Adjust Bantu Marketer Menargetkan dan Mempertahankan Pengguna Aplikasi yang Tepat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Adjust
Adjust

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Adjust, pemimpin industri dalam pengukuran seluler, pencegahan penipuan dan keamanan siber, merilis Peta Pertumbuhan Seluler perdananya. Laporan global - yang mengacu pada data dari hampir 3.500 aplikasi yang dirilis pada 2018 - grafik pertumbuhan, retensi dan metrik kunci lainnya. Peta ini juga memecah data di 31 negara dan empat vertikal industri (E-commerce, Hiburan, Permainan dan Utilitas) untuk mengungkapkan seberapa baik kinerja aplikasi.

Pasar aplikasi yang tumbuh paling cepat berdasarkan wilayah dan industri

Peta Pertumbuhan Seluler menggunakan Skor Pertumbuhan, metrik baru yang dikembangkan oleh Adjust untuk memetakan kenaikan aplikasi di pasar global. Metrik unik ini dihitung dengan membagi total pemasangan aplikasi per bulan dengan jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users - MAU) untuk setiap vertikal dan negara untuk mengungkapkan tingkat pertumbuhan dari pemasangan relatif terhadap basis MAU.

 ·       Asia Pasifik memimpin dengan pertumbuhan yang kuat dan siap untuk naik. Vietnam, Thailand dan Myanmar adalah tiga negara dengan pertumbuhan tercepat. Amerika Latin berada di posisi kedua, dengan Brasil dan Kolombia berada di posisi lima.

  •        Permintaan untuk aplikasi Gaming dan aplikasi E-commerce terkuat di Amerika Latin. Faktanya, empat dari lima negara dengan pertumbuhan tercepat untuk aplikasi Gaming berada di Amerika Latin. Secara keseluruhan, Game mendominasi jumlah pemasangan (33%), waktu yang dihabiskan pengguna dalam aplikasi (10%) dan jumlah pengeluaran iklan (74%). Secara signifikan, Amerika Latin juga mendominasi permintaan aplikasi E-commerce, dengan Meksiko, Chili dan Kolombia menikmati pertumbuhan tertinggi dalam industri ini.
  •        Aplikasi hiburan dengan cepat mendapatkan daya tarik. Vietnam, Rusia, dan Thailand menempati posisi tiga teratas dalam angka pertumbuhan. Pertumbuhan ini kemungkinan didorong oleh permintaan untuk layanan streaming video, yang diperkirakan akan terus meningkat sebagai raksasa industry.
  •        Aplikasi utilitas merupakan aplikasi yang tumbuh cepat di Indonesia. Indonesia adalah pasar pembangkit tenaga listrik yang dipicu oleh popularitas aplikasi video dan layanan streaming. Ini sesuai dengan temuan-temuan dalam laporan Adjust Global App Trends 2019 yang dirilis pada bulan Mei, yang menyebut Indonesia "pasar dengan pertumbuhan tercepat." Seiring dengan Hiburan dan Permainan, Utilitas adalah vertikal yang tumbuh cepat di negara ini. Khususnya, kinerja Utilities didorong oleh penggunaan aplikasi cuaca secara aktif.

 Faktor Retensi

Selain Skor Pertumbuhan, Adjust mengembangkan metriknya sendiri untuk mengukur dampak retensi, yang disebut "Faktor Retensi." Faktor Retensi dihitung dengan membagi retensi organik dengan retensi berbayar, yang memberi pembaca perbedaan nyata antara kedua jenis pengguna.

Dengan retensi tertinggi dari segala vertikal, Gaming rata-rata 34% pada Hari 1, dan 15% pada Hari 7. Namun, game menjatuhkan 19% dari total basis pengguna mereka antara Hari 1 dan Hari 7 - penurunan paling tajam dari semua vertikal. Meskipun penurunan ini tampaknya dramatis, itu mungkin juga terkait dengan dampak permainan yang sangat kasual. Sub-kategori terbang tinggi ini menyumbang jumlah unduhan yang signifikan tetapi sejauh ini gagal untuk mendorong loyalitas yang langgeng di antara para pemain. Menariknya, gamer Amerika Utara mempertahankan yang terbaik, menunjukkan retensi Hari 1 tertinggi dari semua negara yang disurvei.

"Menumbuhkan basis pengguna aplikasi Anda adalah bagian penting dari persamaan pertumbuhan, tetapi di pasar di mana sebagian besar aplikasi adalah sejarah hanya 24 jam setelah pemasangan, marketer perlu lebih fokus untuk melibatkan dan mempertahankan pengguna tersebut," kata Paul H. Müller, salah satu pendiri dan CTO dari Adjust.

"Untuk meningkatkan keterlibatan, dan memperpanjang umur aplikasi, marketer harus membangun kemampuan berbasis data untuk menargetkan pengguna yang ingin mengaduk dan menargetkan mereka pada titik-titik kritis jauh sebelum tingkat retensi memulai penurunan yang tak terhindarkan," jelasnya.

 Dilengkapi dengan wawasan yang ditawarkan dalam Growth Map, marketer di semua vertikal dapat merancang strategi retensi yang efektif. Lebih penting lagi, mereka dapat mengamati tindakan audiens untuk mengidentifikasi pengguna bernilai tertinggi dan mengoptimalkan pengeluaran iklan untuk meningkatkan pertumbuhan aplikasi.

 Tentang Adjust

Adjust adalah pemimpin industri dalam pnegukuran seluler dan pencegaan penipuan. Perusahaan yang beroperasi secara global ini menyediakan alaytics berkualitas tinggi, pengukuran dan solusi pencegahan penipuan untuk marketer aplikasi seluler di seluruh dunia agar mereka membuat keputusan pemasaran yang lebih cerdas dan lebih tepat.

Pada Bulan Desember 2018 lalu, Adjust mengakuisisi platform agregasi data acquired. Io serta mengakuisisi perusahana rintisan AI dan keamanan siber, Unbotify. Adjust saat ini telah bermitra dengan berbagai perusahaan termasuk Facebook, Google, Snap, Twitter, Line, WeChat dan lebih dari 25.000 aplikasi lainnya. Didirikan pada tahun 2012, Adjust kini memiliki kantor di Berlin, New York, San Fransisco, Sao Paolo, Paris, London, Moskow, Istanbul, Seoul, Shanghai, Beijing, Tokyo, Mumbai, Singapura dan Tel Aviv.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Jumat, 29 Mei 2020 - 03:00 WIB

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, prajurit Menart 3 Marinir ditengah merebaknya virus corona (covid-19) yang menjadi pandemi global telah berhasil menyulap lahan kosong yang ada disekitar…

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.