Dukung Program Prioritas Jokowi-Amin, Bos Jababeka Siap Datangkan Investor Asing di Sektor SDM

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Oktober 2019 - 08:10 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono
Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha Setyono Djuandi Darmono (SD Darmono) siap mendukung program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), yang menjadi prioritas utama pada kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. 

Dukungan yang akan diberikan oleh Pendiri Jababeka Group tersebut ialah dengan mendatangkan investor asing di sektor SDM.

"Mendatangkan investor dari luar negeri untuk siap mendidik SDM kita menjadi terampil," kata Darmono di Jakarta (20/10) malam.

Mendatangkan investor asing di sektor SDM penting dilakukan. Pasalnya, perguruan tinggi sebagai salah satu pencetak SDM di Indonesia, selama ini lebih menerapkan sistem pembelajaran teori daripada praktek.

"Kita ada 4.000 universitas lebih, terbanyak di dunia. Belajar teori terus, prakteknya dimana? Ibaratnya terus belajar ilmu berenang sampai S3, tetapi tidak punya banyak kolam renang apa bisa berenang," tuturnya.

Pengusaha berusia 70 tahun itu menyampaikan, Jababeka selama 30 tahun mendidik lebih dari 1 juta karyawan yang menjadi terampil. Banyak dari mereka sudah mendirikan pabrik, menjadi UKM maupun UMKM yang menyuplai spare part ke sejumlah pabrik multinasional seperti Toyota. 

Tak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga ekspor ke jaringan industri otomotif di seluruh dunia tersebut.

"Inilah namanya pendidikan SDM yang riil, bukan hanya teori. Pendidikan yang paling penting adalah praktek praktek praktek," tegasnya.

"Dan tempat prakteknya adalah di perusahaan besar yang memiliki mesin lengkap dan pelatih-pelatih yang berpengalaman. Bukan profesor yang hanya tahu teori tapi tidak pernah praktek, pegang mesin, lihat pun belum," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Kanan baju putih)

Sabtu, 18 Januari 2020 - 07:00 WIB

Mangkrak Puluhan Tahun, BKPM Eksekusi Investasi PLTA Maung

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia kembali mengeksekusi investasi sebesar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Maung.

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Sabtu, 18 Januari 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI : Kesetiaan Kepada NKRI Bentuk Nyata Sinergi TNI-Polri

Kesetiaan kepada NKRI merupakan suatu bentuk nyata sinergi antara prajurit TNI-Polri guna menjamin stabilitas keamanan di Indonesia. Rakyat ingin melihat kekuatan besar yang dimiliki oleh Indonesia…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:00 WIB

BMKG: WASPADA Potensi Hujan Hebat 17-23 Januari 2020

Sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan…

Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:00 WIB

BKPM Fasilitasi Pembangunan Lanjutan PLTA Maung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Maung di Banjarnegara, Jawa Tengah, pada akhirnya dilanjutkan kembali. Itu terjadi setelah PT Indonesia Power (IP)…

Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi

Sabtu, 18 Januari 2020 - 04:30 WIB

Dharma Bhakti TNI Hanya untuk Rakyat

Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus terus memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat karena dharma bhakti TNI dipersembahkan hanya untuk rakyat. Oleh karena itu, laksanakan koordinasi, sinergi…