Dukung Program Prioritas Jokowi-Amin, Bos Jababeka Siap Datangkan Investor Asing di Sektor SDM

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Oktober 2019 - 08:10 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono
Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha Setyono Djuandi Darmono (SD Darmono) siap mendukung program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), yang menjadi prioritas utama pada kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 

Dukungan yang akan diberikan oleh Pendiri Jababeka Group tersebut ialah dengan mendatangkan investor asing di sektor SDM.

"Mendatangkan investor dari luar negeri untuk siap mendidik SDM kita menjadi terampil," kata Darmono di Jakarta (20/10) malam.

Mendatangkan investor asing di sektor SDM penting dilakukan. Pasalnya, perguruan tinggi sebagai salah satu pencetak SDM di Indonesia, selama ini lebih menerapkan sistem pembelajaran teori daripada praktek.

"Kita ada 4.000 universitas lebih, terbanyak di dunia. Belajar teori terus, prakteknya dimana? Ibaratnya terus belajar ilmu berenang sampai S3, tetapi tidak punya banyak kolam renang apa bisa berenang," tuturnya.

Pengusaha berusia 70 tahun itu menyampaikan, Jababeka selama 30 tahun mendidik lebih dari 1 juta karyawan yang menjadi terampil. Banyak dari mereka sudah mendirikan pabrik, menjadi UKM maupun UMKM yang menyuplai spare part ke sejumlah pabrik multinasional seperti Toyota. 

Tak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga ekspor ke jaringan industri otomotif di seluruh dunia tersebut.

"Inilah namanya pendidikan SDM yang riil, bukan hanya teori. Pendidikan yang paling penting adalah praktek praktek praktek," tegasnya.

"Dan tempat prakteknya adalah di perusahaan besar yang memiliki mesin lengkap dan pelatih-pelatih yang berpengalaman. Bukan profesor yang hanya tahu teori tapi tidak pernah praktek, pegang mesin, lihat pun belum," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 09 April 2020 - 15:12 WIB

Berdesakan di Lapas Rentan Covid-19, Jokowi: Negara Lain Juga Sama, Iran Bebaskan 95 Ribu Napi, Brazil 34 Ribu Napi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki wacana untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 mengenai Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan,…

CIMB Niaga - foto IST

Kamis, 09 April 2020 - 15:00 WIB

Dorong Transaksi Non-Tunai, CIMB Niaga Berikan Promo Top-Up GoPay

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendorong nasabah untuk melakukan transaksi non-tunai dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menghadirkan…

Hari Belanja Brand Lokal

Kamis, 09 April 2020 - 14:58 WIB

Diikuti 1000 Brand Lokal, Hari Belanja Brand Lokal Akan Digelar Secara Online pada April 2020

Festival belanja online brand lokal pertama di Indonesia akan diselenggarakan pada 25-27 April 2020 melalui berbagai kanal online. Rencananya, Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh…

Kementerian PUPR Siapkan Tambahan 3 Tower Wisma Atlet Guna Tampung Pasien Covid-19

Kamis, 09 April 2020 - 14:50 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Tambahan 3 Tower Wisma Atlet Guna Tampung Pasien Covid-19

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan kembali mempersiapkan tambahan sebanyak tiga tower tambahan di Wisma Atlet Kemayoran guna penanganan…

Humanity Food Van ACT Luaskan Pendistribusian Makanan Saat Pandemi Corona

Kamis, 09 April 2020 - 14:45 WIB

Humanity Food Van ACT Luaskan Pendistribusian Makanan Saat Pandemi Corona

Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan program varian dari Operasi Makan Gratis, yaitu Humanity Food Van dari Humanity Central Kitchen. Program ini diluncurkan di Sentul, Bogor, Jawa Barat…