Pembukaan 15 Juta Rekening Tabungan Bantuan Sosial, Wujud Komitmen Pemerintah

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 September 2019 - 11:00 WIB

Mata uang Rupiah (Foto Ist)
Mata uang Rupiah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sejak penetapan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), kini masyarakat prasejahtera dapat lebih mudah dan aman menerima bantuan sosial dengan penyaluran secara nontunai. Saat ini diperkirakan sekitar 15 juta rekening tabungan untuk penyaluran bantuan sosial telah dibuka.

Program yang dinamai “Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai” ini telah membuat jutaan rumah tangga berpenghasilan rendah dapat lebih mudah mengakses bank. Agen bank pun kini menjadi garda terdepan bank dalam melayani masyarakat.

“Sejumlah petani kopi di Sumatera misalnya, dapat menabung untuk biaya sekolah anaknya tanpa harus khawatir hilang atau rusak, dan dapat juga menerima kiriman dari keluarga mereka di Jakarta dan kota-kota besar lainnya,” ujar Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono saat menyampaikan keynote speech pada Indonesia Financial Inclusion Forum (IFIF) 2019 di Jakarta (25/9belum lama ini,

Lanjut Susiwijono, banyak pelaku usaha mikro dan kecil yang telah mampu mengakses pinjaman secara mudah dan murah dari lembaga yang kredibel. Mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit Ultra Mikro (UMi), hingga program sertifikasi lahan terintegrasi (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL).

Susiwijono pun menyampaikan dua hal penting yang dapat mengakselerasi perkembangan program dan kebijakan inklusi keuangan. Pertama, industri perlu memastikan bahwa layanan keuangan yang ada saat ini telah dioptimisasi agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kedua, perlindungan konsumen serta literasi keuangan perlu ditingkatkan. “Jangan sampai kelompok masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapat akses terhadap layanan keuangan formal justru dirampas hak-haknya akan layanan keuangan yang aman, terjangkau dan efisien,” tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada para pemangku kepentingan dari sektor publik dan industri untuk meningkatkan kolaborasi dalam mewujudkan keuangan inklusif di Indonesia.

IFIF 2019 dilaksanakan dengan tujuan meninjau perkembangan program dan kebijakan inklusi keuangan sampai dengan saat ini dan merumuskan strategi pengembangan inklusi keuangan ke depan. Selain itu, para pemangku kepentingan di Indonesia dapat berbagi pengalaman dan mengetahui perkembangan dari berbagai praktik yang diimplementasikan berbagai negara di dunia.

Acara ini dibuka dengan laporan dari Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI). Acara dilanjutkan dengan pidato dari Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Program Leader, Equitable Growth, Finance and Institutions Bank Dunia.

Sebagai catatan, DNKI mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia dengan membuka akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelaku UMKM, masyarakat berpendapatan rendah berdasarkan hasil pendapatan Badan Pusat Statistik, pekerja migran, wanita, penyandang disabilitas berat, masyarakat di daerah 3T termasuk petani dan nelayan, pelajar, mahasiswa serta pemuda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Sabtu, 06 Juni 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Kabar gembira datang dari penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando. Kamis (4/6/2020) malam, istri tercinta Ofan melahirkan anak pertama mereka. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut…

Dato Sri Taher Pemilik Bank Mayapada bersama Kuasa Hukum Yusril Ihza Mahendra

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:51 WIB

Bank Mayapada Perusahaan Dato Sri Tahir Disebut Tengah Hadapi Permasalahan, Yusril: Itu Hoax, Kami Akan Ambil Langkah Tegas!

Kuasa Hukum Bank Mayapada International Tbk, Yusril Ihza Mahendra dari IHZA & IHZA Law Firm, membantah berbagai rumors yang menyebutkan Bank Mayapada menghadapi masalah sehingga tidak mampu…

 Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:30 WIB

Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan soliditas, Perwira Brigif 2 Marinir yaitu melaksanakan gowes bersama dari Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, menuju Markas Yonif 5 Marinir Ujung, Semampir,…

Ilustrasi Ahli Kesehatan Peneliti Obat Covid-19 (ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:08 WIB

Kabar Gembira...Peneliti Ungkap Obat Asam Lambung Ampuh Sembuhkan Pasien Positif Covid-19 Tanpa Efek Samping

Sebuah studi baru menemukan obat asam lambung bisa membantu mengatasi dan mempercepat pasien virus corona Covid-19 pulih. Bahkan efek obat asam lambung ini terasa dalam 24 hingga 48 jam.

Pemuda Katolik Siap Salurkan Bantuan Sosial Presiden kepada Masyarakat

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:00 WIB

Soal Bantuan Sosial Presiden, Ini Pernyataan Pemuda Katolik Jelang New Normal

Jakarta-Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa mengucapkan terimakasih dan apresiasi sebesar - besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo…