Pekan Infrastruktur Indonesia Dorong Peningkatan Investasi

Oleh : Wiyanto | Jumat, 11 Oktober 2019 - 07:57 WIB

Diding S Anwar Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur
Diding S Anwar Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur

INDUSTRY.co.id - Para pelaku konstruksi dan infrastruktur akan berkumpul dalam gelaran Indonesia Infrastructure Week (IIW) ke 7 yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada 6-8 November 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Ketua Komite Tetap Pembiayaan Infrastruktur Kadin Diding S. Anwar mengatakan, penyelenggaraan IIW diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam upaya meningkatkan realisasi investasi dan memperbaiki daya saing infrastruktur Indonesia.

“Program ini sejalan dengan langkah pemerintah yang terus mengakselarasi pembangunan infrastruktur nasional. Tentunya dalam ajang ini sinergi swasta dengan pemerintah dan juga para investor dapat terbangun dengan lebih baik,” kata Diding di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Seperti diketahui, komitmen pemerintah terlihat pada anggaran infrastruktur dalam RAPBN 2019 yang mencapai Rp 420,5 triliun. Nilai ini merupakan 17,2 persen dari total belanja APBN tahun 2019 sebesar Rp 2.439,7 triliun.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Indonesia saat ini sedang menargetkan peningkatan saham infrastruktur, dari 43 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di 2017 menjadi 50 persen PDB di 2024. Kebutuhan tersebut membutuhkan investasi infrastruktur sebesar 429,7 miliar dolar AS atau sebesar 6,1 persen PDB pada periode 2020-2024. Untuk mewujudkannya, Pemerintah mendorong peran sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

"Stimulus kebijakan pemerintah telah membuka peluang yang cukup luas untuk pengembangan industri konstruksi dan menjadikan Indonesia menjadi pasar infrastruktur yang dinamis di dunia,” ungkap Diding.

IIW yang diprakarsai oleh KADIN Indonesia sejak 2013 ini digelar dengan melibatkan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian, BUMN serta berbagai perusahaan swasta terbaik.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Tri Turturi selaku Managing Director Tarsus Indonesia (Organizer IIW 2019) menyampaikan bahwa IIW merupakan platform bagi para pelaku bisnis dan penyedia solusi di bidang infrastruktur, untuk mengetahui lebih detil terkait informasi, tantangan, maupun peluang dalam memaksimalkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

“Seluruh pemain kunci dalam rantai pasok industri infrastruktur Indonesia akan dipertemukan selama 3 hari, untuk menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan mereka,” kata Tri Turturi.

Lebih lanjut, Tri Turturi menyampaikan jika IIW 2019 diproyeksikan akan dihadiri oleh sekitar 16,000 pengunjung, mulai dari profesional pada sektor energi, air & pengolahan limbah, perkeretaapian, pelabuhan, utilitas, konstruksi serta transportasi.

Sebagai informasi, IIW 2019 akan mengusung tema “Infrastuktur 4.0: Mengukur Kesiapan Pendanaan dan Sumber Daya Manusia di Indonesia”, serta menghadirkan 9 segmen pameran infrastruktur antara lain InfraEnergy Indonesia, InfraPorts Indonesia, InfraSecurity Indonesia, InfraRail Indonesia, InfraWater Indonesia, Trenchless Indonesia, Special Economic & Industrial Zones (SEIZ), Tourism Indonesia dan Indonesia Logistics Summit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…