Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan di Tengah Hutan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Oktober 2019 - 03:13 WIB

Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan di Tengah Hutan
Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Bantu Proses Persalinan di Tengah Hutan

INDUSTRY.co.id - Merauke- Kejadian penuh haru dilakukan oleh anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang berada di Pos Yakyu saat membantu persalinan seorang warga di tengah hutan, yang berjarak ±700 meter dari RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Merauke, Papua, Kamis (24/10/2019).

Dijelaskan Dansatgas bahwa kejadian tersebut bermula pada Rabu pagi (23/10/2019), saat Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi menerima laporan dari Bapak Nakti Mbanggu bahwa anak perempuannya yang bernama Deliana mengalami kontraksi saat hendak mengambil kumbili di hutan dan segera membutuhkan pertolongan karena akan melahirkan.

“Saat berkordinasi, Letda Inf Komang meminta supaya Deliana di evak ke Pos Yakyu. Namun, pihak keluarga menolaknya karena sesuai hukum adat saat persalinan harus berada di hutan selama satu minggu,” tambahnya.

Atas hal tersebut, selanjutnya Danpos memerintahkan Sertu Holvan Arif bersama tiga anggota untuk segera menuju ke hutan agar dapat memberikan bantuan persalinan.

 

Beruntung, saat sampai di lokasi sang Ibu segera mendapat pertolongan dari Takes Pos, Pratu Suparyadi dan Pratu Teguh Utomo. “Akhirnya melalui proses yang dramatis berhasil melahirkan seorang anak laki-laki dengan proses persalinan berjalan lancar dan kondisi keduanya (ibu dan bayi) dalam keadaan sehat dan selamat,” ungkap Mayor Inf Rizky Aditya.

Lebih lanjut Dansatgas menuturkan bahwa setelah melahirkan pihak keluarga sepakat memberi nama sang bayi Rudy Marcelo Darma Putra Maywa, yang merupakan gabungan Lambang Kostrad dan salah satu marga di Suku Kanum. “Sebagai bentuk perhatian, Pos Yakyu memberikan bantuan berupa susu kaleng, biskuit, kelambu lapangan, selimut dan beras,” ucapnya.

“Apa yang dilakukan Satgas merupakan implementasi dari komitmen kami sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan dan dapat hadir memberikan bantuan bagi warga yang membutuhkan,” tegas Dansatgas.

Nakti Mbanggu kakek dari sang bayi menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandwa Kostrad yang telah membantu persalinan putrinya. “Kami semua berharap Marcelo Dharma Putra dapat menjadi berkat bagi orang lain dan kelak menjadi seorang Prajurit TNI seperti bapak-bapak yang membantu kelahirannya,” katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…