Primoz Gricar Juara, Peta Persaingan Pra PON Terbayang

Oleh : Herry Barus | Senin, 23 September 2019 - 04:00 WIB

Primoz Gricar Juara Peta Persaingan Pra PON Terbayang (Foto Tagor Humas)
Primoz Gricar Juara Peta Persaingan Pra PON Terbayang (Foto Tagor Humas)

INDUSTRY.co.id - Ambarawa-Seperti perkiraan awal, Juara Tiga Dunia, Primoz Gricar (Jerman) berhasil menjuarai Piala Telomoyo V 2019. Ia mengulangi prestasi serupa yang ia raih pada Piala Telomoyo II 2015.  Persaingan sengit menjegal Primoz diantara peringkat Tiga Besar Kelas Terbuka berakhir dengan anti klimaks pada Ronde V, Sabtu (21/9/2019).

Peringkat kedua sementara Hiroshi Suzuki (Jepang), mendarat darurat di Kampoeng Rawa karena layangannya terus menurun akibat lemahnya angin. Peringkat 43 Dunia itu gagal mencapai garis akhir dan tidak mampu mengejar nilai Primoz.

Sementara pilot andalan Jawa Timur, Abdul Mustopa yang berada di peringkat ketiga hingga Ronde IV, juga tak mampu mendarat di garis akhir kawasan Desa Sraten. Dia menarat dengan keras dan terjerembab hingga terkilir bahu kirinya. “Tidak parah, saya masih bisa ikut Pra PON,” ujar Hakim Pengadilan Agama di Negara, Bali. Mustopa, 39 tahun, merasakan persaingan dengan pilot lainnya di Kelas Terbuka semakin berat. “Makin banyak yang memakai layangan tanpa Kingpost, sehingga terbangnya makin kencang. Jarak soal juga makin jauh. Perhitungan terbang harus makin jeli,” tambahnya.

Pada Ronde V (terakhir), soal ditetapkan sejauh 101,9 km. Primoz mencapai semua titik yang harus dilewati dalam soal dan memasuki radius kawasan pendaratan dalam waktu 2 jam dan 57 menit. Sementara Hiroshi yang akhirnya keluar sebagai juara kedua Kelas Terbuka Piala Telomoyo V 2019, hanya mampu terbang sejauh 70,08 km dan Mustopa sebagai peraih medali perunggu, mencapai jarak 64,92 km.

 Kepada Tagor Siagian, Humas dan Koordinator Media Piala Telomoyo V 2019, Mustopa mengaku masih harus banyak belajar terbang lebih efisien. Primoz memperingatkannya agar tidak terburu-buru mengejar waktu tercepat, yang berakibat fisik terkuras. Yang penting mencapai semua titik dalam soal. Kalau terbang lintas alam, harus pandai menjaga stamina, kapan harus mengebut, kapan harus ngotot mengejar termal. Termal adalah “lorong” udara panas di bawah awan yang dapat mengangkat layangan ke atas, hingga mencapai ketingian cocok untuk terbang jauh.

Kelas Terbuka adalah gabungan pilot yang memakai layangan dua lapis, yakni Topless, tanpa Kingpost (tiang penyangga sayap) dan Kelas Sport (dengan Kingpost). Sedaangkan Kelas Floater adalah untuk pilot pengguna layangan satu lapis.

 “Dimana Hiroshi, tolong cari tahu. Saya lihat dia terus menurun layangannya di Ungaran,” ujar Primoz pada Tagor Siagian, Humas dan Koordinator Media Piala Telomoyo V 2019 saat mendarat pukul 15.56 WIB di Desa Sraten. Sportivitas tinggi seorang juara sejati. Primoz selalu peduli pada keselamatan sesama pilot, meski di udara mereka bersaing. Dia berharap makin banyak lomba lintas alam Gantolle agar pilot Indonesia dapat bersaing bila mengikuti kejuaraan internasional.

Pada penutupan Piala Telomoyo V 2019 di lokasi pendaratan persawahan Desa Sraten, Ambarawa, Minggu siang (22/9/2019), Wakil Bupati Kabupaten Semarang, H. Ngesti Nugaraha berharap Piala Telomoyo bisa terus diadakan. Selain untuk mengembangkan pariwisata, juga untuk pembibitan atlit olahraga dirgantara di Jawa Tengah. Cuaca menjadi pertimbangan utama kapan menggelar sebuah kejuaraan olahraga dirgantara. Ronde IV sempat dibatalkan pada Kamis (19/9) akibat kabut menutupi lokasi lepas landas di Gunung Telomoyo.

 Atas permintaan para peserta, Piala Telomoyo VI tetap ingin agar dilaksanakan meski sebelum PON Papua XX yang rencananya berlangsung Oktober. Untuk itu Panitia Pelaksana dari Perkumpulan Gantolle DKI jaya dan Gantolle Jawa Tengah berencana menggelarnya pada Agustus 2020. Piala Telomoyo menjadi pelatihan terbaik untuk terbang lintas alam Gantolle karena gunungnya yang tinggi (1750 meter DPL/Di atas Permukaan Laut) dan kontur alamnya yang penuh resiko saat terbang, sehingga ketrampilan terbang para pilot makin terasah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lukisan Wang Liang Yin, seniman Taiwan

Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:00 WIB

Kecantikan Empat Pelukis Wanita Taiwan di WTC 2 Jakarta

PT Jakarta Land mempersembahkan pameran seni yang menggabungkan pemikiran dari 4 (empat) seniman perempuan Taiwan. Pameran Ethereal Minds akan digelar selama sebulan yang akan berlangsung di…

SIBIMA Raih Penghargaan Top 45 SINOVIK 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:42 WIB

SIBIMA Kementerian PUPR Raih Penghargaan Top 45 SINOVIK 2019

Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi Siap Gapai Pekerjaan (SIBIMA KONSTRUKSI SIGAP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan penghargaan TOP…

Petani di Pasuruan membawa hasil kebun, kacang panjang, sebagai symbol nutrisi

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:05 WIB

Pangan Sehat Tingkatkan Gizi Masyarakat

Jakarta- Hari Pangan Sedunia-HPS (World Food Day) – diperingati setiap tanggal 16 Oktober dengan menyoroti perlunya upaya yang lebih keras untuk mengakhiri kelaparan dan bentuk-bentuk kekurangan…

Ilustrasi kredit perbankan

Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:53 WIB

Diperkirakan Kredit Naik Pada Kuartal IV 2019

Jakarta - Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan triwulanan kredit baru melambat pada triwulan III-2019 dan diprakirakan kembali meningkat pada triwulan IV-2019. Perkembangan…

Perum Jamkrindo di Bali

Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:44 WIB

Jamkrindo Raih Dua Penghargaan Global Perfomance Excellence Award 2019

Denpasar – Perum Jamkrindo meraih dua penghargaan bertaraf internasional sekaligus dalam Global Perfomance Excellence Award (GPEA) 2019 yang diselenggarakan di Bali.