEB UKRIDA mengatakan, profesi akuntansi memegang peran penting dalam pembangunan ekonomi dan tidak akan terdisrupsi.  "Namun hal ini juga harus diimbangi oleh pengembangan kualifikasi bidang akuntansi, agar tidak hanya sebatas klerikal. Deklarasi Hari Akuntan Muda Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan semangat profesional akuntan muda – baik mahasiswa maupun lulusan – untuk mengejar prestasi tinggi demi peningkatan mutu SDM Indonesia," ungkapnya.
 
Seremoni penyerahan penghargaan diselenggarakan selama FCAE untuk menobatkan mahasiswa berprestasi tinggi di tiga kompetisi yang dilakukan sebelum acara, seperti menulis esai seputar tema utama acara.  Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa paling berprestasi di beberapa kategori.
 
FCAE terbuka bagi semua mahasiswa akuntansi di seluruh Indonesia untuk menyerahkan esai mereka dalam kompetisi ini. Tujuannya adalah untuk menantang mereka menyelesaikan masalah yang berdampak pada profesi akuntansi.

Pemenang kompetisi ini adalah Tim Milky Way, Universitas Gadjah Mada dan di posisi kedua adalah Tim Manata, Universitas Tarumanagara. Keduanya akan menerima hadiah uang tunai dan beasiswa CFAB.  Selain itu, pemenang pertama juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi diskusi panel.
 
Pada seremoni penyerahaan penghargaan, Rickfan Wijaya, Universitas Gadjah Mada diakui sebagai Mahasiswa Akuntansi terbaik, sementara Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Atma Jaya dinobatkan sebagai  Himpunan Mahasiswa Akuntansi Terbaik.
 
Dalam acara tersebut, sebanyak 52 mahasiswa dari Trisakti School of Management, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, dan Binus University menerima sertifikat ICAEW CFAB karena lulus ujian  modul Akuntansi ICAEW CFAB dengan nilai yang memuaskan.

Nilai ujian tertinggi diraih oleh Alvin dari Universitas Indonesia dengan nilai 97, diikuti oleh Cristi dari Trisakti School of Management dengan nilai 95, dan Kenny Wiyarta Tionatan dari Universitas Indonesia dengan nilai 92. ICAEW CFAB merupakan sertifikat yang diakui secara internasional, mengajarkan pengetahuan penting dalam bisnis, keuangan, dan akuntansi, serta sangat dihargai oleh organisasi di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…