Unifeed dan Ceritech Jadi Jawara dalam Ajang Bosch IoT Hackathon 2019

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Oktober 2019 - 08:01 WIB

Unafeed dan Ceritech, pemenang kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Unafeed dan Ceritech, pemenang kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Setelah melakukan serangkaian Road to Hackathon di Surabaya, Jakarta, dan Bandung sejak Mei hingga Agustus 2019, akhirnya terpilih dua tim yang menjadi pemenag dalam ajang Bosch IoT Hackathon 2019. Kedua tim tersebut yakni, Unafeed dan Ceritech.

"Kedua pemenang ini mirip dengan strategi Bosch untuk mengembangkan bisnis di bidang internet of things (IoT) dalam sektor pertanian dan perikanan yang sebelumnya belum kita lakukan," kata Toto Suharto selaku Managing Director PT Robert Bosch Automotive di Surabaya (17/10).

Nantinya, lanjut Toto, para pemenang akan mendapatkan akses bimbingan dan edukasi dari tim Bosch untuk bisa memasarkan produknya lebih luas lagi. "Kita akan terus bimbing mereka untuk bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi," terang Toto.

Toto berharap kegiatan ini dapat mendorong anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi yang unik. "Yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan," harapnya. 

Dalam kompetisi Bosch IoT Hackathol 2019, tim Unafeed yang terdiri dari Herawan Caraka, Taufik Jati Saputra, dan Lintang Wisesa membuat solusi IoT yang mereka beri nama Unafeed. Unafeed adalah pakan sidat (unagi ell) otomatis yang dilengkapi dengan berbagai sensor untuk membantu peternak sidat meningkatkan efisiensi ternak.

Unafeed bekerja dengan cara pengaturan pola pemberian pakan dan pamantauan kondisi kolam yang optimal untuk pertumbuhan ikan sidat.

Sedangkan, tim Ceri yang digawangi oleh Aldy Raharja, Ahmad Radhy, dan Zaid Robbany membuat solusi IoT yang mereka beri nama Ceritech. 

Ceritech adalah sebuah sistem pantau dan kontrol yang dilengkapi dengan warning system untuk proses fermentasi dan pengeringan dalam pengolahan buah kopi. Ceritech dapat membantu pengolahan buah kopi mendapatkan hasil yang optimal dengan proses yang tepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gunawan Salim, Project Leader Astra Auto Fest 2019

Senin, 18 November 2019 - 17:34 WIB

Pameran Otomotif Segera Digelar Astra Auto 2019

Astra Auto Fest 2019 digelar 22-24 november 2019 di BSD City. Enam layanan jasa keuangan turut meramaikan event tersebut.

Prof .Dr. Emil Salim

Senin, 18 November 2019 - 17:00 WIB

Biro Oktroi Roosseno Berikan Penghargaan Rosseno Award ke X Kepada Prof. Dr. Emil Salim

Prof .Dr. Emil Salim mengaku bangga sekaligus terharu, di usia senjanya masih ada lembaga bergengsi yang menganugerahi Roosseno Award.

Penthouse mewah Skye by Crown Group

Senin, 18 November 2019 - 16:30 WIB

Crown Group Luncurkan Penthouse Mewah Seharga Rp 45 Miliar di Skye by Crown Group

Pengembang ternama di Australia, Crown Group resmi meluncurkan Penthouse mewah di Skye by Crown Group. Penthouse yang menakjubkan ini menawarkan gaya hidup resor perkotaan yang mewah dan nyaman,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 November 2019 - 16:00 WIB

Kinerja Emiten Selama 9 bulan Rendah, Bahana Pangkas Proyeksi Indeks 2019

Hampir keseluruhan emiten yang sudah melantai di bursa efek Indonesia (BEI) telah melaporkan kinerja keuangan selama sembilan bulan tahun ini, beberapa emiten masih memperlihatkan kinerja positif,…

Untouchables, Pameran Bersama Nunung WS-Natisa Jones

Senin, 18 November 2019 - 16:00 WIB

Untouchables, Pameran Bersama Nunung WS-Natisa Jones Ciptadana Art Program 2019

Memutarbalikkan yang tak tersentuh dalam jangkauan kita adalah inti dari kreativitas dan merupakan wilayah dari seniman yang ditampilkan dalam Pameran Program Seni 2019 dan Kalendar Seni 2020…