Dr. Nico Po Dinobatkan Sebagai CEO of The Year 2019 dalam Ajang Indonesia Property&Bank; Award ke XIV

Oleh : Ridwan | Jumat, 04 Oktober 2019 - 07:05 WIB

Chief Executive Officer PT Pollux Properti Indonesia Tbk., Dr. Nico Po
Chief Executive Officer PT Pollux Properti Indonesia Tbk., Dr. Nico Po

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Chief Executive Officer PT Pollux Properti Indonesia Tbk., Dr. Nico Po meraih penghargaan “CEO of The Year 2019” dalam acara Indonesia Property&Bank Award (IPBA) 2019 ke XIV.

Pada ajang bergengsi yang digelar di Ballroom Intercontinental Hotel, Pondok Indah, Kamis (26/9) lalu tersebut, Dr. Nico Po mendapatkan salah satu penghargaan tertinggi, Grand Property Award.

Prestasi yang diraih oleh Dr. Nico Po tersebut cukup fantastis karena didukung oleh kinerja perusahaan yang ia pimpin, PT Pollux Properti Indonesia Tbk. Saat ini, perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar Rp54.28 triliun (3 Oktober 2019) tersebut menjadi salah satu pengembang yang mengalami pertumbuhan cukup cepat melalui berbagai portofolionya yang tersebar di beberapa lokasi.

Pasca melakukan Initial Public Offering (IPO), Pollux Properti Indonesia langsung tancap gas dengan meluncurkan proyek-proyek properti yang ikonik di kawasan masing-masing. Proyek-proyek yang dikembangkan perusahaan pengembang berkode POLL di lantai bursa ini berjalan dengan baik dan progres sesuai dengan rencana perseroan.

Pollux Properti Indonesia saat ini tengah menyelesaikan pembangunan proyek mega superblok Meisterstadt Batam yang berkolaborasi dengan keluarga besar mantan Presiden RI, BJ. Habibie (alm) melalui PT Pollux Barelang Megasuperblok. Proyek di lahan seluas 9 hektar ini akan merangkum 11 gedung pencakar langit yang terdiri atas 8 menara apartemen sebanyak 6500 unit, 1 hotel, 1 rumah sakit bertaraf internasional, mal, pertokoan serta 1 perkantoran dengan rencana ketinggian 100 lantai.

Tak kurang, sebesar Rp11 triliun dana investasi yang dipersiapkan perseroan untuk mengembangkan mega proyek terbesar di Batam tersebut. Pollux Properti Indonesia menargetkan untuk proyek Meisterstadt Batam, akan dilakukan serah terima tiga tower pertama secara bertahap pada akhir 2019.

"Meisterstadt Batam dibangun dengan tujuan menciptakan area komersial bertaraf internasional yang menunjang kegiatan free trade zone Asia bagi kota Batam," ujar Dr. Nico Po beberapa waktu lalu.

Dr. Nico Po juga membangun superblok di kawasan Cikarang dengan mendirikan PT Pollux Aditama Kencana, bersama Virginia Properti Group. Proyek bertajuk Chadstone Cikarang ini berlokasi persis di bibir pintu tol Cikarang Barat Km 28 atau persis di tepi Jalan Raya Cikarang-Cibarusah.

Proyek ini mengusung konsep 6 in 1 integrated development, yang akan merangkum hotel bintang 4+ sebanyak 178 kamar, apartemen, food & beverage, SOHO dengan total 144 unit, Chadstone Mall Cikarang serta rumah sakit. Superblok ini diharapkan akan menjadi landmark tertinggi dan superblok terbesar di Jawa Barat dengan gross floor area lebih dari 300.000 m2.

Sementara, melalui perusahaan PT Pollux Kemang Superblok, Dr. Nico Po mengembangkan proyek properti multi fungsi bertajuk Gangnam District. Proyek di pusat Kota Bekasi yang dikembangkan dengan nilai investasi mencapai Rp2 triliun ini, dibangun di lahan seluas 2,5 hektar. Merangkum sebanyak 8 menara apartemen yang akan dilengkapi dengan beragam fasilitas eksklusif, antara lain waterpark, infinity pool, sky terrace, fitur smart home system, akses card dan lain-lain.

