Dirut Amar Bank, Vishal Tulsian Raih Penghargaan Top CEO 2019

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 September 2019 - 17:24 WIB

Dirut Amar Bank, Vishal Tulsian
Dirut Amar Bank, Vishal Tulsian

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Amar Bank meraih penghargaan TOP CEO 2019 yang diterima langsung oleh Vishal Tulsian, Direktur Utama Amar Bank selaku pemilik Tunaiku, pionir fintech di Indonesia. Acara penghargaan diberikan di di Balai Kartini, Jakarta.

Vishal Tulsian, Direktur Utama Amar Bank mengatakan, memimpin sebuah bank dengan salah satu produk unggulannya yaitu Tunaiku, pelopor fintech di Indonesia, mempunyai tantangan tersendiri.  Sebagai fintech bank pihaknya memadukan kultur start-up dengan tetap menjalankan prinsip kehati-hatian dan tata kelola bank.

"Menjembatani perbedaan serta mendorong dan memotivasi para karyawan Amar Bank untuk tumbuh bersama dan semakin mengasah keahlian mereka, merupakan kebanggan saya sebagai pemimpin mereka.  Visi kami untuk mencapai 200 juta senyum pada tahun 2025, sekarang ini semakin nyata," kata Vishal di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

"Dengan Tunaiku dan produk mendatang kami, Tunaiku bisnis, kami ingin menyediakan layanan perbankan bagi mereka yang membutuhkan, bukan hanya mereka yang menginginkan, disini target kami adalah mereka yang belum atau kurang terlayani oleh layanan perbankan," lanjut Vishal.

Penghargaan Top Finance 2019 menggunakan metode penilaian berdasarkan kinerja dan market research di enam kota besar di Indonesia. Fokus penilaian pada kinerja masa lalu dan prospek bisnis di masa depan. Jadi, penilaian dilakukan berdasarkan kinerja, kuesioner, dan survei terhadap konsumen. 

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara Top Finance 2019 yang juga CEO & Editor in Chief Majalah Top Business memaparkan dasar pemilihan Amar Bank menjadi pemenang TOP CEO 2019. Dalam pemilihan TOp CEO 2019 dewan Juri melihat pertumbuhan aset yang naik secara signifikan, naik sekitar dua kali lipat. Hal ini, menurutnya, merupakan prestasi yang perlu diapresiasi.

"Tentunya hal tersebut tak terlepas dari dukungan CEO dan tim yang ada di bawahnya. Satu hal yang menarik tentu juga berkaitan dengan human capital Amar Bank, terutama dari kalangan milenial. Amar Bank juga merupakan bank yang sangat commit dengan generasi milenial dan tentu ini akan membawa dampak yang positif dalam bentuk spirit inovasi dan spirit pelayanan," papar  Lutfi. 

Tunaiku, produk andalan Amar Bank yang merupakan pelopor fintech di Indonesia, saat ini melayani lebih dari 300 ribu nasabah yang 70%-nya telah meminjam lebih dari satu kali. Tunaiku yang diunduh lebih dari 3 juta unduhan dan telah mengucurkan 2.5 Triliun rupiah pinjaman sejak tahun 2014, ini menunjukkan tren yang positif dan sustain. 

“Pinjaman yang kami salurkan melalui Tunaiku, masuk dalam kategori kredit mikro dengan nilai pinjaman mulai Rp 2 juta sampai Rp 20 juta dengan jangka waktu sampai 20 bulan. Kami nantinya akan meluncurkan fitur Tunaiku untuk bisnis, karena ternyata modal usaha mendominasi tujuan peminjam Tunaiku setelah kebutuhan renovasi rumah. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan kami atas program pemerintah untuk terus memajukan usaha mikro.” jelas Vishal.

Saat ini Tunaiku telah menjangkau 16 kota besar di Indonesia. Proses pengajuan Tunaiku sangat mudah  di antaranya hanya dengan KTP tanpa persyaratan jaminan atau kartu kredit, pekerja atau wirausahawan yang berumur 21-55 tahun dapat mengunduh aplikasi melalui Google Playstore dan IOS Appstore.

Pengisian form aplikasi dapat dilakukan hanya dalam 10 menit, dan status pinjaman Tunaiku dapat diketahui hanya dalam waktu 24 jam setelah pengajuan pinjaman. Selain itu, fitur menarik dari Tunaiku yang diminati oleh nasabah adalah fitur TOP UP yaitu nasabah bisa meminjam lagi ketika pinjamannya  memasuki dua angsuran terakhir.

Bulan Agustus lalu, Tunaiku mengunjungi Bandung, dengan total penyaluran pinjaman yang telah mencapai 20 Milyar Rupiah, sebagai salah satu bentuk kegiatan literasi keuangan yang memang tengah gencar dilakukan oleh Tunaiku. Selain itu, Tunaiku juga memiliki swara.tunaiku.com. sebagai portal edukasi, inspirasi, dan kreasi finansial yang dibuat menarik dengan konten seputar tantangan keuangan sehari-hari dan tips-tips menjadi entrepreneur. 

Bentuk dukungan Tunaiku terhadap inklusi dan literasi keuangan juga terlihat dari Program Referral. Program ini sangat efektif dalam menarik nasabah baru dan juga dalam memberikan pemahaman mengenai proses peminjaman, serta memberikan informasi mengenai program pengelolaan keuangan bagi keluarga. Karena kebanyakan referral Tunaiku adalah mereka yang pernah meminjam di Tunaiku dan merasakan kenyamanan dan keamanan menggunakan Tunaiku

“Bukan hanya mempermudah akses keuangan atau financial inclusion bagi masyarakat Indonesia. Dalam hal literasi keuangan pun, Tunaiku selalu mendorong nasabah untuk menjadi individu yang bertanggung jawab. Mereka yang benar-benar “membutuhkan” cenderung memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pengelolaan keuangannya, dan kami pun mendorong mereka untuk mewujudkan kebutuhan-kebutuhan yang produktif.” Ujar Abraham Lumban Batu, Head of Retail Credit Amar Bank.

“Kami akan terus bekerja keras untuk melayani nasabah dengan baik sekaligus terus memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Penghargaan Top CEO Bank 2019 ini terus memacu saya dan tim untuk berusaha melayani mereka yang belum terlayani, sehingga lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang mempunyai akses ke layanan perbankan. Sebagai bagian dari tanggung jawab kami ke masyarakat, maka kami akan terus meningkatkan edukasi literasi keuangan agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” tutup Vishal. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…