KBUMN Resmikan Fasilitas untuk Uji Halal, Alat Kesehatan, Perangkat Elektronik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Pemotongan pita peresmian fasilitas laboratorium pengujian halal, alat kesehatan, peralatan elektronik dan perangkat telekomunikasi di Laboratorium sentral SUCOFINDO Cibitung,
Pemotongan pita peresmian fasilitas laboratorium pengujian halal, alat kesehatan, peralatan elektronik dan perangkat telekomunikasi di Laboratorium sentral SUCOFINDO Cibitung,

INDUSTRY.co.id - Cibitung– PT SUCOFINDO (Persero) meresmikan fasilitas laboratorium pengujian halal, alat kesehatan, peralatan elektronik dan perangkat telekomunikasi di Laboratorium sentral SUCOFINDO Cibitung, Bekasi Jawa Barat.

Fasilitas Laboratorium SUCOFINDO tersebut diresmikan oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mewakili Menteri BUMN Rini M. Soemarno didampingi oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Soekoso dan jajaran Direksi PT SUCOFINDO (Persero).      

Fasilitas Laboratorium tersebut adalah fasilitas uji Halal, uji Radio Frekuensi untuk produk Telekomunikasi, uji Sterilitas untuk Alat Kesehatan (alkes), uji dengan Chamber untuk peralatan elektronik, dan uji Fotobiologis untuk peralatan luminer (produk bercahaya).     

Dirut SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin mengatakan, “Melalui peresmian laboratorium dengan ragam pengujian merupakan peran SUCOFINDO sebagai BUMN yaitu sebagai agen pembangunan dalam pelaksanaan peraturan perundangan di Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama Aloy mengucapkan rasa terima kasihnya kepada SUCOFINDO dalam memperkuat kapasitas layanan laboratoriumnya dengan melengkapi beberapa fasilitas laboratorium pengujian. “Saya mengucapkan terima kasih kepada PT SUCOFINDO (Persero) untuk inisiatifnya dalam memperkuat kapasitas layanan laboratoriumnya dengan melengkapi beberapa fasilitas laboratorium pengujian,” ujar Aloy.

Soekoso, Kepala BPJPH, menyampaikan apresiasinya atas diresmikannya fasillitas uji produk halal dan pada tanggal yang sama (17/10) tepat dimulai kewajiban bersertifikat halal bagi produk di Indonesia resmi dilaksanakan. “Tepat pada tanggal 17 Oktober 2019 ini resmi dimulainya Kewajiban Bersertifikat Halal Produk di Indonesia,” ujar Soekoso.

Lebih lanjut Soekoso menyampaikan bahwa industri halal sudah menjadi tuntutan global sehingga untuk menjawab tantangan ke depan bukan sekedar menjawab produk akan tetapi Sumber Daya pun juga disiapkan, “Karena itu kami sangat mengapresiasi kepada SUCOFINDO hadir mendukung untuk industri halal.”

Laboratorium pengujian produk halal didirikan untuk memudahkan pelanggan dalam  memperoleh Jasa Laboratorium dalam membantu pemerintah memenuhi regulasi Undang-Undang (UU) nomor 33 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2019. “Laboratorium uji produk halal kami sudah terakreditasi                            ISO 17025:2017 untuk lingkup produk daging serta olahannya, dan produk obat-obatan,” ungkap Bachder dalam sambutannya.

“Kami siap membantu program pemerintah sesuai amanat undang-undang melaksanakan Jaminan Produk Halal di Indonesia, yang mulai berlaku 17 Oktober 2019,” lanjut Bachder. Selain meresmikan pengujian halal, SUCOFINDO turut meresmikan laboratorium pengujian sterilitas untuk menganalisa steril atau tidaknya suatu produk kesehatan, terutama alat kesehatan (alkes) yang terkait dengan perlengkapan medis (medical devices).

Selanjutnya Direktur Komersial 2, Haris Witjaksono mengatakan, “Laboratorium uji sterilitas SUCOFINDO dibangun, salah satunya dalam rangka mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pengawasan alat kesehatan yang beredar di wilayah Indonesia (post market), dan membantu memastikan kelayakan izin edar alkes (pre market).”

“Untuk mendukung pemerintah dalam penerapan regulasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan membantu memastikan produk yang beredar memenuhi standar sehingga konsumen dapat memperoleh produk yang aman dan berkualitas, maka dari itu Laboratorium SUCOFINDO mampu memberikan pelayanan terbarunya dalam pengujian radio frekuensi untuk produk telekomunikasi serta pengujian fotobiologis untuk produk luminer (produk pencahayaan),” ujar Haris.

Anwar Tahir, Kepala SBU Laboratorium mengatakan bahwa fasilitas laboratorium SUCOFINDO tersebar di 57 titik layanan di seluruh Indonesia dan kami selalu siap berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pengujian alkes di dalam negeri dan mendukung pertumbuhan industri di Indonesia.”

Bachder berharap dengan upaya ini dapat memberikan layanan yang berkualitas sesuai kebutuhan dunia industri. “Tidak henti-hentinya SUCOFINDO terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan terbaik bagi para pelaku usaha, membantu perlindungan konsumen dan selalu berinovasi guna mendukung kepentingan bisnis,” tutup Bachder.    

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BI- MUI, Badan Wakaf dan Badan Amil Zakat Sepakat Tingkatkan Ekonomi Syariah (Foto Meirino)

Senin, 06 Juli 2020 - 15:21 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19, BWI akan Luncurkan Program Wakaf

Sebagai respons terhadap bencana Covid 19, baik secara kesehatan maupun secara ekonomi, Badan Wakaf Indonesia (BWI) akan melaksanakan soft launching program Wakaf Peduli Indonesia (KALISA) pada…

Para artis yang juga peserta ajang lari sambil berdonasi, Run For Hope

Senin, 06 Juli 2020 - 15:18 WIB

Anak Usaha Jababeka Group, Industrial Tourism Word Ajak Lari Sambil Berdonasi Lewat Run For Hope

Bertema Charity Virtual Run, event ini berlangsung dari tanggal 8 Juni - 5 Juli 2020. Tujuan Run For Hope adalah untuk memberikan bantuan kepada para pekerja kreatif yang kehilangan pekerjaannya…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Senin, 06 Juli 2020 - 15:15 WIB

Percepat Realisasi Anggaran Semester Dua untuk Dorong Ekonomi Indonesia

PT Bahana TCW Investment Management berharap adanya percepatan realisasi belanja pemerintah pada semester dua. Hal ini bertujuan untuk mendorong pemulihan daya beli masyarakat yang turun akibat…

Pintro (Photo by pintro.id)

Senin, 06 Juli 2020 - 15:15 WIB

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Menuntut Semua Lembaga Pendidikan Mentransformasikan Semua Layanan Pendidikannya ke Digital

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 akan segera dimulai, namun ditengah pandemi yang masih berlangsung ini tentunya akan menuntut banyak perubahan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh semua…

dr. Margareta Komalasari, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dan Anggota IDAI Jaya

Senin, 06 Juli 2020 - 15:00 WIB

Sakatonik ABC Ajak Anak Indonesia Lakukan #GerakanTanganABC

Menjalani masa transisi new normal saat ini bagi anak-anak Indonesia bukanlah hal yang mudah. Apalagi data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun per 18 Mei 2020, menyebutkan 584 anak dinyatakan positif…