Instabilitas Polkam Hanya Untungkan Petualang Politik

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 September 2019 - 15:39 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet)  mengingatkan semua elemen masyarakat bahwa instabilitas politik dan keamanan akan merugikan semua pihak. Ruang publik yang gaduh dan keruh hanya akan menguntungkan para petualang politik.

Karena itu, Ketua DPR mendorong mahasiswa dan komunitas penggiat hukum untuk menolak jika kegiatan menyampaikan atau menyuarakan pendapat ditunggangi oleh para petualang politik yang membawa agenda politiknya sendiri. Ketua DPR berharap mahasiswa dan penggiat hukum untuk tetap fokus pada kegiatan menyuarakan aspirasi dalam menyoal RUU KUHP dan RUU KPK.

Ketua DPR menegaskan, adalah hak setiap warga negara untuk bertanya atau mempersoalkan setiap RUU jika ada pasal-pasal dalam RUU bersangkutan dinilai tidak jelas. Juga menjadi hak setiap warga negara untuk mendesak atau menuntut pemerintah dan DPR membatalkan setiap RUU jika RUU bersangkutan dinilai tidak berkeadilan.

Karena itulah Ketua DPR berpendapat tidak ada yang salah dengan gelombang protes atau unjuk rasa mahasiswa di sejumlah kota untuk mempersoalkan RUU KUHP dan RUU KPK. Memang, ada sejumlah ekses dari rangkaian unjuk rasa itu.

Namun, sejumlah ekses itu masih bisa ditoleransi, kecuali peristiwa meninggalnya dua mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara.  Ketua DPR menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya dua mahasiswa itu. Bamsoet mendesak Polri segera menuntaskan penyelidikan kasus ini.

Di tengah kegiatan mahasiswa melancarkan protes, ada kelompok yang juga turun ke jalan tetapi membawa agenda politik yang berbeda. Ada yang ingin menggagalkan pelantikan presiden atau menurunkan Presiden Joko Widodo. Kelompok ini cenderung menggerakan massa untuk menimbulkan instabilitas politik dan keamanan (Polkam).

Merongrong stabilitas Polkam, apalagi merusak ketertiban umum, tentu saja tidak dapat dibenarkan. Instabilitas Polkam selalu menjadi target para petualang politik karena berharap bisa mendapatkan keuntungan politis dari suasana gaduh dan keruh di ruang publik. Sebaliknya, instabilitas Polkam selalu menimbulkan kerugian bagi masyarakat luas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Musisi Ote Abadi ( kiri), Profesor Djoko gunawan (akademisi), Gus Nuh (Pelukis), Al Hakim Al Hadhy, SSR,ME (akademisi) dan Koko (GSUI)

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:03 WIB

Lewat GSUI, Pelukis, Musisi dan Akademisi Sumbang Karya Demi Atasi Dampak Pandemi Cofid19

Semakin hari dampak pandemi Cofid19 semakin dirasakan oleh masyarakat. Banyak yang kehilangan penghasilan karena harus mengalami PHK, banyak juga yang penghasilannya berkurang jauh karena bekerja…

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:49 WIB

PP Properti Sisihkan Rp34,2 Miliar dari Laba Bersih 2019 untuk Dividen

PT PP Properti Tbk (PPRO), pengembang properti terkemuka di Indonesia, telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019 pada Rabu (03/06/2020) di Plaza PP,…

Viral kisah cinta petugas PPSU DKI Jakarta dengan bule cantik asal Austria. Foto: instagram @awanzha_arzum/walipop.detikcom

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:31 WIB

Bule Cantik Dinikahi Petugas Kebersihan DKI Jakarta

Jakarta- Kisah cinta beda negara antara petugas PPSU (Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum) DKI Jakarta dengan seorang bule cantik ini benar benar terjadi.

Ilustrasi Bersin bersin dipagi hari (ist)

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:20 WIB

Sering Bersin-bersin Saat Bangun Tidur Termasuk Gejala Awal Corona? Ini Penjelasan Dokter Spesialis...

"Bersin-bersin belum tentu Corona. Kita bisa dilihat dari gejala umum dan gejala pernapasan," ujar dr. Yenny dalam sebuah acara yang ditayangkan oleh KompasTV beberapa waktu lalu.

Ilustri Industri Farmasi

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:00 WIB

Bagaimana Perkembangan Industri Farmasi Saat Pandemi Covid-19?

Seiring dengan pandemi Covid-19 yang mengacaukan rantai pasokan internasional dan mengekspos kerentanan dalam sistem layanan kesehatan di berbagai negara berkembang, Indonesia kini berupaya…