Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Oktober 2019 - 03:12 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG
Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG

INDUSTRY.co.id - Merauke-Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis.

Posyandu dan pengobatan gratis kerja sama Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Pandawa Kostrad dan Puskesmas Distrik Sota dilaksanakan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/10/2019).

Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Letda Ckm Iwan Debri menjelaskan bahwa Posyandu dan pengobatan gratis di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulan bagi ibu dan anak melalui penimbangan, imunisasi serta pemberian gizi tambahan. “Hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman perbatasan RI-PNG,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan Posyandu dan pengobatan gratis ini merupakan wujud sinergitas Satgas dari Tim Kesehatan Pos Kout dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan RI-PNG yakni Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rawabiru. “Kami bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Letda Ckm Iwan Debri menuturkan bahwa dalam kegiatan ini juga ada pemberian makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu diperhatikan gizinya. “Kampung ini tempatnya ada di pedalaman dan harus di tempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) sekitar dua setengah jam perjalanan dengan melewati rawa-rawa,” katanya.

Dalam Posyandu dan pengobatan hari ini tercatat ada 15 balita yang di imunisasi, pemeriksaan dua ibu hamil dan 16 warga yang berobat dengan keluhan seperti batuk, demam, gatal, flu, diare dan pusing. “Sebelum kegiatan selesai, kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit,” tutup Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad.

Kepala Puskesmas Sota Maria S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad atas kerjasamanya dalam melaksanakan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru. “Dengan tim kesehatan Satgas, kegiatan selalu berjalan dengan lancar, ini adalah kali ketiga melaksanakan Posyandu bersama Satgas,” katanya.

“Kami selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Rawabiru merasa sangat senang bersama dengan Satgas melaksanakan Posyandu, meskipun  jarak dan medan yang jauh dan sulit membuat kami semua semangat karena melihat bapak-bapak TNI yang selalu semangat. Semua ini demi menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua,” pungkas Maria.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Sandiaga Uno

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:39 WIB

Banyak Mendengar Keluhan Pengusaha Hotel, Sandiaga: Okupansi Hotel di Bawah Titik Impas

akarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan perpanjangan pemberlakuan kegiatan masyarakat atau PPKM akan berdampak pada ketahanan pelaku usaha yang bergerak di bidang…

Presiden Joko Widodo

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:38 WIB

Simak! Ini Tiga Sektor Industri yang Dapat Bertahan dan Berkembang Ditengah Pandemi

Ketiga sektor tersebut adalah sektor pangan, sektor farmasi dan rumah sakit, serta teknologi jasa keuangan dan pendidikan.

Amar Bank

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:30 WIB

Amar Bank Kembangkan Intelligence Banking Tingkatkan Layanan Keuangan Digital

Di Indonesia, permintaan layanan bank digital semakin besar seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna aktif internet di tahun 2020 yang mencapai 175,4 juta orang atau 64% dari total penduduk…

Menteri Nadiem Makarim

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:25 WIB

Ayah Bunda dan Guru Tolong Catat! Nadiem Tegaskan AN Tidak Sama dengan UN: Bukan Evaluasi Individu Siswa dan Bukan Juga untuk Menghukum Sekolah!

Terkait isu strategis tentang Asesmen Nasional (AN), banyak masyarakat yang salah persepsi, untuk itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim angkat suara dengan…

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Antara/ CNN Indonesia)

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:19 WIB

Menkes Akui Pemerintah Salah Sasaran soal Testing Covid-19

Jakarta-Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui selama ini strategi testing, tracing, dan treatment atau 3T yang dijalankan pemerintah dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19)…