Unifeed dan Ceritech Jadi Jawara dalam Ajang Bosch IoT Hackathon 2019

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Oktober 2019 - 08:01 WIB

Unafeed dan Ceritech, pemenang kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Unafeed dan Ceritech, pemenang kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Setelah melakukan serangkaian Road to Hackathon di Surabaya, Jakarta, dan Bandung sejak Mei hingga Agustus 2019, akhirnya terpilih dua tim yang menjadi pemenag dalam ajang Bosch IoT Hackathon 2019. Kedua tim tersebut yakni, Unafeed dan Ceritech.

"Kedua pemenang ini mirip dengan strategi Bosch untuk mengembangkan bisnis di bidang internet of things (IoT) dalam sektor pertanian dan perikanan yang sebelumnya belum kita lakukan," kata Toto Suharto selaku Managing Director PT Robert Bosch Automotive di Surabaya (17/10).

Nantinya, lanjut Toto, para pemenang akan mendapatkan akses bimbingan dan edukasi dari tim Bosch untuk bisa memasarkan produknya lebih luas lagi. "Kita akan terus bimbing mereka untuk bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi," terang Toto.

Toto berharap kegiatan ini dapat mendorong anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi yang unik. "Yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan," harapnya. 

Dalam kompetisi Bosch IoT Hackathol 2019, tim Unafeed yang terdiri dari Herawan Caraka, Taufik Jati Saputra, dan Lintang Wisesa membuat solusi IoT yang mereka beri nama Unafeed. Unafeed adalah pakan sidat (unagi ell) otomatis yang dilengkapi dengan berbagai sensor untuk membantu peternak sidat meningkatkan efisiensi ternak.

Unafeed bekerja dengan cara pengaturan pola pemberian pakan dan pamantauan kondisi kolam yang optimal untuk pertumbuhan ikan sidat.

Sedangkan, tim Ceri yang digawangi oleh Aldy Raharja, Ahmad Radhy, dan Zaid Robbany membuat solusi IoT yang mereka beri nama Ceritech. 

Ceritech adalah sebuah sistem pantau dan kontrol yang dilengkapi dengan warning system untuk proses fermentasi dan pengeringan dalam pengolahan buah kopi. Ceritech dapat membantu pengolahan buah kopi mendapatkan hasil yang optimal dengan proses yang tepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:30 WIB

Kinerja Ciamik, PT Pan Brothers Tbk Cetak Penjualan USD121,66 Juta hingga Maret 2020

Emiten PT Pan Brothers Tex dan entitas anak (PBRX) berhasil mencetak penjualan sebesar USD121,66 juta hingga periode 31 Maret 2020 naik dibandingkan penjualan USD112,88 juta di periode sama…

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:07 WIB

Alhamdulillah! Tren Pasien Sembuh COVID-19 Meningkat, Jakarta Tertinggi Disusul Jatim, Jabar, Sulsel dan Jateng

Juru Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa pasien sembuh dari COVID-19 cenderung semakin mengalami peningkatan. "Ini yang harus kita syukuri, bahwa sekarang semakin cenderung…

Rp 22 Miliar Donasi dari Dettol dan Harpic Guna Melawan COVID-19

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:00 WIB

Rp 22 Miliar Donasi dari Dettol dan Harpic Guna Melawan COVID-19

Memenuhi komitmennya untuk melawan pandemik COVID-19, Dettol dan Harpic, hari ini menyelesaikan #MelindungiGardaDepan, sebuah inisiatif guna melindungi tenaga kesehatan, garda depan perlawanan…

Wika Beton

Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:30 WIB

Naik Tipis, PT Wijaya Karya Beton Tbk Cetak Laba Rp72,66 M hingga Maret 2020

Emiten infrastruktur PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) meraih laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp72,66 miliar hingga periode 31 Maret 2020…

Melakukan Tindakan Mulia, Dua Prajurit TNI Peroleh Penghargaan dari Ketua MPR RI

Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:00 WIB

Melakukan Tindakan Mulia, Dua Prajurit TNI Peroleh Penghargaan dari Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan kepada dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere Nusa Tenggara Timur. Kedua prajurit, Serka MES Mohammad Sangidun…