Gelar Hackathon 2019, Bosch Dorong Generasi Muda Eksplorasi Solusi IoT di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Oktober 2019 - 07:05 WIB

Andrew Powell, Managing Director Bosch in Indonesia bersama ochen Lorenz, Head of Business Development and Strategy of Bosch in Southeast Asia, serta Toto Suharto, Managing Director PT Robert Bosch Automotive dalam gelaran Bosch IoT Hackathon 2019
Andrew Powell, Managing Director Bosch in Indonesia bersama ochen Lorenz, Head of Business Development and Strategy of Bosch in Southeast Asia, serta Toto Suharto, Managing Director PT Robert Bosch Automotive dalam gelaran Bosch IoT Hackathon 2019

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Perusahaan penyedia teknologi dan layanan global, Bosch terus mencari dan mendukung inovasi anak muda di yang cerdas digital untuk mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar Bosch IoT Hackathon 2019.

Sejak Mei hingga Agustus 2019, Bosch telah menjalankan serangkaian Road to Hackathon di Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Pada September lalu, sepuluh tim finalis telah terpilih dari sekian banyak ajuan proposal yang terdaftar. 

"Tujuan kompetisi ini adalah untuk menumbuhkan, mempromosikan dan mendukung inovasi anak muda untuk mengembangkan solusi IoT di Indonesia dengan menggunakan Bosch XDK," kata Managing Director Bosch di Indonesia Andrew Powell di Surabaya (17/10).

Dijelaskan Andrew, selama puncak kompetisi hackathon, seluruh finalis bekerja dengan dibekali Bosch XDK yaitu platform pembuat prototipe berbasis sesnsor yang dilengkapi perangkat keras dan lunak untuk pemograman dan konfigurasi yang cepat.

"Harapan kami, langkah Bosch ini dapat mendorong anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi yang unik, dan yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan," harap Andrew.

Sementara itu, Toto Suharto selaku Managing Director PT Robert Bosch Automotive melihat begitu besar potensi yang dimiliki oleh generasi muda di Indonesia dalam bidang IoT. "Hal ini perlu didorong dan difasilitasi agar mereka mampu menciptakan berbagai inovasi yang nantinya akan berguna bagi Indonesia kedepan," kata Toto. 

Diungkapkan Toto, antusias anak-anak muda untuk mengikuti gelaran hackathon ini sangat luar biasa. "Dari 50 tim yang daftar, kita saring kembali menjadi 20 dan harus melakukan test yaitu customer inteview. Setelah itu, kita saring lagi menjadi 10 tim, dan terpilih 5 tim yang harus mempresentasikan di depan dewan juri," jelasnya.

Nantinya, lanjut Toto, para pemenang akan mendapatkan akses bimbingan dan edukasi dari tim Bosch untuk bisa memasarkan produknya lebih luas lagi. Selain itu, para pemenag juga akan mendapatkan project budget serta bekerja secara kolaboratif dengan Bosch guna mengevaluasi komersialisasi dan potensi pasar dari ide-ide mereka.

"Apabila menjanjikan, tim pemenang akan diundang menghadiri dan mempresentasikan proyek mereka di ajang Bosch Connected World 2020 di Berlin, Jerman," tutur Toto.

Sekedar informasi, penyelenggaraan IoT Hackathon 2019 merupakan hasil kerja sama antara Bosch dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi IoT Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 18 November 2019 - 19:02 WIB

2019, CIMB Niaga Bidik Penerbitan Obligasi Rp1 Triliun

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Paparan Publik Tahunan 2019 dan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan III Bank CIMB Niaga Tahap I Tahun 2019 serta…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Korsel

Senin, 18 November 2019 - 19:01 WIB

Terbang ke Jepang dan Korsel, Menperin Bakal Bawa Pulang Investasi Senilai USD 5 Miliar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri manufaktur, terutama yang menjadi prioritas dalam Making Indonesia 4.0. Adapun dua negara yang…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Senin, 18 November 2019 - 18:52 WIB

Nasabah Green Sukuk Ritel Mandiri Syariah Terima Penghargaan

Jakarta,--PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berpartisipasi dalam Green Sukuk Investor Day-Green Sukuk Ritel for Sustainable Indonesia  yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan…

Industri Hasil Tembakau (IHT)

Senin, 18 November 2019 - 18:15 WIB

Bakal Timbulkan Banyak Pengangguran, Kemenko Perekonomian Tak Sepakat Revisi PP 109/2012

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tidak sepakat dengan wacana revisi Peraturan Pemerintah 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau…

PT Astra International Tbk (ASII)

Senin, 18 November 2019 - 17:48 WIB

Berburu Kredit Murah di Astra Auto Fest 2019

Pecinta otomotif dan para pemburu diskon hingga bunga rendah dapat menjelajah di Astra Auto Fest 2019 di BSD City 22-24 November 2019.