Film ‘Naga Bonar Reborn’ Siap Tayang Tapi Masih Bermasalah Soal Hak Cipta

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 14 Oktober 2019 - 16:21 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019
Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Film Naga Bonar Reborn yang diproduksi oleh PT Gempita Tjipta Perkasa (GTP) menurut kabar yang diterima oleh Industry.co.id sudah mendapat jadwal tayang dari jaringan bioskop XXI pada tanggal 31 Oktober 2019 mendatang. Namun hingga hari ini (Senin, 14/10) pihak produser belum menerima Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) dari Lembaga Sensor Film (LSF). Konon kabarnya LSF masih mempertimbangkan soal gugatan soal hak cipta yang dilayangkan oleh Deddy Mizwar yang dulu membintangi film Naga Bonar.

Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Ahmad Yani Basuki ketika dihubungi Industry.co.id tidak mau menyebut secara tegas mengapa film Naga Bonar Reborn belum memperoleh Surat Tanda Lulus Sensor. “Kami, LSF, sedang mengkomunikasikan dengan pihak pihak terkait,” kata Ahmad Yani melalui pesan Whattsapp.

Ketika ditanya apakah ada intervensi dari pihak lain, Ahmad Yani tidak mau berkomentar lebih jauh. “Sudah itu saja. Tulis saja bahwa LSF sedang mengkomunikasikan dengan pihak pihak terkait,” kata Ahmad Yani mengulangi pernyataan sebelumnya.

Mengenai apakah ada materi atau isi dari film Naga Bonar Reborn yang melanggar kaidah atau standar sensor, kembali Ahmad Yani tidak memberikan jawaban.

Selain kepada Lembaga Sensor Film, surat permohonan untuk tidak mengedarkan film Naga Bonar Reborn yang dikeluarkan oleh Deddy Mizwar, konon juga dikirimkan ke Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang film) Kemendikbud.

Deddy Mizwar memperkarakan hak cipta pembuatan film tersebut hingga melaporkannya ke polisi dan kini tengah ditangani aparat hukum. “Biar menjadi jelas, lebih baik kita tunggu keputusan pengadilan. Prosesnya kini tengah ditangani oleh pengacara saya. Silakan hubungi. Atau  lebih baik tunggu deh hasil pengadilan. Biar semua menjadi jelas apakah saya punya bukti atau tidak, “ kata Deddy Mizwar saat dihubungi oleh Industry.co.id.

Sementara itu, Gusti Randa, selaku produser eksekutif rumah produksi Gempita Tjipta Perkasa (GTP) yang memproduksi film ini, menganggap film Naga Bonar Reborn tidak ada hubungannya dengan Deddy Mizwar dan tidak perlu izin padanya. Sebab, Gusti Randa sudah meminta izin langsung pada ahli waris Asrul Sani yakni istrinya, Mutiara Sani.

“Saya tidak habis pikir seorang sineas senior yang saya hormati kok seperti merusak ekosistem perfilman Indonesia”, Kata Gusti Randa geram.

Yang jauh lebih mengherankan, lanjut Gusti, LSF itu bukanlah lembaga perijinan terhadap sebuah film. “LSF bertugas mensensor. LSF juga bukan lembaga peradilan yang bisa menghentikan memberikan STLS hanya karena ada gugatan dari oang atau lembaga. LSF sudah melampui tugas dan fungsinya,” tambah Gusti.

Di sisi lain, Dedi Setiadi yang menjadi sutradara film Naga Bonar Reborn tidak ingin masuk dalam polemik antara Deddy Mizwar dan Gusti Randa. “Tugas saya sebenarnya sudah selesai saat film siap tayang. Hanya memang sayang jika film yang dibuat dengan mengerahkan seluruh kemampuan saya sebagai sutradara, belum bisa dinikmati oleh masyarakat. Semoga saja masalah ini cepat selesai,” harapnya. (AMZ)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…