Primoz Gricar Juara, Peta Persaingan Pra PON Terbayang

Oleh : Herry Barus | Senin, 23 September 2019 - 04:00 WIB

Primoz Gricar Juara Peta Persaingan Pra PON Terbayang (Foto Tagor Humas)
Primoz Gricar Juara Peta Persaingan Pra PON Terbayang (Foto Tagor Humas)

INDUSTRY.co.id - Ambarawa-Seperti perkiraan awal, Juara Tiga Dunia, Primoz Gricar (Jerman) berhasil menjuarai Piala Telomoyo V 2019. Ia mengulangi prestasi serupa yang ia raih pada Piala Telomoyo II 2015.  Persaingan sengit menjegal Primoz diantara peringkat Tiga Besar Kelas Terbuka berakhir dengan anti klimaks pada Ronde V, Sabtu (21/9/2019).

Peringkat kedua sementara Hiroshi Suzuki (Jepang), mendarat darurat di Kampoeng Rawa karena layangannya terus menurun akibat lemahnya angin. Peringkat 43 Dunia itu gagal mencapai garis akhir dan tidak mampu mengejar nilai Primoz.

Sementara pilot andalan Jawa Timur, Abdul Mustopa yang berada di peringkat ketiga hingga Ronde IV, juga tak mampu mendarat di garis akhir kawasan Desa Sraten. Dia menarat dengan keras dan terjerembab hingga terkilir bahu kirinya. “Tidak parah, saya masih bisa ikut Pra PON,” ujar Hakim Pengadilan Agama di Negara, Bali. Mustopa, 39 tahun, merasakan persaingan dengan pilot lainnya di Kelas Terbuka semakin berat. “Makin banyak yang memakai layangan tanpa Kingpost, sehingga terbangnya makin kencang. Jarak soal juga makin jauh. Perhitungan terbang harus makin jeli,” tambahnya.

Pada Ronde V (terakhir), soal ditetapkan sejauh 101,9 km. Primoz mencapai semua titik yang harus dilewati dalam soal dan memasuki radius kawasan pendaratan dalam waktu 2 jam dan 57 menit. Sementara Hiroshi yang akhirnya keluar sebagai juara kedua Kelas Terbuka Piala Telomoyo V 2019, hanya mampu terbang sejauh 70,08 km dan Mustopa sebagai peraih medali perunggu, mencapai jarak 64,92 km.

 Kepada Tagor Siagian, Humas dan Koordinator Media Piala Telomoyo V 2019, Mustopa mengaku masih harus banyak belajar terbang lebih efisien. Primoz memperingatkannya agar tidak terburu-buru mengejar waktu tercepat, yang berakibat fisik terkuras. Yang penting mencapai semua titik dalam soal. Kalau terbang lintas alam, harus pandai menjaga stamina, kapan harus mengebut, kapan harus ngotot mengejar termal. Termal adalah “lorong” udara panas di bawah awan yang dapat mengangkat layangan ke atas, hingga mencapai ketingian cocok untuk terbang jauh.

Kelas Terbuka adalah gabungan pilot yang memakai layangan dua lapis, yakni Topless, tanpa Kingpost (tiang penyangga sayap) dan Kelas Sport (dengan Kingpost). Sedaangkan Kelas Floater adalah untuk pilot pengguna layangan satu lapis.

 “Dimana Hiroshi, tolong cari tahu. Saya lihat dia terus menurun layangannya di Ungaran,” ujar Primoz pada Tagor Siagian, Humas dan Koordinator Media Piala Telomoyo V 2019 saat mendarat pukul 15.56 WIB di Desa Sraten. Sportivitas tinggi seorang juara sejati. Primoz selalu peduli pada keselamatan sesama pilot, meski di udara mereka bersaing. Dia berharap makin banyak lomba lintas alam Gantolle agar pilot Indonesia dapat bersaing bila mengikuti kejuaraan internasional.

Pada penutupan Piala Telomoyo V 2019 di lokasi pendaratan persawahan Desa Sraten, Ambarawa, Minggu siang (22/9/2019), Wakil Bupati Kabupaten Semarang, H. Ngesti Nugaraha berharap Piala Telomoyo bisa terus diadakan. Selain untuk mengembangkan pariwisata, juga untuk pembibitan atlit olahraga dirgantara di Jawa Tengah. Cuaca menjadi pertimbangan utama kapan menggelar sebuah kejuaraan olahraga dirgantara. Ronde IV sempat dibatalkan pada Kamis (19/9) akibat kabut menutupi lokasi lepas landas di Gunung Telomoyo.

 Atas permintaan para peserta, Piala Telomoyo VI tetap ingin agar dilaksanakan meski sebelum PON Papua XX yang rencananya berlangsung Oktober. Untuk itu Panitia Pelaksana dari Perkumpulan Gantolle DKI jaya dan Gantolle Jawa Tengah berencana menggelarnya pada Agustus 2020. Piala Telomoyo menjadi pelatihan terbaik untuk terbang lintas alam Gantolle karena gunungnya yang tinggi (1750 meter DPL/Di atas Permukaan Laut) dan kontur alamnya yang penuh resiko saat terbang, sehingga ketrampilan terbang para pilot makin terasah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…