Resmi Gelar Topping Off Tower B, Apartemen Emerald Bintaro Yakinkan Millenials Pasti Bisa Beli Hunian Ideal

Oleh : Ridwan | Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro
Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perkembangan zaman, teknologi, dan gaya hidup ternyata mempengaruhi kemampuan generasi millennials untuk memiliki hunian. Banyak pakar memperkirakan bahwa millennials akan mengalami kesulitan dalam memiliki hunian. 

Selain karena semakin meningkatnya harga tanah dan hunian, hal ini diperparah juga dengan banyaknya pengeluaran tersier yang sebenarnya bisa diredam, seperti pembelian gadget terbaru, konsumsi kopi, hingga barang-barang branded.

Ditemui pada peresmian Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro di Hotel Aviary Bintaro pada hari Kamis (17/10), Prita Ghozie, CEO & Financial Planner ZAP Finance mengatakan, memang gaya hidup millennials sudah berbeda tren-nya dengan generasi sebelumnya yakni Generasi X dan baby boomers. 

"Hal ini dikarenakan hari-hari ini kebutuhan tersier sudah lebih banyak variasinya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, misalnya sekarang serba digital, sehingga diperlukan budget untuk generasi millennials membeli misalnya laptop, atau gadget dalam menyokong kehidupan sehari-hari, tanpa memikirkan end-goal nya," kata Prita.

Menurut Prita, generasi millennials saat ini tidak memiliki tujuan kehidupan yang jelas, banyak yang terjebak oleh hiburan atau kebutuhan semu.

"Padahal, sebagai contoh, end-goal dari berkarir adalah misalnya untuk dapat memiliki hunian atau tempat tinggal milik pribadi, dan berkeluarga. Tapi banyak generasi millennials yang belum paham akan manajemen keuangan dan gaji, sehingga diperlukan adanya skala prioritas dalam pengeluaran," tambahnya.

Hal ini dibemarkan oleh Arief Muhammad, YouTube Vlogger dan Content Creator sebagai salah satu dari perwakilan kaum millennials juga mengatakan, sejujurnya, terkadang juga saya merasa bahwa banyak sekali pengeluaran yang sebenarnya bukan kebutuhan prioritas, seperti nongkrong keseringan, dan lain-lainnya. 

"Jadi kadang yang saya perhatikan, ada rancu di prioritas generasi millennials dalam spending uang, sehingga, hasilnya, berkaca pada orang-orang di sekitar saya sendiri, memang banyak sih, yang belum juga mulai cicil hunian sendiri, padahal tiap hari nongkrong," ujar Arief saat ditemui di acara yang sama.

Prita Ghozie kemudian menjelaskan tips dan trik, bahwa generasi millennials harus bisa memilah mana yang diperlukan dan tidak diperlukan, yakni dengan menggunakan financial planning jangka panjang, agar bisa memiliki hunian. 

”Jika ingin memiliki hunian, diperlukan adanya perhitungan dan perencanaan. Yang pertama, pilihlah asset investasi sesuai kemampuan, dan lakukan komitmen yang jelas. Bisa dimulai dari mengurangi jajan-jajan harian di kantor yang tidak penting, tapi sebenarnya menguras banyak simpanan. Selain itu komitmen untuk membagi keuangan yang ideal adalah dengan 7 pos keuangan, yakni untuk Zakat 5%, dana darurat 5%, asuransi 5%, biaya bulanan dan cicilan 60%, nabung pembelian besar 5%, investasi masa depan 10%, serta gaya hidup dan hiburan 10%. Pembelian rumah di sini bisa masuk dalam biaya investasi dan pembelian besar," papar Prita 

Dijelaskan Prita, keputusan membeli hunian idealnya adalah ketika jumlah tabungan sudah bisa mencukupi nilai Down Payment atau DP, namun, saat ini banyak kemudahan yang sudah diberikan oleh kerjasama pemerintah, bank dan properti yakni dengan memberikan keringanan pembayaran DP rendah dengan pembayaran berkala.

Selain itu, tambah Prita, jika ingin memiliki hunian, diperlukan adanya perhitungan dan perencanaan. Yang pertama, kemampuan finansial, lalu memilih fasilitas pinjaman perumahan yang sesuai, terakhir adalah melakukan simulasi perhitungan. 

"Misal jika harga properti 350juta, maka sebaiknya dipersiapkan DP minimal 20% yaitu 70juta. Jika KPA 9% selama 20 tahun, maka cicilan sekitar 2,4juta. Ini terjangkau untuk milenial berpenghasilan 9juta/bulan," terangnya.

