Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Oktober 2019 - 10:00 WIB

Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok
Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

INDUSTRY.co.id - Sentul-Personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-N Unifil yang saat ini sedang melaksanakan Pre Deployment Training (PDT) di daerah latihan PMPP TNI, Sentul, Bogor, dalam dua hari terakhir melaksanakan latihan menembak senjata kelompok di lapangan tembak Kodam Jaya, Ciampea Kabupaten Bogor, Senin-Selasa (21-22/10/2019).

Disela-sela latihan, Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Lebanon, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo S.Sos M.I.Pol (Akmil 2001) mengungkapkan bahwa latihan ini bertujuan untuk memelihara kemampuan personel Bintara dan Tamtama yang memiliki kualifikasi penembak senjata kelompok.

“Latihan menembak senjata kelompok ini dilaksanakan guna memelihara dan meningkatkan kemampuan para personel yang akan melaksanakan misi pasukan perdamaian dalam menggunakan beberapa jenis senjata kelompok antara lain senjata Sniper, SMB, Menembak Senjata Kendaraan Tempur Anoa, SMR, SMS dan Minimi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa latihan tersebut selalu digelar secara rutin pada saat PDT berlangsung, agar setiap personel yang akan berangkat ke daerah misi semakin mahir dan terampil dalam menggunakan senjata kelompok. “Sebagai prajurit yang memiliki kualifikasi senjata kelompok, penggunaan senjata ini harus terus dilatihkan, sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya para prajurit sudah mampu menggunakan senjata ini dengan baik dan benar,” ujarnya.

Sebelum melaksanakan latihan menembak senjata kelompok, seluruh personel terlebih dahulu disegarkan kembali dengan materi tentang tata cara menembak sesuai dengan prosedur yang ada sehingga pada  pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Selama latihan, faktor keselamatan dan keamanan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh seluruh penembak. Tidak boleh ada yang bermain-main selama latihan. Semua peserta latihan harus mengikuti arahan pelatih yang telah ditunjuk secara ketat oleh Kolat (Komando Latihan),” tegasnya.

Kegiatan menembak senjata kelompok yang dilaksanakan oleh ratusan personel Bintara dan Tamtama tersebut, dilakukan dengan beberapa sikap salah satunya yaitu sikap tiarap, dengan jarak tembak 100 meter.

“Hasil penilaian yang dilaksanakan oleh pelatih selama dua hari, menunjukkan peningkatan kemampuan yang signifikan karena hampir seluruh  personel yang terlibat mendapatkan nilai menembak lebih dari yang dipersyaratkan. Hasil yang dicapai ini merupakan salah satu bukti bahwa Satgas Yonmek XXIII-N Unifil telah siap untuk dikirim ke daerah misi PBB di wilayah Lebanon Selatan,” pungkasnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…