Sertijab Menko Polhukam Wiranto kepada Mahfud MD

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Oktober 2019 - 07:28 WIB

Sertijab Menko Polhukam Wiranto kepada Mahfud MD
Sertijab Menko Polhukam Wiranto kepada Mahfud MD

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto melaksanakan serah terima jabatan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang baru Prof. Dr. Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam. Sertijab tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai yang ada di Kemenko Polhukam.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam Wiranto menyampaikan ucapan selamat datang di keluarga besar Kemenko Polhukam kepada Menko Polhukam yang baru Mahfud MD. Dikatakan, selama penugasannya, cukup banyak para pejabat dan staf di Kemenko Polhukam menyelesaikan kasus 212, 411, penyaderaan di Mako Brimob, peristiwa 21-22 Mei, dan sebagainya.

“Artinya kerjasama antara Kementerian dan Lembaga di bawah Kemenko Polhukam cukup baik,” ujar Menko Polhukam Wiranto, Rabu (23/10/2019).

Wiranto mengatakan, sudah cukup lama negeri ini diramaikan dengan trending topik, dengan isu yang luar biasa. Isu pertama, penusukan Menko Polhukam kemudian disambung lagi dengan isu tentang kabinet kerja jilid ke dua.

“Kalau saya baca di medsos itu kok banyak banget, siapa yang bikin. Tapi alhamdulillah semuanya hari ini terjawab, khusus mengenai teka teki siapa yang menjadi Menko Polhukam, ternyata sekarang terjawab. Jawabannya disamping kanan saya, beliau namanya Prof. Dr. Mahfud MD. Reputasinya kita sudah tahu semua, karir beliau luar biasa, banyak sekali yang telah beliau duduki selama beliau menjabat sebagai abdi negara, bahkan pernah juga menggantikan saya jadi Menhan dan sekarang sebagai Menko Polhukam. Saya yakin dengan reputasi, pengalaman, pengetahuan beliau, Kemenko Polhukam akan lebih maju lagi,” kata Wiranto.

Khusus kepada keluarga besar Kemenko Polhukam, Wiranto menyampaikan bahwa Mahfud MD bukan orang lain. “Maka apa yang telah saudara sampaikan ke saya, bantu ke saya, kerja samanya, keikhlasannya, kesungguhannya saya harapkan diteruskan kepada Pak Mahfud untuk bisa meringankan kerja beliau yang cukup rumit,” kata Wiranto.

“Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan beliau maka harapan pak Jokowi 5 tahun ini pemerintah lebih stabil, lebih baik, lebih maju, saya kira akan terwujud. Karena kalau stabilitas politik, hukum, keamanan terjaga dengan baik maka akan menjamin tumbuh ekonomi nasional. Karena itu saudara harus percaya bahwa ini adalah tugas negara,” sambungnya.

Sementara itu, Menko Polhukam yang baru Mahfud MD mengungkapkan rasa harusnya karena bisa langsung melakukan serah terima dengan Pak Wiranto sebagai Menko Polhukam. Dikatakan, sebenarnya ia ingan agar mengatur teknis serah terima karena kondisi Pak Wiranto yang sedang kurang sehat/dirawat.

“Saya sudah dua kali mengganti posisinya Pak Wiranto, dulu saya jadi Menhan. Selalu ada kesan yang sangat baik, di mana Pak Wiranto bekerja. Dulu saya di Menhan ceritanya orang-orang di sana terkesan pada Pak Wiranto, sangat mengayomi, sangat dekat, bahkan selalu saya ceritakan di Kemenhan. Ada masjid besar yang bangun Pak Wiranto namanya At Taqwa. Ketika saya pertama ke sana, saya mau solat dan saya bertanya, kemana saya harus solat? Apa harus ke Istiqlal? Tidak pak, di sana ada masjid besar, Pak Wiranto yang buat, besar, bagus, agar orang beribadah tidak usah susah-susah. Itu yang saya alami,” kata Mahfud MD.

Kemudian juga bekal-bekal persoalan jelas, menurut Mahfud, tidak sampai 1 jam ia bicara dengan Wiranto tapi dapat banyak hal yang menjadi persis apa yang dipesankan atau diinginkan Presiden Jokowi.

“Apa yang harus saya lakukan sebagai Menko Polhukam. Tadi deradikalisasi, hak asasi, penegakan hukum, dan sebagainya. Masalah pelanggaran HAM yang selalu jadi masalah sampai apa yang dilakukan dan sekarang sudah sampai pada tahap-tahap tertentu yang tentu akan saya lanjutkan untuk itu,” kata Mahfud.

Mahfud bercerita mengenai pesan yang disampaikan mantan Kepala BIN, Hendro Priyono. Dikatakan bahwa Hendropriyono saya sangat bangga karena dirinya merupakan orang sipil murni pertama yang menjadi Menko Polhukam dalam sejarah RI.

“Saya baru tahu tadi malam. Alhamdulillah saya sudah punya bekal menjadi Menhan, kemudian banyak belajar mengajar dan dulu waktu jaman orba, saya adalah mahasiswa dan dosen muda, takut sama tentara. Ada beberapa tentara yang saya kagumi, pada waktu itu saya terus terang yaitu Pak Wiranto, Pak SBY, Pak Sudrajat, Pak Sarwan Hamid, Jenderal yang pintar-pintar. Gambaran orang di jaman Orba, tentara itu kasar tapi Pak Wiranto itu orangnya pintar ketika beliau Menko, Pak SBY juga, Pak Sudarajat juga, yang saya lihat Pak Sarwan Hamid juga, demokratis. Sekarang oleh Tuhan, Allah SWT saya menggantikan pak Wiranto selama dua kali, dan saya membenarkan pendapat saya bahwa Pak Wiranto bukan orang yang sembarangan, ilmunya banyak, kebijaksanaannya juga banyak, karirnya maju. Tentu karena Bu Wiranto juga yang mendampingi dengan baik,” kata Mahfud MD.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…