Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua
Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

INDUSTRY.co.id - Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian Aqua terhadap masyarakat sekitar.

Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abyansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali menjadi salah satu tempat binaan Aqua. Desa ini sangat unik mirip zaman kerajaan. Semua rumah di desa terdapat Pura tempat ibadah masyarakat Bali yang Hindu. Satu Komplek terdapat beberapa rumah yang diisi satu keluarga atau lebih.

Untuk memasak, di desa ini terdapat 41 rumah yang memanfaatkan biogas sebagai sumber bahan bakar untuk memasak di dapur.

Wayan Suwija, Koordinator Program Biogas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bongkasa Pertiwi, menjelaskan pembangunan biogas membutuhkan biaya Rp11 juta. Biaya tersebut ditanggung reteng oleh berbagai pihak.

"BUMDes mengucurkan dana tanpa bunga ke 41 pemilik saat mereka hendak membangun infrastrukturnya. Aqua dan Rumah Energi juga terlibat urun membangun sarana biogas," katanya di Bali akhir pekan lalu.

Biogas yang dimanfaatkan masyarakat ini, mampu menggantikan gas elpiji yang tiga kg. Penghematannya selama kurun satu bulan sekitar Rp80 ribu hingga Rp120 ribu. Ia katakan, pasokan biogas berasal dari kotoran hewan ternak. Untuk satu kali masak, dibutuhkan beberapa kg kotoran hewan ternak. Malam, biasanya dipergunakan untuk memaso kotoran ke mixer dan diaduk hingga menjadi bubur.

"Saat menjadi bubur kotoran masuk ke digister dari situ setelah 2 jam berlalu, gas akan naik dan dapat dipergunakan untuk memasak," katanya.

Selain itu, Wayan memperlihatkan sawah organik. Biarpun jumlah berat berkurang namun berat per biji beras lebih berat. Hal itu dimaklumi karena ini proses peralihan lahan sawah yang semula menggunakan pupuk kimia menjadi alami dari kotoran hewan ternak.

"Untuk menjaga produksi padi maksimal, ditanamkanlah tanaman pencegah hama memakan padi. Juga semacam mica yang dilumuri lem tikus agar pemangsa padi mendekat dan nempel," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luanada, Generasi Milenial yang ikut meramaikan Konser lagu -lagu 80-90an Hip Hip Hura Hura di Balai Sarbini 6 Desember mendatang (Foto: Amz)

Kamis, 14 November 2019 - 10:04 WIB

Luanada Meski Milenial Tapi Menyukai Lagu-lagu 80-90an Untuk Asah Kemampuan

Salah satu penyanyi yang ikut meramaikan Konser ‘Hip Hip Hura Hura’ yang khusus menyanyian lagu-lagu 80’s-90’s’ pada 6 Desember 2019 mendatang adalah Luanada. Nama ini memang terdengar…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kamis, 14 November 2019 - 10:02 WIB

Kemenperin Pastikan Penurunan Bunga KUR Bakal Dongkrak Produksi IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik penurunan bunga kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini dinilai akan meningkatkan kapasitas produksi industri kecil dan menengah (IKM).

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kamis, 14 November 2019 - 10:00 WIB

Cegah Karhutla, Pemegang Konsesi Harus Dibebani Tanggung Jawab

Pemegang konsesi wajib dibebani tanggung jawab atas setiap peristiwa yang terjadi di area konsesi hutan dan lahan yang dikuasainya. Cara pencegahan ini dinilai efektif dan tidak membutuhkan…

Tri Handoko Seto, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca- BPPT

Kamis, 14 November 2019 - 09:55 WIB

BPPT Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca di Das Brantas Jawa Timur.

Malang- Jawa Timur mulai terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), di daerah aliran Sungai Brantas Hulu untuk pengisian waduk Ir Sutami.

Pam Unras Korps Marinir Berhail Seleaikan Tugas di Papua

Kamis, 14 November 2019 - 09:45 WIB

Pam Unras Korps Marinir Berhasil Selesaikan Tugas di Papua

Wakil Komandan (Wadan) Pasmar 1 Kolonel Marinir Muhammad Nadir mewakili Komandan Pasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han)., menyambut kedatangan personel Satgas Pam Papua…