Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Oktober 2019 - 03:12 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG
Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis di Perbatasan RI-PNG

INDUSTRY.co.id - Merauke-Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis.

Posyandu dan pengobatan gratis kerja sama Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Pandawa Kostrad dan Puskesmas Distrik Sota dilaksanakan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/10/2019).

Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Letda Ckm Iwan Debri menjelaskan bahwa Posyandu dan pengobatan gratis di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulan bagi ibu dan anak melalui penimbangan, imunisasi serta pemberian gizi tambahan. “Hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman perbatasan RI-PNG,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan Posyandu dan pengobatan gratis ini merupakan wujud sinergitas Satgas dari Tim Kesehatan Pos Kout dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan RI-PNG yakni Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rawabiru. “Kami bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Letda Ckm Iwan Debri menuturkan bahwa dalam kegiatan ini juga ada pemberian makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu diperhatikan gizinya. “Kampung ini tempatnya ada di pedalaman dan harus di tempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) sekitar dua setengah jam perjalanan dengan melewati rawa-rawa,” katanya.

Dalam Posyandu dan pengobatan hari ini tercatat ada 15 balita yang di imunisasi, pemeriksaan dua ibu hamil dan 16 warga yang berobat dengan keluhan seperti batuk, demam, gatal, flu, diare dan pusing. “Sebelum kegiatan selesai, kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit,” tutup Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad.

Kepala Puskesmas Sota Maria S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad atas kerjasamanya dalam melaksanakan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru. “Dengan tim kesehatan Satgas, kegiatan selalu berjalan dengan lancar, ini adalah kali ketiga melaksanakan Posyandu bersama Satgas,” katanya.

“Kami selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Rawabiru merasa sangat senang bersama dengan Satgas melaksanakan Posyandu, meskipun  jarak dan medan yang jauh dan sulit membuat kami semua semangat karena melihat bapak-bapak TNI yang selalu semangat. Semua ini demi menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua,” pungkas Maria.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marko Simic Persija Jakarta

Rabu, 03 Juni 2020 - 17:00 WIB

Sampai Pensiun Marko Simic akan Terus Perkuat Macan Kemayoran

Marko Simic telah memasuki musim ketiganya di Persija Jakarta. Pemilik nomor punggung sembilan itu menyatakan sudah kerasan berada di tim Macan Kemayoran. Bahkan awal musim ini, ia baru saja…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:30 WIB

Industri Mamin Siap Jalani Tatanan New Normal, Kemenperin Godok Panduan Pencegahan Covid-19 Sektor Industri

Kementerian Perindustrian aktif berkoordinasi dengan para pelaku usaha dan asosiasi industri untuk merumuskan kebijakan-kebijakan strategis, seperti dalam rangka kesiapan menghadapi tatanan…

FIFA Minta Bundesliga Bijak Terkait Protes Mengenai George Floyd

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:30 WIB

FIFA Minta Bundesliga Bijak Terkait Protes Mengenai George Floyd

Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), Selasa (2/6/2020), meminta panitia penyelenggara pertandingan-pertandingan sepakbola untuk bersikap bijak dalam menangani para pemain yang mempertontonkan…

PSSI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:00 WIB

PSSI Berikan Konsep Kompetisi ke Klub Liga 1 dan Liga 2

PSSI kembali melakukan rapat virtual dengan PT LIB bersama klub Liga 1 dan 2 2020 pada Selasa (2/6/2020) untuk membahas kelanjutan kompetisi. Pada rapat kali ini, PSSI melalui Ketua Umum, Mochamad…

Sri Mulyani

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:30 WIB

Sri Mulyani Suntik 12 BUMN Rp 52,57 Triliun, Ini Daftarnya

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN), posisi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat…