Gelar Hackathon 2019, Bosch Dorong Generasi Muda Eksplorasi Solusi IoT di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Oktober 2019 - 07:05 WIB

Andrew Powell, Managing Director Bosch in Indonesia bersama ochen Lorenz, Head of Business Development and Strategy of Bosch in Southeast Asia, serta Toto Suharto, Managing Director PT Robert Bosch Automotive dalam gelaran Bosch IoT Hackathon 2019
Andrew Powell, Managing Director Bosch in Indonesia bersama ochen Lorenz, Head of Business Development and Strategy of Bosch in Southeast Asia, serta Toto Suharto, Managing Director PT Robert Bosch Automotive dalam gelaran Bosch IoT Hackathon 2019

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Perusahaan penyedia teknologi dan layanan global, Bosch terus mencari dan mendukung inovasi anak muda di yang cerdas digital untuk mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar Bosch IoT Hackathon 2019.

Sejak Mei hingga Agustus 2019, Bosch telah menjalankan serangkaian Road to Hackathon di Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Pada September lalu, sepuluh tim finalis telah terpilih dari sekian banyak ajuan proposal yang terdaftar. 

"Tujuan kompetisi ini adalah untuk menumbuhkan, mempromosikan dan mendukung inovasi anak muda untuk mengembangkan solusi IoT di Indonesia dengan menggunakan Bosch XDK," kata Managing Director Bosch di Indonesia Andrew Powell di Surabaya (17/10).

Dijelaskan Andrew, selama puncak kompetisi hackathon, seluruh finalis bekerja dengan dibekali Bosch XDK yaitu platform pembuat prototipe berbasis sesnsor yang dilengkapi perangkat keras dan lunak untuk pemograman dan konfigurasi yang cepat.

"Harapan kami, langkah Bosch ini dapat mendorong anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi yang unik, dan yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan," harap Andrew.

Sementara itu, Toto Suharto selaku Managing Director PT Robert Bosch Automotive melihat begitu besar potensi yang dimiliki oleh generasi muda di Indonesia dalam bidang IoT. "Hal ini perlu didorong dan difasilitasi agar mereka mampu menciptakan berbagai inovasi yang nantinya akan berguna bagi Indonesia kedepan," kata Toto. 

Diungkapkan Toto, antusias anak-anak muda untuk mengikuti gelaran hackathon ini sangat luar biasa. "Dari 50 tim yang daftar, kita saring kembali menjadi 20 dan harus melakukan test yaitu customer inteview. Setelah itu, kita saring lagi menjadi 10 tim, dan terpilih 5 tim yang harus mempresentasikan di depan dewan juri," jelasnya.

Nantinya, lanjut Toto, para pemenang akan mendapatkan akses bimbingan dan edukasi dari tim Bosch untuk bisa memasarkan produknya lebih luas lagi. Selain itu, para pemenag juga akan mendapatkan project budget serta bekerja secara kolaboratif dengan Bosch guna mengevaluasi komersialisasi dan potensi pasar dari ide-ide mereka.

"Apabila menjanjikan, tim pemenang akan diundang menghadiri dan mempresentasikan proyek mereka di ajang Bosch Connected World 2020 di Berlin, Jerman," tutur Toto.

Sekedar informasi, penyelenggaraan IoT Hackathon 2019 merupakan hasil kerja sama antara Bosch dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi IoT Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Migas Ilustrasi

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:05 WIB

Sah! PGN Resmi Jual Harga Gas untuk Industri Sebesar US$ 6 per MMBTU

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani komitmen kebijakan penetapan harga gas dengan pelanggan industri tertentu sesuai Permen ESDM 8/2020.

Selama Pandemi Covid-19 Tren Belanja Berubah

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:00 WIB

Selama Pandemi Covid-19 Tren Belanja Berubah

Sepanjang Ramadan lalu, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri, lewat berbagai program, antara lain #SatuDalamKopi,…

Bupati Banyuwangi Anas

Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:45 WIB

Bupati Anas Gunakan Jurus 'Kebiasaan Anyar', Banyuwangi Jadi Role Model Re-Opening Pariwisata di Indonesia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menerapkan "Kebiasaan Anyar" sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan,…

World Industrial Design Day 2020

Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:30 WIB

World Industrial Design Day 2020, Direktur Indosat: Mengangkat Karya Anak Bangsa ke Level Global

Indosat Ooredoo, perusahaan digital terdepan di Indonesia, membuka penyelenggaraan World Industrial Design Day (WIDD) yaitu program online yang bertemakan “Design For Everyday Life”

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:15 WIB

Hingga Sabtu Pagi Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Indonesia Menjadi 29.521, ODP 49.320 dan PDP 13.592

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 hingga saat ini totalnya menjadi 29.521 orang. Kemudian untuk…