Indonesia Darurat Udara Bersih

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan. Kebakaran hutan dan kabut asap semakin pekat melanda berbagai daerah di Kalimantan dan Sumatra.

Berdasarkan situs SiPongi milik KLHK, tercatat titik api terbanyak muncul di seluruh provinsi di Pulau Kalimantan, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatra Selatan. Saat ini seluruh daerah tersebut terpapar kabut asap beracun. Bahkan ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) Palangkaraya sempat tercatat mencapai angka 2000, sangat jauh dari angka indikator batas aman 50 dan indikator berbahaya 300-500 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Adrianus Eryan, Peneliti dari Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) menyatakan, perusahaan yang lahannya terbakar harus bertanggung jawab. Hal ini sesuai dengan kewajiban perusahaan saat memperoleh izin usaha, antara lain melakukan pembukaan lahan tanpa bakar, membentuk brigade pengendalian kebakaran hutan dan lahan (brigdalkarhutla), serta menyediakan sarana prasarana pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan yang memadai.

“Tanggung jawab perusahaan hendaknya tidak dianggap berhenti ketika api padam, tetapi juga tetap berlaku hingga pemulihan hutan dan lahan selesai dilakukan. Gugatan perdata KLHK terhadap perusahaan pembakar hutan dan lahan sejak tahun 2012 yang dikabulkan oleh pengadilan telah mencapai angka 2.72 triliun rupiah. Namun, belum ada satupun perusahaan yang menuruti perintah pengadilan untuk membayar ganti rugi. Alhasil, upaya pemulihan pun belum dapat dilaksanakan karena putusan belum dapat dieksekusi.” kata Adrianus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Minggu, 26 Januari 2020 - 10:47 WIB

Rayakan Imlek Cari Cashbac

Rayakan tahun baru Imlek hadirkan promo angpao Lebih W88W untuk semua pengguna, dan berikan keuntungan lebih untuk pelanggan Maybank, Digibank by DBS dan OCBC NISP.

Gudetama Hadir Rayakan Perayaan Tahun Baru Imlek Di Mall Of Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 09:06 WIB

Moment Seru GUDETAMA Saat Hadir Merayakan Tahun Baru Imlek di Mall Of Indonesia

Jakarta-Gudetama akan memeriahkan perayaan hari raya Imlek tahun ini di Mall Of Indonesia dengan tema GUDETAMA SPRING CELEBRATION.

Ilustrasi Perbaikan Jalan

Minggu, 26 Januari 2020 - 09:04 WIB

Musim Penghujan, Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Tambalan Cepat Mantap

Jalan berlubang akibat hujan dapat menyebabkan kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan…

Pegadaian Berangkatkan Rombongan Umrah Perdana Arrum Safar

Minggu, 26 Januari 2020 - 08:46 WIB

Pegadaian Berangkatkan Rombongan Umrah Perdana Arrum Safar

Rombongan umrah perdana produk Arrum Safar tersebut diikuti sebanyak 47 orang jemaah internal perusahaan, yang berasal dari sejumlah area kerja Pegadaian. Para jamaah itu berasal dari Manado,…