Kabinet Indonesia Maju, Pentingnya Mendorong Investasi Swasta untuk Menopang Perekonomian

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:00 WIB

Widodo Setiadi Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara (KCN
Widodo Setiadi Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara (KCN

INDUSTRY.co.id - Jakarta—Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin telah mengumumkan susunan menteri barunya yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019 – 2024. Dalam pidatonya presiden menegaskan seluruh menteri yang telah ditunjuk harus mampu bekerja dengan cepat, produktif dan inovatif, bagi yang tidak memenuhi standar ini, tidak akan berumur panjang dalam pemerintahan.

Tidak banyak nomenklatur yang berubah, namun untuk program yang menjadi prioritas pemerintah ada beberapa kementerian yang diperkuat seperti Kementerian koordinator bidang Maritim dan Investasi yang dipimpin oleh Luhut B. Panjaitan, yang mendapat tambahan tugas dibidang investasi, serta hadirnya Menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang dipimpin oleh Muhadjir Effendy, dalam pemerintahan sebelumnya tidak ada.

Kedua kementerian koordinator ini memang memegang peran penting untuk bisa mewujudkan prioritas kerja pemerintah yang tertuang dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, penguatan kualitas sumber daya manusia dengan memperkuat sistem pendidikan serta melanjutkan pembangunan infrastruktur yang tidak hanya mengandalkan anggaran pemerintah, namun mendorong masuknya investasi swasta sehingga sinergi antara BUMN dan swasta mampu diwujudkan.

Kementerian koordinator maritim juga memegang peranan penting karena membawahi kementerian perhubungan yang berhubungan dengan pelaksanaan beberapa proyek infrastruktur. Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economic (CORE) Piter Abdullah, setelah dalam lima tahun terakhir pemerintah membangun berbagai infrastruktur, kedepan perlu ada strategi nasional untuk bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi berbagai infrastruktur yang telah dibangun tersebut.

‘’Kedepan PR utama kemenhub adalah memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk meningkatkan konektivitas dan menurunkan biaya logistic sehingga berpengaruh untuk meningkatkan daya saing Indonesia,’’ papar Piter. Pembenahan birokrasi dan memperbaiki mental aparatur sipil negara (ASN) yang ada di kemenhub juga sangat penting untuk segera dilakukan untuk menghadirkan pemerintah yang bersih dan bekerja untuk rakyat, tegasnya.

Dalam RAPBN 2020, beberapa target output strategis bidang infrastruktur antara lain pembangunan jalan baru sepanjang 837 km, pembangunan jembatan baru sepanjang 6.883 m, melanjutkan pembangunan 49 bendungan, pembangunan 5.224 unit rumah susun, pembangunan jalur kereta api sepanjang 238,8 km’sp, pembangunan pelabuhan penyeberangan (lanjutan) sebanyak 13 lokasi, dan pembangunan 3 bandara baru.

Mendorong masuknya investasi baik swasta lokal maupun asing, menjadi pilar utama bagi mendorong pertumbuhan ekonomi dan bagi keberlanjutan pembangunan infrastruktur kedepan, selain mengandalkan konsumsi domestik. Kinerja ekspor diperkirakan belum akan optimal ditengah perang dagang antara US dan Cina yang masih berkepanjangan. Tak heran bila kementerian koordinator maritim dan investasi akan memiliki peran yang strategis.

 

 

 

 

‘’Sebagai kementerian koordinasi perlu melihat implementasi kementerian dibawahnya, khususnya upaya menciptakan sinergi dengan swasta, perlu melakukan mapping terhadap kinerja selama 5 tahun terakhir ini, keberlanjutan kebijakan yang telah berjalan serta perlunya mengkaji kembali kerja sama dengan pelaku di sektor swasta,’’ ungkap Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi.

‘’Kami sangat berharap untuk berbagai program yang sudah berjalan baik tetap dilanjutkan karena mengganti dengan program baru pastilah berdampak pada investasi yang sudah disepakati pada periode sebelumnya, apalagi terkait pembangunan infrastruktur yang sifatnya lebih jangka menengah – panjang, bila ditengah jalan berubah pastinya akan berpengaruh pada modal investasi yang sudah dikeluarkan oleh investor,’’ tambah Widodo

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…