Menperin Airlangga Hartarto: Hannover Messe Menjadi Momentum Indonesia Perlihatkan Kemampuan dalam Manufaktur

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 03 Oktober 2019 - 20:55 WIB

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto berdiskusi dengan Minister President of the German Federal State of Lower Saxony H.E Mr Stephan Weil beserta jajaran di Jakarta, 3 Oktober 2019.
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto berdiskusi dengan Minister President of the German Federal State of Lower Saxony H.E Mr Stephan Weil beserta jajaran di Jakarta, 3 Oktober 2019.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto Melakukan Pertemuan dengan Minister President of the German Federal State of Lower Saxony H.E Mr Stephan Weil pada rangkaian acara Kick Off & Press Conference Hannover Messe 2020 di Jakarta, 3 Oktober 2019.

Menperin Airlangga Hartarto mengatakan Hannover Messe menjadi momentum bagi Indonesia untuk memperlihatkan kemampuan dalam manufaktur.

“Ini perhelatan pameran dagang terkemuka di dunia untuk teknologi industri. Dan secara spesifik, Indonesia yang menjadi negara mitra resmi acara ini berada pada central stage dalam Hannover Messe ini," ujar Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis malam (3/10/2019).

Perhelatan besar itu, akan membuat dunia melihat kemampuan indonesia karena akan menampilkan lima sektor prioritas dalam Making Indonesia 4.0. Antara lain sektor industri tekstil, makanan dan minuman, otomotif, elektronik serta kimia.

“Indonesia memiliki kemampuan dalam manufaktur di kelima sektor prioritas industri tersebut," ujar Menperin.

Hal tersebut juga sudah terdapat dalam peta jalan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk periode kedua di mana sektor industri dan manufaktur akan terus didorong agar Indonesia bisa mengembangkan ekonomi berbasis inovasi.

”Kemampuan manufaktur itu untuk membedakan Indonesia yang bergeser dari negara berbasis komoditas menjadi negara yang berbasis manufaktur. Dan nanti, Presiden Joko Widodo akan menghadiri langsung pembukaan perhelatan Hannover Messe di Jerman yang rencananya berlangsung pada 20-24 April 2020,”ujarnya.

Hannover Messe berlangsung di Jerman dan menghadirkan lebih dari 6.500 peserta dari pelaku industri terkemuka di seluruh dunia yang berasal dari sekitar 73 negara.

Setiap tahunnya, pameran ini dikunjungi oleh lebih dari 225.000 pengunjung dari sekitar 91 negara dan menghasilkan sekitar 5,6 juta kontak bisnis. Sebagai negara mitra resmi, Indonesia akan menempati Central Pavilion seluas 1.300 meter persegi dan beberapa Paviliun Satelit yang bersifat tematik.

Selain menunjukkan kemampuan infrastruktur, partisipasi Indonesia sebagai negara mitra resmi Hannover Messe 2018 juga dapat memperkuat national branding untuk meningkatkan investasi asing dan mendorong kerja sama di sektor industri.

Dalam pertemuan dengan Minister President of the German Federal State of Lower Saxony H.E Mr Stephan Weil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono, Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kemenperin Doddy Rahadi, serta Direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional Kemenperin Toni T.H Sinambela.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…