Analitik Data Memilki Peran Penting Dalam Perkembangan Sebuah Bisnis

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Oktober 2019 - 09:34 WIB

Seno Soemadji, Country Manager Indonesia, TIBCO Software Inc. dan Shawn Rogers, Senior Director of Analytic Strategy TIBCO Software Inc. (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Seno Soemadji, Country Manager Indonesia, TIBCO Software Inc. dan Shawn Rogers, Senior Director of Analytic Strategy TIBCO Software Inc. (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Teknologi digital memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia seiring berkembangnya e-commerce dan marketplace di tanah air. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital di kalangan konsumen, pertumbuhannya malah terhambat oleh kesenjangan keterampilan pengolahan data dan teknologi yang terbilang sangat luas. Hal ini menunjukan bahwa terdapat potensi ekonomi yang besar, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Berdasarkan hal tersebut, TIBCO, perusahaan integrasi global, manajemen API, dan analisis data hadir untuk memberikan solusi bagaimana perusahaan di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi data analitik untuk mengembangkan bisnis agar bisa mendorong usaha pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital melalui seminar yang berjudul “Mendorong Inovasi Bisnis di Indonesia dengan analitik data”.

Senior Director of Analytic Strategy, TIBCO Software Inc., Shawn Rogers mengatakan salah satu ide terbesar pada seminar tersebut adalah mengenai peran penting analitik data dalam bisnis. Pada seminar tersebut, ia juga menjelaskan bagaimana mengubah bisnis ke arah yang benar.

"Pembahasan tentang big data adalah tentang seberapa  besar data dan seberapa banyak data itu ada. Menurut saya ukuran data berbeda pada setiap perusahaan, dan itu hanya bisa diketahui atau diperoleh saat anda menganalisanya dan melakukan tindakan yang tepat, mendiskusikan ide, memastikan lanskap data anda, dimana semua data anda. Dan mengelola hal itu sangat penting saat ini," kata Rodgers saat ditemui INDUSTRY.co.id, Senin (7/10/2019).

Hal tersebut karena, Rodgers menambahkan, saat ini data menjadi salah satu bahan bakar utama pada suatu bisnis. Semakin baik manajemen data yang dimiliki, maka semakin baik analitik, wawasan dan tindakan yang akan dapan dilakukan.

Beberapa waktu yang lalu, TIBCO juga baru saja merilis TIBCO Spotfire X yang memiliki infused, AI (artificial intelligence) tertanam di dalam aplikasi, yang tidak hanya membantu pelanggan dalam menggunakan AI.

"Kami menempatkan AI di dalam produk kami. TIBCO Spotfire X adalah platform terbuka, jadi produk ini akan  berfungsi dengan baik dalam organisasi Anda dengan investasi lain yang Anda buat. Aplikasi ini mempunyai dasar AI. Sehingga ada semua jenis otomasi AI di dalamnya yang membuatnya lebih mudah digunakan dan lebih kuat bagi pelanggan kami," ungkap Rodgers.

Lebih lanjut, Rodgers mengungkapkan, TIBCO juga membuka cukup banyak informasi atau pengetahuan kepada para pelanggan, sehingga pelangganpun dapat membangun platformnya masing masing.

"Saya rasa itu merupakan suatu komitmen, kami memiliki komunitas, situs web yang memiliki 600.000 orang untuk mereka berbagi informasi, berbagi kode dan berbagi skrip. Staf teknis kami memanfaatkan komunitas untuk belajar dari pelanggan kami. Jadi transparan dan berbagi, adalah hal yang penting. Anda tidak dapat menutup dan merahasiakan, harus ada tingkat keterbukaan tertentu untuk kepentingan yang lebih luas," pungkas Rodgers.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Selasa, 26 Mei 2020 - 00:04 WIB

'Gembok' Seluruh Pintu Masuk Jakarta, Anies: Kita Tidak Ingin Kerja Keras Dua Bulan Sia-sia

"Ini dilakukan, agar kerja keras puluhan juta orang di Jakarta, ada 10 juta, Jabodetabek adalah lebih dari 25 juta, selama dua bulan lebih bekerja keras menjaga, dan menurunkan tingkat penularan…

Yusuf Rony Kabarjay Lulus jadi TNI AD

Senin, 25 Mei 2020 - 22:47 WIB

Terharu, Cita-cita Yusuf Rony Kabarjay Menjadi Prajurit TNI AD Akhirnya Tercapai

Perjalanan panjang Yusuf Rony Kabarjay (20 th) seorang putra asli Papua dari Kampung Toray, Distrik Sota, akhirnya bisa lulus menjadi anggota TNI AD dalam pengumuman rekrutmen Secata PK Gel…

Arief pegawai Kemenag

Senin, 25 Mei 2020 - 19:40 WIB

Kisah Arief ASN Kemenag Buka Usaha Cukur Gratis plus Berbagi Sembako

Arief berencana meneruskan kegiatan amalnya ini usai lebaran dan selama pandemi. ASN yang akan segera memasuki masa pensiun ini ingin berkhidmah kepada masyarakat sesuai keahlian yang dimilikinya.…

Stefano Cugurra Pelatih Bali United (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 25 Mei 2020 - 18:00 WIB

Bali United Tim Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sebulan sudah umat Islam seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sebelum menyambut hari raya kemenangan sukacita yang dimaknai dengan sebutan Idul Fitri. Tahun ini menjadi hari raya Idul Fitri…

Evan Dimas Persija

Senin, 25 Mei 2020 - 17:30 WIB

Evan Dimas Nikmati Ketupat Opor Ayam Saat Lebaran di Surabya

Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas merasa senang bisa merayakan Lebaran bersama keluarganya di Surabaya, Jawa Timur.