Melihat kondisi ini, Raynaldo Christo Louk, Manajer Pemasaran Apartemen Emerald Bintaro turut menanggapi, bahwa di sinilah Apartemen Emerald Bintaro hadir menjadi solusi hunian bagi generasi millennials di tengah tingginya harga properti dan gaya hidup konsumtif, sehingga memunculkan kegelisahan millennials akan daya beli mereka terhadap hunian. 

"Apartemen Emerald Bintaro ini merupakan persembahan khusus PT Jaya Real Property, Tbk. untuk generasi millennials, yakni apartemen low-cost dengan spesifikasi kualitas baik di dalam Kawasan Kota Mandiri yang prime dan strategis, yakni Bintaro Jaya. Dengan bekerjasama dengan berbagai bank swasta dan negeri, kami sudah memperhitungkan dan yakin bahwa Apartemen Emerald Bintaro memang tepat sasaran untuk generasi millennials dan juga first jobbers," ujarnya. 

Namun, terang Raynaldo, memang membeli hunian perlu strategi keuangan sesuai apa yang telah dijelaskan juga oleh Ibu Prita, sehingga kami yakin, jika generasi millennials memiliki financial planning yang baik, Apartemen Emerald Bintaro merupakan pilihan tepat bagi mereka. 

Selain kelengkapan fasilitas di dalam apartemen, Apartemen Emerald Bintaro juga dilengkapi sarana dan prasarana mumpuni mulai dari akses langsung ke dua pintu tol, Stasiun Commuter Line, Shuttles, Bintaro Jaya Xchange Mall, CBD Bintaro Jaya (pusat kawasan komersial dan perkantoran), sekolah-sekolah berkualitas internasional, rumah sakit-rumah sakit ternama, cool culinary spots, dan sebagainya.

"Sehingga, penghuni Bintaro Jaya sudah tidak perlu lagi keluar dari Bintaro Jaya, karena semua fasilitas ada di sini," tambah Raynaldo.

Selain mengembangkan Kawasan perumahan Bintaro Jaya, beberapa tahun belakangan JRP juga telah mengembangkan beberapa Kawasan hunian vertikal. Antara lain, Kawasan Bintaro Plaza Residences, The Accent, Silktown, dan Apartemen Emerald Bintaro, sehingga memungkinkan lebih banyak orang dari berbagai segmen dan kelas ekonomi untuk bisa tinggal di Bintaro Jaya.

Arief Muhammad sebagai salah satu penghuni perumahan karya PT Jaya Real Property, Bintaro Jaya, turut mengamini apa yang dikatakan oleh Raynaldo mengenai Kawasan Bintaro Jaya, ia merasa bahwa Bintaro Jaya merupakan Kawasan yang sangat strategis bagi kaum millennials, 

"Saya, istri dan juga tim menghabiskan waktu sehari-hari di salah satu perumahan di Kawasan Bintaro Jaya. Bintaro Jaya bagi kami adalah tempat yang sangat strategis, lengkap fasilitas serta akses yang dekat kemana-mana, selain itu, suasanya juga asri dan banyak spot-spot yang refreshing yang mendukung pekerjaan kami yang memerlukan ide-ide kreatif. Oleh sebab itu, melihat produk seperti Apartemen Emerald Bintaro yang terletak di Kawasan prestis dan nyaman, menurut saya sangat cocok untuk anak muda membeli hunian pertama, selain harganya yang terjangkau, memang lokasinya sangat strategis," papar Arief.

Dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat dan target market, Apartemen Emerald Bintaro bekerja sama dengan berbagai bank swasta dan negeri untuk pembiayaan pembelian apartemen dengan program KPA. Untuk Down Payment (DP) sendiri, bisa dicicil sampai 24 bulan dengan berbagai pilihan besaran DP, mulai dari 5%. 

Selain memberikan fasilitas pembelian dan pembiayaan yang menyesuaikan target market, Apartemen Emerald Bintaro juga dekat dengan berbagai pilihan akses menuju pusat kota Jakarta, seperti jalan tol, stasiun kereta commuter line, dan juga menyediakan fasilitas shuttle bagi penghuni yang sehari-hari bekerja di pusat kota Jakarta. 

Tower B untuk saat ini hanya tersisa 150 unit dari 598 unit yang dipasarkan, adapun unit yang dipasarkan terdiri dari tipe studio dengan luas semi gross 21,7m2, tipe 2 bedroom dengan luas 36,4m2 dan tipe 2 bedroom corner dengan luas 38,7m2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…