64 Pelukis Dijadwalkan Pameran The Balance di Candi Borobudur

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Maret 2017 - 12:15 WIB

Borobudur, Tempat Wisata di Yogyakarta (Balzs Nmeth/Getty Images)
Borobudur, Tempat Wisata di Yogyakarta (Balzs Nmeth/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Magelang - Sebanyak 64 pelukis menyiapkan karya-karya mereka untuk dipamerkan pada "The Balance" di Limanjawi Art House di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 18 Maret-18 Mei 2017.

"Pameran itu akan dibuka oleh kolektor lukisan terkenal dan pemilik 'OHD Museum' di Kota Magelang, Bapak Oei Hong Djien," kata Koordinator Komunitas Seniman Borobudur Indonesia 15 (KSBI 15) yang juga pemilik Limanjawi Art House Borobudur Umar Chusaeni di Borobudur, Sabtu (11/3/2017)

Selain berbagai lukisan, ujarnya, dalam pameran yang sekaligus peresmian ruang pameran baru rumah seni itu juga memajang sejumlah karya seni rupa, berupa patung. Limanjawi Art House yang lokasinya sekitar 600 meter timur Candi Borobudur itu, sekarang memiliki dua ruang pameran.

Ia menyebutkan mereka yang berpameran itu adalah para perupa lintas generasi, berasal dari sejumlah daerah dan kota besar, serta luar negeri.

"Dari sekitar Borobudur, Kota Magelang, Wonosobo, Temanggung, ada juga dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Padang, Afganistan, dan Jepang," ujarnya kepada awak media.

Ia menyebut berbagai macam karya yang dipamerkan menunjukkan karakter setiap senimannya dan pencapaian mereka masing-masing dalam berkesenian.

"Akan tetapi, karya-karya itu tidak lepas dari tema pameran yang ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya keseimbangan dalam kehidupan. Merefleksikan tentang keseimbangan," katanya.

Ia menjelaskan tentang tujuan pameran yang untuk melihat perkembangan dunia seni rupa di Indonesia dan ajang pertemuan para seniman melalui karya-karya mereka.

Pameran "The Balance" dengan kurator Rain Rosidi yang juga dosen Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Rain Rodisi dalam catatannya mengenai pameran tersebut mengharapkan karya yang beragam dalam ajang itu memberikan inspirasi bagi pecinta seni maupun para seniman lainnya.

"Pameran mendatang akan membuka perbicangan mengenai berbagai hal dalam seni rupa," ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…