Toshiba dan PLN Tandatangani Nota Kesepahaman dalam Mendorong Sistem Pasokan Energi Hidrogen Otonom H2One di Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 11 Oktober 2019 - 08:35 WIB

Seremoni penandatanganan diadakan di Forum Energi Indonesia-Jepang ke-6, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang
Seremoni penandatanganan diadakan di Forum Energi Indonesia-Jepang ke-6, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang

INDUSTRY.co.id,Jakarta-Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation (Toshiba ESS) pada 10 Oktober 2019 mengumumkan, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), dalam hal percepatan implementasi sistem pasokan energi berbasis hidrogen mandiri, H2One™, di Indonesia.

Seremoni penandatanganan diadakan di Forum Energi Indonesia-Jepang ke-6, sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (selanjutnya disebut, "METI"). Berdasarkan MoU ini, Toshiba ESS dan PLN akan mengevaluasi teknologi dan kebijakan yang diperlukan untuk implementasi lebih jauh dari sistem komersial H2One ™ di kepulauan Indonesia pada tahun 2023.

H2One™ adalah sistem terintegrasi yang menggunakan sumber energi terbarukan dalam mengelektrolisis hidrogen dari air, menyimpan dan menggunakan hidrogen dalam sel bahan bakar untuk tersedianya pengiriman listrik bebas CO2 yang stabil, ramah lingkungan dan air panas. Salah satu aplikasi H2One™ adalah "solusi luar-jaringan (off-grid)," yang dapat membantu mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan.

Rencana Bisnis Penyediaan Tenaga Listrik Indonesia (RUPTL) adalah rencana untuk meningkatkan rasio kapasitas fasilitas energi terbarukan negara ini dari 12,52% pada 2017 menjadi 23% pada tahun 2025. Terlebih lagi, di Indonesia, banyak masyarakat tinggal di pulau-pulau terpencil, sehingga diperlukan sumber daya listrik yang stabil dan ekonomis di setiap pulau. Kebutuhan ini menimbulkan peningkatan permintaan akan sistem pembangkit terdistribusi, yang mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan di pulau terpencil.

Memandang kondisi ini, Toshiba ESS dan BPPT menandatangani MoU untuk survei bagi percepatan implementasi H2One™ pada bulan Agustus 2018 dan telah melakukan survei bersama. Di sisi lain, Toshiba ESS memvalidasi kemampuan adaptasi H2One™ di Indonesia dalam penawaran umum bisnis oleh METI. “Pengembangan dan survei dari proyek H2One™ yang diadopsi, suatu sistem pasokan energi berbasis hidrogen otonom”, dipercayakan oleh Toshiba ESS pada September 2018. Toshiba ESS kemudian mengidentifikasi area-area dimana  H2One™ dapat diimplementasikan pada Februari 2019 dan sekarang sedang bekerja untuk implementasi dari sistem yang akan didemonstrasikan.

Yoshihisa Sanagi, General Manager Divisi Bisnis Energi Hidrogen di Toshiba ESS, mengatakan, “Kami merasa sangat terhormat dapat bekerja sama dengan PLN dalam mendorong H2One™. Kami akan mempercepat implementasi sistem komersial di Indonesia, dengan mempertimbangkan peraturan dan aturan jaringan listrik Indonesia dan sistem listrik yang  interkoneksi."

Toshiba ESS akan memperluas teknologi dan produk energi berbasis hidrogen, termasuk H2One™, ke pasar global, dan kami akan berkontribusi pada perwujudan masyarakat energi berbasis hidrogen.

Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation adalah penyedia terkemuka solusi energi terintegrasi. Dengan pengalaman dan keahlian yang panjang dalam berbagai sistem pembangkit tenaga listrik dan transmisi serta teknologi manajemen energi, perusahaan ini memberikan solusi energi yang inovatif, andal, dan efisien di seluruh dunia. Terpisah dari Toshiba Corporation (TOKYO).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Graduation Day MSA 2019

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:01 WIB

Michelin Indonesia Ajak 500 Siswa Jabodetabek Tandatangani Deklarasi 10 Golden Rules di Graduation Day MSA 2019

Tahun ini, tema MSA 2019 “Inspiring Mobility” dipilih untuk mendorong terciptanya agen perubahan dan pelopor keselamatan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan mobilitas…

Siti Badriah Foto MALE Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:00 WIB

Siti Badriah Berharap Punya Momongan

Meski karir Siti Badriah (Sibad) tengah di puncak popularitas tidak membuat pelantun tembang Lagi Syantik ini menunda momongan. "Nggak, lebih cepat lebih baik. Tapi kalau Allah belum ngasih,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:47 WIB

Dukung Kebutuhan Air Baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi Mulai Dibangun Tahun 2020

Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, awalnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter/detik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:40 WIB

Kementerian PUPR Siap Resmikan Jalan Tol Balsam Seksi 2-4 Sebelum Natal 2019

Untuk mendukung pengembangan kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam)…

Rizal Mantovani

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:00 WIB

Rizal Mantovani Terpacu Menggarap Lebih Bagus

Menggarap judul film yang sudah sukses digarap sutradara lain buka perkara mudah. Hal itu yang tengah dirasakan Rizal Mantovani, ketika menggarap film Rasuk 2 produksi Dee Company dan Bluewater.…