Marcus/Kevin Siap Pertahankan Peringkat Dunia

Oleh : Irvan AF | Rabu, 15 Maret 2017 - 08:32 WIB

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya. (Foto: BadmintonIndonesia.org)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya. (Foto: BadmintonIndonesia.org)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Pasangan ganda putra pemegang gelar juara All England 2017, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ingin mempertahankan peringkat dunianya sebagai target terdekatnya yang dipastikan akan menjadi peringkat teratas atas prestasi terbarunya.

"Target terdekat kami ingin mempertahankan ranking dan untuk itu kami akan fokus di turnamen berikutnya, di mana mulai minggu depan ada pertandingan di India, Malaysia dan Singapura," kata Marcus di sela penyambutan dia bersama pasangannya di Terminal Kedatangan Internasional, Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Terkait turnamen selanjutnya, duet "penyihir raket dari Indonesia" ini menargetkan untuk berprestasi di "multi event" lainnya.

"Terdekat masih ada kejuaraan dunia, SEA Games, Asian Games, namun untuk Olimpiade masih lama, jadi kami fokus yang dekat-dekat saja dulu," ujar Kevin di tempat yang sama.

Atas target tersebut, pihak Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menilai hal tersebut memang harus menjadi perhatian karena mau tidak mau ada aturan yang mengikat atas itu.

"Mau tidak mau harus ikuti aturan, karena jika sudah peringkat top 10, ada kewajiban ikut superseries dan lima kejuaraan, jika tidak nanti akan kena pinalti, ini yang harus dipahami," ucap Sekjen PP PBSI Achmad Budiarto di lokasi yang sama.

PP PBSI sendiri memang memiliki target turnamen yang akan diikuti oleh atlet-atlet Indonesia ke depannya, antara lain Piala Sudirman pada bulan Mei dan Kejuaraan Dunia pada bulan Agustus di Glasgow, Skotlandia.

"Di Sudirman Cup, saya kira Marcus/Kevin sudah siap untuk jadi salah satu andalan kita dalam tim, lalu di kejuaraan dunia saya kira pasangan ini juga jadi salah satu kandidat juaranya, mereka siap," tutur Budiarto.

Sebelumnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memenangkan gelar juara All England 2017 dalam nomor ganda putra setelah menumbangkan pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen dua game langsung 21-19 dan 21-14 di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, Minggu (13/3).

All England 2017 merupakan gelar superseries keempat duet "penyihir raket dari Indonesia" yang dipasangkan sejak 2015 lalu ini, setelah India Terbuka 2016, Australia Terbuka 2016 dan China Terbuka 2016.

Terkait prestasi Marcus/Kevin, PP PBSI menyebut memiliki sistem sendiri untuk mengapresiasi pemain, salah satunya adalah bonus prestasi, terutama jika menjadi juara di ajang seperti All England yang menjadi target utama federasi.

"Contohnya atlet akan dapat bonus Rp75 juta, pelatih kepala dan asistennya akan dapat tiga kali gaji, pelatih fisik 1,5 kali gaji, pelatih lain akan dapat satu kali gaji ekstra, ini untuk menggenjot yang lainnya berprestasi di ajang internasional," kata Budiarto, menjelaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…