Untuk Kedelapan Kalinya, Avrist Assurance Berhasil Pertahankan Predikat Rating AA- dari Fitch Ratings

Oleh : Ridwan | Jumat, 11 Oktober 2019 - 06:10 WIB

Avrist Assurance
Avrist Assurance

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesia Avrist Assurance (Avrist Assurance), perusahaan asuransi Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, mempertahankan Peringkat National Insurer Indonesia Strength Rating  di ‘AA-(idn)’ dari Fitch Ratings untuk ke-8 kalinya dengan prospek peringkat stabil.

Penilaian peringkat AA- tersebut dinilai berdasarkan data keuangan perusahaan sehat serta kinerja operasional stabil. 

Berdasarkan berita pers dari Fitch Ratings, menilai bahwa Avrist Assurance memiliki portfolio investasi baik serta tingkat permodalan yang tergolong kuat. Selain itu, Fitch Ratings juga menilai bahwa strategi yang dijalankan oleh Avrist Assurance untuk mempertahankan kestabilan kinerja perusahaan dengan fokus pada produk tradisional, merupakan strategi yang dapat memperkuat posisi Avrist Assurance di industri asuransi. Penilaian ini juga didasari dari dari kinerja operasional perusahaan yang kuat. 

Selama tahun 2018, Avrist Assurance membukukan Laba Setelah Pajak sebesar Rp 265 miliar, atau meningkat sebesar 36 persen bila dibandingkan dengan 2017 sebesar Rp 194 miliar. Rasio Solvabilitas Avrist Assurance hingga akhir Juni 2019 berada pada 453%. Rasio tersebut menunjukkan bahwa modal Avrist Assurance jauh di atas batas minimum persyaratan OJK sebesar 120%.

Anna Leonita, Presiden Direktur, Indonesia Avrist Assurance mengatakan, Avrist Assurance mampu mempertahankan peringkat AA- dari Fitch Ratings dengan kondisi yang stabil.

"Penilaian ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjalankan strategi perusahaan untuk memantapkan kinerja perusahaan dan daya saing perusahaan yang lebih baik," katanya di Jakarta, kemarin.

Fitch Ratings menilai bahwa dengan penajaman fokus strategi pada penjualan produk tradisional, Avrist Assurance telah mencatatkan pertumbuhan premi sebesar 103% hingga akhir Juni 2019.

"Sebagai implementasi, Avrist memberikan proporsi sebesar 70% dari total seluruh portofolio bisnis untuk produk asuransi tradisional, di mana pada tahun 2013 proporsi untuk produk tradisional hanya sebesar 51%," lanjut Anna. 

Selain itu, dengan strategi fokus pada produk tradisional ini, Fitch menilai bahwa ini bisa menguntungkan keberlanjutan premium jangka panjang Avrist Assurance, karena produk dianggap lebih tangguh di saat krisis likuiditas. 

Dengan meraih rating AA-, Avrist Assurance semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan asuransi yang kredibel serta memiliki permodalan yang kuat untuk dapat bertahan dari volatilitas pasar saat ini. 

Ke depannya, Avrist akan terus berupaya mewujudkan misi untuk menjadi 15 perusahaan asuransi jiwa teratas di Indonesia pada tahun 2021, dan 10 perusahaan asuransi teratas di tahun 2023.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone)

Minggu, 07 Juni 2020 - 16:15 WIB

Bakal Kembali Dibuka, 7 Ribu Lebih Toko di Pasar Tanah Abang Berlakukan Sistem Ganjil Genap

Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat akan kembali beroperasi mulai 15 Juni 2020. Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut atas PSBB masa Transisi yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Aquaproof donasikan APD ke sejumlah rumah sakit

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:05 WIB

Aquaproof Donasikan APD untuk Tenaga Medis ke Sejumlah Rumah Sakit

Aquaproof melalui CO-HOPE pada Selasa lalu (2/6/20) mendonasikan APD (Alat Pelindung Diri) ke RS Zahirah dan RS Jantung Jakarta. Perlengkapan yang diberikan berupa Masker N95, surgical mask,…

Mengenal Basuki Surodjo Bos Indusri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:00 WIB

Mengenal Basuki Surodjo Bos Industri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Basuki Surodjo merupakan salah satu pengusaha IT tersukses di Indonesia yang saat ini memiliki beberapa unit usaha seperti Ayooklik.com yang bergerak di bidang e-catalogue Lembaga Kebijakan…

Aplikasi Indodana (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 07 Juni 2020 - 14:00 WIB

Fintech Indodana Resmi Kantongi Izin Usaha dari OJK

Perusahaan teknologi Finansial Lending (Fintech Lending) PT. Artha Dana Teknologi (Indodana) resmi mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 3 Juni 2020 sesuai surat…

Minyak Kelapa Murni (ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:50 WIB

Kabar Gembira...Guru Besar Untan Buktikan Minyak Kelapa Murni Ampuh Bunuh Virus Covid-19

Pakar Kimia Agroindustri dari Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Thamrin Usman mengatakan, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) dapat membunuh virus corona penyebab Covid-19