Pekan Infrastruktur Indonesia Dorong Peningkatan Investasi

Oleh : Wiyanto | Jumat, 11 Oktober 2019 - 07:57 WIB

Diding S Anwar Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur
Diding S Anwar Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur

INDUSTRY.co.id - Para pelaku konstruksi dan infrastruktur akan berkumpul dalam gelaran Indonesia Infrastructure Week (IIW) ke 7 yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada 6-8 November 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur Kadin Diding S. Anwar mengatakan, penyelenggaraan IIW diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam upaya meningkatkan realisasi investasi dan memperbaiki daya saing infrastruktur Indonesia.

“Program ini sejalan dengan langkah pemerintah yang terus mengakselarasi pembangunan infrastruktur nasional. Tentunya dalam ajang ini sinergi swasta dengan pemerintah dan juga para investor dapat terbangun dengan lebih baik,” kata Diding di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Seperti diketahui, komitmen pemerintah terlihat pada anggaran infrastruktur dalam RAPBN 2019 yang mencapai Rp 420,5 triliun. Nilai ini merupakan 17,2 persen dari total belanja APBN tahun 2019 sebesar Rp 2.439,7 triliun.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Indonesia saat ini sedang menargetkan peningkatan saham infrastruktur, dari 43 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di 2017 menjadi 50 persen PDB di 2024. Kebutuhan tersebut membutuhkan investasi infrastruktur sebesar 429,7 miliar dolar AS atau sebesar 6,1 persen PDB pada periode 2020-2024. Untuk mewujudkannya, Pemerintah mendorong peran sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

"Stimulus kebijakan pemerintah telah membuka peluang yang cukup luas untuk pengembangan industri konstruksi dan menjadikan Indonesia menjadi pasar infrastruktur yang dinamis di dunia,” ungkap Diding.

IIW yang diprakarsai oleh KADIN Indonesia sejak 2013 ini digelar dengan melibatkan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian, BUMN serta berbagai perusahaan swasta terbaik.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Tri Turturi selaku Managing Director Tarsus Indonesia (Organizer IIW 2019) menyampaikan bahwa IIW merupakan platform bagi para pelaku bisnis dan penyedia solusi di bidang infrastruktur, untuk mengetahui lebih detil terkait informasi, tantangan, maupun peluang dalam memaksimalkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

“Seluruh pemain kunci dalam rantai pasok industri infrastruktur Indonesia akan dipertemukan selama 3 hari, untuk menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan mereka,” kata Tri Turturi.

Lebih lanjut, Tri Turturi menyampaikan jika IIW 2019 diproyeksikan akan dihadiri oleh sekitar 16,000 pengunjung, mulai dari profesional pada sektor energi, air & pengolahan limbah, perkeretaapian, pelabuhan, utilitas, konstruksi serta transportasi.

Sebagai informasi, IIW 2019 akan mengusung tema “Infrastuktur 4.0: Mengukur Kesiapan Pendanaan dan Sumber Daya Manusia di Indonesia”, serta menghadirkan 9 segmen pameran infrastruktur antara lain InfraEnergy Indonesia, InfraPorts Indonesia, InfraSecurity Indonesia, InfraRail Indonesia, InfraWater Indonesia, Trenchless Indonesia, Special Economic & Industrial Zones (SEIZ), Tourism Indonesia dan Indonesia Logistics Summit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:00 WIB

Tim Rescue KIK Lakukan Pertolongan Pertama Jatuhnya Heli MI 17 Milik TNI AD

Sebuah helikopter gagal mendarat tidak jauh dari Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu sore (6/6/2020).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:55 WIB

Operasi Pengendalian Transportasi Berakhir, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Kembali Dibuka Secara Bertahap Mulai Malam Ini

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyatakan bahwa pengoperasian kembali Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap.

Aice

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:30 WIB

Respon Kunjungan UPTDK Kemnaker Terkait PHK Sejumlah Karyawan, Aice Group Rampungkan Empat Poin Perbaikan Nota Pengawasan Ketenagakerjaan

“Per hari ini kami menyatakan Aice Group telah merampungkan semua poin dalam nota pengawasan ketenagakerjaan. Berbagai perbaikan yang perusahaan jalankan membuktikan bahwa perusahaan selalu…

Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:26 WIB

Dukung Konservasi Satwa, Hero Group Penuhi Kebutuhan Pakan Satwa Taman Safari Indonesia

HERO Group membantu meringankan beban operasional Taman Safari Indonesia akibat dampak COVID-19 sebagai perwujudan tanggung jawab sosial perusahaannya (CSR)

Pengusaha Basuki

Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:13 WIB

Gelontorkan Ratusan Juta, Bos Airmas Group Ingin Anak Muda Kuasai Industri Digital

Basuki Surodjo Pengusaha Airmas Group membagikan hadiah mencapai ratusan juta rupiah.