Perangi Stunting, Herbalife Nutrition Foundation Bantu Sanitasi di Wilayah Mauk

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:23 WIB

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi dan National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin di Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi dan National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Herbalife Nutrition Indonesia melalui Herbalife Nutrition Foundation (HNF) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Yayasan Habitat for Humanity untuk pembangunan fasilitas sanitasi sehat sekaligus edukasi kesehatan yang menargetkan kurang lebih 800 penduduk sebagai penerima manfaat di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi dan National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

“Kerjasama ini dilakukan sebagai kontribusi kami terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi permasalahan kesehatan khususnya permasalahan stunting pada anak sebagai akibat minimnya fasilitas sanitasi dan MCK khususya di  wilayah Mauk, Kabupaten Tangerang. Program ini akan dimulai pada bulan November 2019 dan berakhir pada bulan Oktober 2020,” ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi.

Melalui kemitraan dengan Habitat For Humanity Indonesia, HNF telah memberikan hibah keuangan sebesar USD 100.000 (Rp1,4 Miliar) untuk program yang dilaksanakan di Kecamatan Mauk sebagai pilot project dengan membangun antara lain 15 personal toilet untuk 15 keluarga, satu unit fasilitas air bersih yang akan dipergunakan 75 keluarga, 4 toilet umum untuk 60 keluarga, satu unit toilet sekolah dan edukasi pelatihan mencuci sehat bagi 200 masyarakat. Adapun untuk jangka waktu pengerjaan program akan dilaksanakan dengan hingga 12 bulan ke depan.

Merujuk pada data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, prevalensi stunting tumbuh hingga mencapai 40 persen pada anak umur 2 tahun. Peningkatan tersebut disebabkan salah satunya oleh perilaku kurang sehat seperti kebiasaan buang air besar (BAB) tidak pada tempatnya yang berakibat pada terkontaminasinya air yang kemudian dikonsumsi oleh anak-anak dan masyarakat.

“Hingga saat ini 2.934 anak-anak di Tangerang alami malnutrisi, khususnya Kecamatan Mauk sebagai salah satu wilayah layanan Habitat for Humanity Indonesia. Tidak hanya malnutrsi, per 2019, terdapat 2.796 keluarga yang tinggal di Kecamatan Mauk tidak memiliki toilet ataupun sanitasi yang layak. Dan kondisi ini memerlukan tindakan segera,” ungkap National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin.

Open defecation free masih menjadi salah satu prioritas yang terus disuarakan oleh Habitat for Humanity Indonesia dengan didukung oleh berbagai pihak, salah satunya mitra Herbalife Nutrition Indonesia yang merupakan perusahaan produk nutrisi dan kesehatan.

Untuk memperkuat komitmen dan kontribusi dalam memerangi permasalahan nutrisi dan kesehatan masyarakat, Herbalife Nutrition, baru-baru ini juga meluncurkan sebuah inisiatif global bertajuk “Nutrition for Zero Hunger”. Inisiatif ini sejalan dengan Program Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu Sustainable Development Goals yang mendorong banyak pihak di dunia untuk turut serta berperan dalam memerangi kelaparan dengan segala bentuknya serta memberikan solusi atas isu ketahanan pangan dan gizi dunia.

Dengan program “Nutrition for Zero Hunger” ini, perusahaan akan menjalankan beberapa program antara lain:

  • Menjalin kemitraan dengan berbagai organisasi untuk mengatasi permasalahan kelaparan, ketahanan pangan dan gizi buruk,
  • Menyalurkan bantuan berupa makanan bergizi dan produk bernutrisi kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Melibatkan semua sumber daya untuk melakukan edukasi terkait gizi dan nutrisi.
  • Melakukan edukasi global terpadu akan pentingnya menjaga kesehatan dan kecukupan nutrisi dan gizi.

“Kami akan terus menjaga komitmen ini, karena kami percaya nutrisi yang sehat akan berdampak positif pada kehidupan manusia. Kami akan terus mendukung masyarakat di seluruh dunia yang membutuhkan dengan apa yang menjadi keahlian kami,” tutup Andam Dewi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…