Sampingan Kantongi Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$1,5 Juta

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Oktober 2019 - 10:17 WIB

Mitra Agen Sampingan saat mengumpulkan data warung
Mitra Agen Sampingan saat mengumpulkan data warung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sampingan, startup yang memberdayakan pekerja independen di Indonesia mengumumkan pendanaan pra-seri A senilai US$1.500.000 yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures, Antler, dan juga beberapa angel investor.

Sejak diluncurkan pada Januari 2019, Sampingan telah berkembang dari sebuah tim dengan 3 anggota penuh, menjadi 60 anggota penuh. Dengan jumlah tenaga yang semakin besar dan pendanaan yang didapatkan, Sampingan akan mempercepat pertumbuhan bisnisnya dengan menyediakan lebih banyak opsi untuk bisnis-bisnis yang ingin menggunakan jasa mereka.
 
Sampingan telah memiliki lebih dari 150.000 mitra pekerja independen (disebut agen) di dalam platform-nya untuk menyelesaikan berbagai tugas-tugas pekerjaan rekan bisnis seperti akuisisi toko atau pengumpulan data dengan cepat dan efisien.

Dalam pekerjaannya, Sampingan memiliki sejumlah ketua tim lapangan untuk memantau performa agen dan memaksimalkan efisiensi. Metode inovatif ini didorong oleh 3 prinsip utama Sampingan yakni, kecepatan, kualitas, dan biaya, telah terbukti untuk menghemat biaya pekerja rekan bisnis Sampingan hingga 70%.
 
Peluang bisnis untuk Sampingan tersebut didorong oleh perkembangan ekonomi Indonesia yang pesat, ditandai dengan banyaknya unicorn asal Indonesia yang bermunculan belakangan ini. Banyaknya jumlah perusahaan-perusahaan besar baru ini diikuti oleh kebutuhan mereka untuk mendapat pekerja - pekerja yang dapat memberikan hasil dalam waktu yang singkat.

Ini semua menjadikan waktu yang tepat bagi platform Sampingan untuk bertumbuh secara cepat dan memenuhi kebutuhan bisnis yang ada saat ini. GO-JEK, OYO, Unilever dan Danone merupakan beberapa klien dari Sampingan.
 
Justin Hall Partner Golden Gate Ventures mengatakan, Sampingan menawarkan nilai yang benar-benar menarik diantaranya kemampuan untuk meluncurkan campaign berskala besar dengan cepat, ekonomis, dan efektif di seluruh Indonesia.

"Ini semua berkat meningkatnya jumlah masyarakat Indonesia yang semakin akrab dengan dunia digital. Golden Gate Ventures sangat senang untuk bekerja sama dengan Wisnu beserta tim Sampingan, dan kami yakin Sampingan akan terus membangun sesuatu yang luar biasa dalam beberapa tahun kedepan," kata Justin.

CEO Sampingan, Wisnu Nugrahadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk mengembangkan produk dan teknologi yang akan semakin mempermudah penggunaan aplikasi Sampingan.

"Pengembangan tersebut dilakukan agar para agen Sampingan dapat bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel. Karena dengan lebih banyak waktu luang, mereka dapat menggunakannya untuk hal yang lebih baik, dan perubahan positif di hidup mereka itulah yang menjadi salah satu misi Sampingan," ungkapnya.
 
Untuk para agen-agennya, Sampingan ingin memastikan agar mereka tetap produktif dan semakin aktif di dalam platform. Sedangkan untuk para partner bisnisnya, Sampingan ingin mereka dapat mengakses agen-agen Sampingan dengan mudah untuk mempercepat laju pertumbuhan mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BI- MUI, Badan Wakaf dan Badan Amil Zakat Sepakat Tingkatkan Ekonomi Syariah (Foto Meirino)

Senin, 06 Juli 2020 - 15:21 WIB

Bantu Tanggulangi Covid-19, BWI akan Luncurkan Program Wakaf

Sebagai respons terhadap bencana Covid 19, baik secara kesehatan maupun secara ekonomi, Badan Wakaf Indonesia (BWI) akan melaksanakan soft launching program Wakaf Peduli Indonesia (KALISA) pada…

Para artis yang juga peserta ajang lari sambil berdonasi, Run For Hope

Senin, 06 Juli 2020 - 15:18 WIB

Anak Usaha Jababeka Group, Industrial Tourism Word Ajak Lari Sambil Berdonasi Lewat Run For Hope

Bertema Charity Virtual Run, event ini berlangsung dari tanggal 8 Juni - 5 Juli 2020. Tujuan Run For Hope adalah untuk memberikan bantuan kepada para pekerja kreatif yang kehilangan pekerjaannya…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Senin, 06 Juli 2020 - 15:15 WIB

Percepat Realisasi Anggaran Semester Dua untuk Dorong Ekonomi Indonesia

PT Bahana TCW Investment Management berharap adanya percepatan realisasi belanja pemerintah pada semester dua. Hal ini bertujuan untuk mendorong pemulihan daya beli masyarakat yang turun akibat…

Pintro (Photo by pintro.id)

Senin, 06 Juli 2020 - 15:15 WIB

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Menuntut Semua Lembaga Pendidikan Mentransformasikan Semua Layanan Pendidikannya ke Digital

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 akan segera dimulai, namun ditengah pandemi yang masih berlangsung ini tentunya akan menuntut banyak perubahan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh semua…

dr. Margareta Komalasari, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dan Anggota IDAI Jaya

Senin, 06 Juli 2020 - 15:00 WIB

Sakatonik ABC Ajak Anak Indonesia Lakukan #GerakanTanganABC

Menjalani masa transisi new normal saat ini bagi anak-anak Indonesia bukanlah hal yang mudah. Apalagi data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun per 18 Mei 2020, menyebutkan 584 anak dinyatakan positif…