Cegah Kepunahan Binatang-Binatang Laut

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 12 Oktober 2019 - 16:00 WIB

Pari Manta
Pari Manta

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Binatang Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober, Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) berkolaborasi dengan Yayasan Indonesian Ocean Pride (IOP) mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang-binatang laut dari ancaman kepunahan.

Edukasi ini dilakukan melalui kegiatan eksplorasi dan kolaborasi seni digital di ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, serta penghimpunan donasi bagi IOP melalui penjualan tanda mata bergambar ikan laut karya Hamish Daud, Pendiri IOP. Adapun kegiatan ini akan berlangsung dari 11 Oktober hingga 11 November 2019.

Dijuluki sebagai Marine Mega - Biodiversity terbesar di dunia, laut Indonesia menjadi rumah bagi 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang. Meski begitu, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menetapkan 15 spesies binatang laut saat ini dalam keadaan terancam punah dan butuh perlindungan, yaitu :

  1. Hiu (Paus, Martil, Appendix CITES, Koboi, Layan, Gergaji)
  2. Pari (Manta, Gergaji)
  3. Paus (Biru, Bersirip, Bongkok)
  4. Penyu (Hijau, Tempayan, Sisik, Ridel, Pipih, Belimbing, Labi-Labi)
  5. Kuda Laut (Ekor Duri, Kuda Bargibanti, Trimaculatus, Denise, Spinosisimus)
  6. Dugong
  1. Arwana (Super Red, Irian)
  2. Kima (Tapak Kuda, Cina, Kurnia, Selatan, Raksasa)
  3. Terubuk
  4. Banggai Cardinal Fish
  5. Karang Hias
  6. Bambu Laut
  7. Lola
  8. Cucut Lanjaman
  9. Napoleon

Hamish Daud, Pendiri Yayasan IOP, Jumat (11/10/2019)  mengatakan, “Indonesia adalah negara kepulauan dengan luas lautan mencapai 70 persen dari total luas wilayah. Laut Indonesia adalah masa depan bagi pembangunan kesejahteraan bangsa, karena menyimpan potensi ekonomi yang besar, serta rumah bagi beraneka ragam binatang laut. Meski begitu, keberadaan binatang-binatang laut saat ini sedang terancam karena aktivitas pembuangan limbah plastik, perburuan dan penangkapan ikan, perdagangan ilegal, serta eksploitasi yang merusak habitat laut. Padahal binatang-binatang laut memiliki peran signifikan dalam menjaga keutuhan dan kelestarian ekosistem laut. Jika binatang-binatang laut terancam, maka kesehatan laut juga turut terancam. Hal ini tentunya berdampak langsung pada sektor ekonomi bangsa, seperti perikanan dan pariwisata.”

Lebih lanjut Hamish menjelaskan, “Oleh karena itu, IOP sangat mengapresiasi SGE Live atas partisipasinya dalam menginspirasi masyarakat Indonesia untuk peduli pada keberlangsungan hidup binatang-binatang laut melalui karya seni digital yang terdapat di ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Indonesia dapat lebih menghargai laut Indonesia dan segala makhluk hidup di dalamnya.”

Mervi Sumali, Chief Executive Officer SGE Live menjelaskan, “Peduli dengan keadaan laut Indonesia saat ini, SGE Live dan IOP berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai binatang-binatang laut. Di dalam ’teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, pengunjung dapat belajar mengenai beberapa ikan laut yang terancam punah seperti, Hiu Martil (Hammerhead Shark), Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna), Humphead Parrotfish, dan Pari Manta (Manta Ray). Kami juga mengajak pengunjung untuk berpartisipasi menjaga lautan melalui hal-hal sederhana, seperti mengurangi limbah plastik serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lautan.”

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ merupakan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital, serta mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). Salah satu instalasi yang terdapat di dalamnya adalah Sketch Aquarium, yang memungkinkan pengunjung untuk mewarnai binatang laut sesuai imajinasi. Binatang laut yang sudah diwarnai pun akan hidup dan berenang di dalam akuarium raksasa, serta bereaksi terhadap sentuhan manusia.

Lebih lanjut Mervi menjelaskan, “Selain itu, kolaborasi SGE Live dan IOP juga berupa penghimpunan donasi melalui penjualan tanda mata edisi terbatas bergambar ikan laut Indonesia yang terancam punah, hasil karya Hamish Daud. Pengunjung dapat turut serta memberikan donasi, serta memperoleh tanda mata ini dengan syarat membeli minimal 2 tiket ’teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, untuk dapat membeli maksimal 2 tanda mata secara pre-order. Adapun tanda mata ini dijual seharga seharga Rp199.000 per buah. Keuntungan dari penjualan tanda mata tersebut akan didonasikan seluruhnya kepada IOP.”

Tanda mata karya Hamish Daud tersedia dalam bentuk T-Shirt dengan 3 pilihan gambar, yaitu Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna), Hiu Martil (Hammerhead Shark), dan Humphead Parrotfish. Pengunjung dapat memilih gambar ikan laut yang disukai, dan kemudian gambar akan dicetak di atas T-Shirt. Pengunjung dapat memperoleh tanda mata ini selama periode 11 Oktober hingga 11 November 2019.

Mengenai Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live)

Sorak Gemilang Entertainment didirikan pada tahun 2012 untuk mengembangkan dan menyelenggarakan pertunjukan panggung dan arena. Fokus kami adalah memproduksi dan mempromosikan acara serta pertunjukan yang cocok untuk seluruh keluarga. Sorak Gemilang Entertainment telah menjalin hubungan kolaborasi dengan banyak pemimpin industri ternama dalam rangka menghadirkan pertunjukan bertaraf internasional. Kami juga memiliki visi untuk selalu menyelenggarakan pertunjukan, pameran, dan aktivitas yang edukatif dan berkebudayaan guna memberikan dampak positif kepada seluruh keluarga dan anak-anak.

Sorak Gemilang Entertainment sempat menyukseskan beberapa acara Blockbuster di Indonesia seperti Hi­5 House of Dreams (Australia Children’s Musical Group), David Ian - Andrew Lloyd Webber Production of The Sound of Music, One Day with Cesar Millan – The Dog Whisperer, Barbie LIVE! Musical Tour to Indonesia, Madagascar LIVE!, My Little Pony Musical, dan MAMMA MIA! The Musical.

Mengenai Yayasan Indonesian Ocean Pride (IOP)

Yayasan Indonesia Ocean Pride (IOP) memiliki kepedulian tinggi terhadap kelestarian laut Indonesia dan makhluk hidup di dalamnya. IOP berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk lebih menghargai laut dan bergerak bersama menyelamatkan laut sebagai salah satu sumber daya kebanggaan bangsa. IOP telah mengerjakan berbagai kampanye antara lain Indonesian Manta Project, Ecoranger, Provinsi Knservasi, dan Indonesian Ocean Pride Youtube Channel. Informasi lebih lanjut, kunjungi www.indonesianoceanpride.org

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…