Dari beberapa informasi dan data yang diperoleh, emiten properti POLL menjadi emiten dengan kapitalisasi terbesar di antara emiten properti yang lain. Dikutip dari Bloomberg, kapitalisasi POLL saat ini mencapai Rp54,28 triliun (3 Oktober 2019) dan jumlah tersebut mengalahkan kapitalisasi emiten yang sudah lama bercokol di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sejak listing, saham POLL sudah mengalami kenaikan signifikan sebesar 879,67% ke Rp6.525 per saham. Kenaikan ini karena meningkatnya kinerja keuangan perseroan. Pada semester I – 2019 saja, POLL mencetak laba Rp403,51 miliar atau naik sebesar 197,29% dibanding setahun sebelumnya. Laba bersih ikut naik 200,5% menjadi Rp35,85 miliar dengan kontribusi terbesar dari penjualan properti sebesar 93,34%.
Dari data tersebut menyatakan bahwa, penjualan apartemen menjadi produk yang memberikan kontribusi terbesar mencapai 93,34% dengan nilai sebesar Rp376,65 miliar dari total pendapatan semester I- 2019.

CEO Yang Menginspirasi

Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank, grup media yang menyelenggarakan Indonesia Property&Bank Award, Indra Utama mengatakan, Dr. Nico Po merupakan figur professional muda dengan talenta managemen yang begitu kuat. Meskipun masih berusia muda, namun Dr. Nico Po sudah mampu mengelola bisnis di industri properti dengan membangun sejumlah proyek-proyek skala besar.

“Apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh Dr. Nico Po saat ini merupakan prestasi dan bisa menjadi contoh bagi kalangan professional muda. Penghargaan CEO of The Year tahun ini yang kami berikan kepada Dr. Nico Po, sangat tepat dengan melihat kinerja perusahaan yang ia pimpin saat ini. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi semua professional muda,” ujar Indra Utama.

Lebih lanjut dikatakan Indra Utama, ada beberapa catatan penting yang menjadi kata kunci dan faktor penting dalam melakukan penilaian pada IPBA ke-14 tahun 2019. Yakni ketokohan yang menginspirasi dan panutan atau teladan, milienials, teknologi serta transportasi.

Inilah yang mendasari sejumlah penilaian para penerima penghargaan. Kehadiran para pejabat penting negeri ini pada penyelenggaraan Indonesia Property&Bank Award setiap tahunnya, menjadi pembeda dibanding awarding sejenis lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bhinneka Life

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:16 WIB

Bhinneka Life Luncurkan Program Save Pro

Jakarta – Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali mewujudkan komitmennya untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan layanan melalui peluncuran…

Area Parkiran/ilustrasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:42 WIB

Potensi Pendapatan Parkir DKI Jakarta Mencapai Rp 2 Triliun

Jakarta-Pertumbuhan kendaraan baru di ibu kota yang kian tak terkendali data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, mobil penumpang mencatat pertumbuhan tertinggi 6,48% per tahun pada periode…

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:02 WIB

Ekspor dan Pupulasi Industri Terus Naik

Nilai ekspor sektor industri mengalami peningkatan setiap tahunnya selama 2015-2018. Pada tahun 2015, tercatat nilai eskpor sektor industri sebesar USD108,6 Miliar, melonjak menjadi USD130 Miliar…

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator yang mendukung perusahaan skala enterprise melalui solusi dan mitra terbaik agar berbagai perusahaan dapat mewujudkan kinerja yang unggul,…

Ilustrasi Blok Migas (Fotos Ist)

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:00 WIB

Salah Kaprah Jonan-Archandra Soal Gross Split?

Saat ini sedang berkembang polemik soal Gross Split dalam PSC (Production Sharing Contract) dari yang mulanya Cost Recovery (CS) menjadi Gross Split (GS). Saat ditemui di Jakarta untuk dimintai…